Jika kamu tertarik dalam dunia bisnis dan dan memiliki skill berkomunikasi yang baik, mungkin profesi sebagai Business development adalah pilihan karir yang tepat untukmu. Nah, apa sih sebenarnya pekerjaan business development tersebut? Simak dan temukan jawabannya pada artikel berikut ini.

Apa Itu Business Development ?

Beberapa orang mengira bahwa business development sama dengan sales. Padahal nyatanya dua profesi ini merupakan pekerjaan yang berbeda. Dilansir dari laman topikarir Business Development adalah proses pembentukan nilai perusahaan dalam jangka panjang yang menghubungkan pelanggan, pasar, dan relasi. Business development memiliki peran sebagai pencipta peluang bagi perusahaan untuk terus berkembang dengan optimasi pelanggan, pasar, dan relasi.

Business development merupakan orang yang memiliki tanggung jawab untuk mencari strategi agar interaksi dari saluran pelanggan, pasar, dan relasi dapat menciptakan peluang bagi perusahaan untuk terus berkembang. Nilai jangka panjang (long-term-value) sederhananya adalah keuntungan, dana, image dan segala sesuatu yang menjadi tujuan utama sebuah perusahaan.

Business development akan mengembangkan 3 unsur yakni pelanggan, pasar, relasi demi mengembangkan suatu perusahaan dalam jangka panjang. Caranya adalah :

1.      Pelanggan

Perusahaan pasti memerlukan seorang pelanggan untuk mengembangkan bisnisnya tersebut. Sementara segala produk atau jasa yang disediakan tidak akan selalu sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Nah, sisinilah seorang business development harus membentuk strategi agar suatu produk dapat dinikmati oleh masyarakat banyak.

2.      Pasar

target pasar atau target market merupakan hal yang harus dipikirkan dari awal. Ini berguna agar perusahaan mengetahui produk dan jasa apa yang dapat dijual. Seorang business development akan memikirkan untuk menyesuaikan produknya agar mendapat target pasar yang baru dan terus berkembang

3.      Relasi

Suatu perusahaan tentu akan membangun sebuah relasi bisnis dengan pelanggan, klien maupun sponsor. Seorang business development akan membangun relasi yang baik didasari dengan kepercayaan, respect, serta apresiasi satu sama lain agar relasi tersebut berjalan dalam jangka yang panjang.

Apa saja Job Desc Business Development ?

Ini dia beberapa tugas dan tanggung jawab seorang business development yang perlu kamu ketahui.

1.      Melakukan riset pasar

2.     Mencari peluang untuk mendapatkan customer baru, serta menjaga dan membangun relasi yang baik antar klien.

3.      Membuat kerja sama dengan divisi lain dalam memeuhi kebutuhan pasar atau klien

4.      Merancang dan mempresentasikan rencana pengembangan bisnis perusahaan

5.      Melakukan riset perkembangan bisnis dari waktu ke waktu

6.      Memahami produk dari perusahaan , competitor dan posisi bisnis dalam pasar

7.      Bekerja sama dengan bagian sales untuk mendapatkan calon pelanggan yang menjanjikan.

8.      Berkoordinasi dengan divisi lain untuk mengembangkan produk

Apa keahlian yang harus dimiliki seorang business development ?

Nah, apakah kamu sudah tertarik untuk berkarir sebagai business development dalam suatu perusahaan? Perhatikan keahlian yang harus kamu miliki untuk menjadi seorang business development.

·         Memiliki motivasi yang tinggi

Seorang business development wajib memiliki motivasi yang tinggi dan disiplin dalam bekerja. Karena harus memenuhi target dalam batas waktu atau deadline.

·         Komunikasi

Seorang business development juga harus memiliki skill komunikasi yang baik dan mudah berinteraksi dengan orang lain. Karena mereka harus berkomunikasi dengan klien, pelanggan, tim dan juga melakukan presentasi  dihadapan klien.

·         Management

Seorang business development harus pintar mengatur sumber daya pada perusahaan agar dapat mendukung perkembangan bisnis suatu perusahaan. Kemampuan mengatur waktu dan prioritas juga sangat dibutuhkan.

·         Marketing atau pemasaran

Keahlian marketing tidak hanya harus dimiliki seorang sales. Business development juga bekerja untuk mempromosikan brand. Karena itu, sebaiknya seorang BD memiliki keahlian dasar marketing.

·         Analisis data

Seorang BD harus memiliki kemampuan menganalisis data yang baik, karena akan terdapat banyak data penjualan per bulan, data klien, data investor yang perlu dipelajari dan dianalisis. Disiniliah kemampuan ketelitian sangan dibutuhkan.

Apa perbedaan Business Development dengan Sales ?

Masih banyak orang yang belum memahami bahwa business development berbeda dengan sales. Bagi yang belum memahami tentu harus mengetahui apa perbedaan antara kedua hal tersebut. Tugas utama dari business development adalah mengembangkan perusahaan dengan menggunakan strategi khusus. Terdapat banyak strategi yang dilakukan seorang BD dalam mengembangkan perusahaan. Mislanya mengembangkan market baru, menjual anak perusahaan ke perusahaan lain dengan harga lebih tinggi dan masih banyak lagi.

Sementara tugas seorang sales yakni pada penanganan prospek dengan pembeli , mengurus kontrak kerja sama dengan pelanggan, hingga melakukan demonstrasi pada pelanggan agar mereka hendak membeli produknya. Sales hanya fokus kepada produk yang dijual dan keuntungan dari penjualan yang didapat dari konsumen.

Nah, itu tadi seputar penjelasan mengenai business development , tugasnya, keahlian yang dibutuhkan , hingga perbedaaanya dengan sales. Sebenarnya business development dan sales memiliki tujuan yang sama yaitu mencapai peningkatan keuntungan perusahaan akan tetapi memiliki tugas yang berbeda. Semoga artikel ini dapat menambah wawasanmu.

© 2022, Izabella ramadhani. All rights reserved.

Artikel Lainnya oleh Tim editor emiten.com

Startup yang terus berkomitmen tingkatkan kualitas ekosistem pasar modal Indonesia

PT APLIKASI EMITEN INDONESIA

You cannot copy content of this page