Key opinion leader (KOL) disebut sebagai bagian penting dalam strategi digital marketing karena mempunyai salah satu peran strategis untuk memengaruhi sekelompok orang melalui pernyataan, pola pikir, serta perilakunya.

Hal-hal yang dilakukan oleh key opinion leader seringkali membuat pengikutnya merubah sudut pandang mengenai keyakinannya akan suatu hal atas pernyataan serta tindakan dari seorang key opinion leader.

Seseorang yang dipercaya sebagai key opinion leader dilandasi oleh adanya kredibilitas meliputi profesi, kemampuan, wawasan, keterampilan, serta keahlian pada profesi tertentu. Melalui kredibilitas inilah kepercayaan berasal, sehingga key opinion leader bisa membangun serta membentuk personal branding di mata masyarakat.

Pengertian Key Opinion Leader

Key Opinion Leader adalah pihak yang memiliki pengaruh kuat untuk bisa memengaruhi sekelompok orang berdasarkan personal branding, profesi, serta kredibilitasnya. Semakin besar pengaruh maka semakin baik pula taktik yang diterapkan oleh seorang key opinion leader hingga dirinya begitu dipercaya dan diyakini oleh para pengikutnya.

Uniknya, key opinion leader mampu mengembangkan potensi untuk meningkatkan keyakinan publik melalui sejumlah media, tidak hanya terbatas pada media sosial semata. Ini terjadi karena key opinion leader memiliki kredibilitas, sehingga perannya sangat dibutuhkan disaat terjadinya fenomena dalam masyarakat yang berkaitan langsung dengan profesinya.

Ini menjadi daya unggul dari key opinion leader sehingga tidak jarang perusahaan melakukan kerja sama bisnis untuk membantu mempromosikan produknya. Besarnya pengaruh serta keyakinan publik menyebabkan posisi key opinion leader dalam penerapan strategi digital marketing sangat diperhitungkan.

Mengapa Bisnis Digital Memerlukan Key Opinion Leader?

Pernyataan serta tindakan dari key opinion leader saat mengomentari sesuatu lebih mudah didengarkan atau dipercaya masyarakat. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, key opinion leader menjelma sebagai role model bagi seseorang karena mempunyai suatu nilai tambah dan manfaat bagi pengikutnya untuk bisa dijalankan pula dalam kehidupannya.

Melalui sejumlah keunggulannya, key opinion leader mampu menggerakkan sekelompok orang untuk bisa mengikuti saran dan langkahnya untuk melakukan suatu kegiatan. Oleh sebab itu, key opinion leader memegang peranan penting bagi terciptanya kesuksesan promosi produk pada media sosial khususnya. Adapun penggambaran tepat dari key opinion leader bisa kita lihat dari sosok Najwa Shihab.

Berikut ini 3 alasan mengapa key opinion leader penting bagi berlangsungnya bisnis digital:

Kredibilitas

Kredibilitas meliputi kemampuan dan keahlian yang merujuk pada suatu profesi tertentu menjadi alasan utama mengapa key opinion leader patut diperhitungkan sebagai pihak dalam membantu bisnis untuk terdorong ke arah pertumbuhan serta produktivitas secara maksimal.

Segala pernyataan serta tindakan key opinion leader saat mempromosikan produk bisnis akan dianggap sebagai sesuatu bernilai positif dan membuka peluang besar untuk diikuti oleh pengikutnya.

Brand Awareness

Produk akan lebih dikenal oleh masyarakat secara luas, sehingga mampu menciptakan peningkatan pada brand awareness yang mencakup segmentasi di luar sasaran. Apabila pembelian produk di luar sasaran tidak langsung terjadi itu bukanlah perkara besar karena promosi telah membuka potensi terhadap pembelian produk di masa mendatang.

Mempunyai Reputasi Luas

Maksud dari kalimat mempunyai reputasi luas adalah seorang key opinion leader setidaknya dikenal oleh masyarakat dan pengikutnya, baik di dalam maupun di luar media sosial. Mengapa hal ini begitu penting? Karena sejatinya apabila seseorang mampu mengembangkan reputasinya secara luas maka ia dinilai lebih mampu untuk menciptakan suatu relasi dibandingkan seseorang yang hanya berputar pada media sosial semata.

Penutup

Key opinion leader merupakan pihak yang memiliki pengaruh begitu kuat hingga mampu memengaruhi sekelompok orang berdasarkan kemampuannya dalam meyakinkan sekelompok orang melalui kredibilitas, kemampuan, hingga profesinya. Keunggulan dari key opinion leader jika dibandingkan dengan influencer adalah mampu mengembangkan reputasinya tidak hanya pada satu jenis media saja, tetapi menjangkau seluruh media.