Salah satu keuntungan membangun bisnis di masa saat ini adalah adanya kemajuan teknologi yang menciptakan media digital dengan segudang manfaat dan peran positifnya. Media digital hadir dengan memberikan begitu banyak pilihan untuk memudahkan aktivitas bisnis dengan penyertaan fitur-fitur menarik yang mampu mempersingkat waktu agar bisa menjangkau begitu besar khalayak demi kepentingan pemasaran produk.

Fitur-fitur yang ada di media digital serta kestabilan internet dalam membantu melampaui batas interaksi pada dunia maya hanyalah sebagian kecil dari faktor eksternal yang menunjang keberhasilan bisnis. Faktor internal juga patut diperhitungkan karena hal itulah yang menjadi pondasi utama terbangunnya sebuah bisnis. Faktor internal ini dapat berupa bisnis itu sendiri serta pihak-pihak yang mengelolanya.

Oleh sebab itu, jangan terlena dengan segala fasilitas yang telah ada di zaman serba digital ini. Perlu untuk menilai diri sendiri serta bisnis yang akan dibangun, apakah telah memiliki pegangan serta pondasi kuat?

Untuk mendorong keberhasilan bisnis, terdapat beberapa hal penting yang mesti dihindari agar perkembangan bisnis bisa melesat.

Sikap Puas Diri dan Selalu Merasa Mampu

Sesuatu hal yang disebut dengan belajar memang tidak akan pernah ada ujungnya. Dalam membangun bisnis, hindarilah sikap puas yang terlalu berlebihan terhadap kemampuan, wawasan, dan pengetahuan karena jika hal tersebut terjadi, kita tidak akan pernah bisa mengetahui potensi untuk dikembangkan menjadi sebuah inovasi.

Sesungguhnya, sikap puas diri dan selalu merasa mampu tidak cocok dimiliki oleh seseorang yang bergelut dalam bidang pekerjaan apapun, tidak hanya bisnis. Oleh karena itu, terbukalah dalam membawa diri agar kemampuan, keterampilan, serta pengetahuan bisa bertambah seiring berjalannya waktu. Karena saat ini wadah untuk memperoleh ilmu seputar bisnis bisa didapatkan dari mana saja.

Kesalahan Implementasi Strategi Bisnis

Kesalahan-kesalahan dalam implementasi strategi bisnis umumnya berasal dari ketidakpekaan kita saat memilih bidang bisnis apa yang dipilih, pemilihan teknik pemasaran produk, serta jalinan relasi bisnis. Ini biasanya terjadi akibat ketidaksadaran akan pemilihan keputusan belum sempurna alias terburu-buru, sehingga menyebabkan implementasi bisnis tidak tepat dan terkesan tumpang tindih.

Jika dibiarkan ini bisa memengaruhi keadaan bisnis jangka panjang karena segala bentuk kegiatan operasional secara langsung bisa memberikan pengaruh kepada keberlangsungan pertumbuhan serta produktivitas bisnis.

Bersikap Independen

Keberhasilan bisnis tidak bisa terjadi apabila dijalankan oleh satu pihak saja. Pemberian ide atau inovasi mungkin masih bisa dilakukan oleh satu pihak saja, tetapi pengembangan dan pelaksanaannya di lapangan harus dilandasi oleh kekuatan satu tim dengan rasa solidaritas tinggi.

Jauhilah sikap independen yang terlalu berlebihan karena ada kalanya kita membutuhkan bantuan orang lain untuk bisa mencapai kesuksesan bersama. Selain itu, beban dan rasa tanggung jawab dapat dibagi sesuai keahlian dan kemampuan masing-masing yang berdampak pada terselesaikannya usaha bisnis secara lebih cepat.

Memiliki Cadangan Modal Minim

Persiapkanlah cadangan modal secara maksimal karena ini bisa menunjang berjalannya bisnis secara konsisten serta menghindari kemungkinan terjadinya kerugian akibat kegagalan operasional di masa-masa sulit. Untuk itu, mempersiapkan modal semaksimal mungkin perlu dilakukan sebagai antisipasi atas kejadian yang tidak terduga di kemudian hari.

Penambahan cadangan modal bisa dilakukan dengan menyisihkan keuangan dari laba bersih secara rutin agar tidak jumlahnya tidak tetap pada yang sama. Selain itu, jangan melakukan pengeluaran yang tidak atau belum terlalu penting. Buatlah daftar kepentingan yang mesti dipenuhi dalam skala prioritas agar pengelolaan keuangan lebih terjamin.

Tidak Melakukan Riset Situasi Pasar

Riset terhadap situasi pasar bertujuan untuk mengetahui output dari penjualan produk serta tingkat kepuasan pelanggan. Kepuasan pelanggan dapat mendorong terciptanya inovasi serta ide menarik untuk bisa dikembangkan menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat dari segi kualitas.

Selain itu, riset pasar juga berguna agar kita bisa membaca bagaimana taktik dan strategi kompetitor bisnis, sehingga nantinya mampu mengantisipasi segala hal agar tetap bisa bertahan pada persaingan dan bila perlu menjadi penguasa dalam pasar.

Penutup

Beberapa sikap di atas merupakan sebagai kecil hal yang mesti dihindari demi kelancaran bisnis. Secara sederhana, dalam menjalankan bisnis perlu sikap bertanggung jawab dan rasa belajar tinggi agar bisa membenahi kesalahan dan kekurangan saat ini, demi pertumbuhan bisnis ke arah perkembangan yang semakin maju dan mampu bertahan di tengah persaingan.