Kegiatan arisan merujuk pada kegiatan yang mengarah pada social gathering yang dilakukan oleh sekumpulan orang dalam suatu komunitas tertentu yang berkaitan dengan pengumpulan dan perputaran dana dalam satu periode. Arisan bisa disebut sebagai kegiatan yang menginisiasi agar seseorang bersedia menyisihkan dan menabungkan uangnya yang sesuai dengan nominal yang disepakati di awal. 

Segala bentuk kegiatan yang mengatasnamakan arisan tidak dilindungi oleh badan hukum karena sistem operasionalnya berada pada basis ekonomi nonformal, sehingga segala bentuk aturan dan kesepakatan diatur secara mandiri oleh komunitas yang menjalankannya. Oleh sebab itu, jika Anda tertarik untuk mengikuti kegiatan ini Anda harus mengetahui dengan jelas bagaimana prosedur dari kegiatan arisan secara umum karena kegiatan ini rentan dengan adanya penipuan akibat tidak adanya aturan khusus yang mengikat kegiatan ini. 

Pengertian Arisan

Pada dasarnya, arisan merupakan kegiatan pengumpulan uang dalam satu komunitas tertentu, di mana tujuan dari diadakannya arisan ini diklaim sebagai dorongan agar kita mampu menyisihkan uang yang dimiliki untuk ditabung. Siklus dari kegiatan ini selalu sama, yaitu dimulai dari mengumpulkan dan mencatat uang lalu pengundian. Segala bentuk peraturan yang ada telah disepakati dan harus dilaksanakan secara bersama-sama. Misalnya, aturan terkait nominal yang ditetapkan untuk dikumpulkan dalam 1 kali pengundian dan tiap anggota harus mengumpulkan nominal uang yang sesuai, tidak kurang dan tidak lebih. 

Selain itu, pengundian juga memuat aturan terkait besaran nominal yang diterima oleh anggota dalam satu kali pengundian. Aturan-aturan dalam arisan tersebut semestinya harus dilakukan secara tertulis agar masing-masing pihak yang terlibat merasa aman dan tidak melupakan kewajiban yang harus ditaati. Arisan umumnya dilakukan oleh kalangan ibu rumah tangga namun saat ini, pandangan terkait arisan pun telah sedikit bergeser, di mana kegiatan ini dipandang sebagai hal yang berhubungan dengan status sosial seseorang. 

Manfaat Mengikuti Arisan

1. Dalam penerapannya, kegiatan arisan dianggap sebagai menerapkan asas gotong royong karena saling membantu dalam mencapai tujuan finansial

2. Arisan dapat dijadikan sebagai wadah untuk perencanaan keuangan yang sifatnya sederhana

3. Membuat kita menyadari arti penting dari menabung dan menyisihkan uang, sehingga semakin lama akan memiliki kebiasaan untuk menyisihkan uang secara berkala

4. Sebagai sarana dalam bersosialisasi dan memperluas relasi dalam mengenal suatu komunitas tertentu 

Tips Mengikuti Arisan 

1. Memastikan dengan baik komunitas yang Anda pilih. Anda harus mengamati secara kritis tiap-tiap orang yang akan bergabung dan menjadi relasi Anda dalam kegiatan arisan. Ha ini penting dilakukan karena arisan merupakan kegiatan yang melibatkan uang. Lebih disarankan jika kegiatan arisan yang Anda ikuti berisikan anggota yang memang sebagian besar Anda kenali, sehingga risiko terhadap kejadian-kejadian yang tidak diinginkan dapat diminimalisir.

2. Kegiatan arisan yang dilakukan sebaiknya diawali dengan nominal uang yang tidak terlalu besar. Hal ini penting dilakukan untuk menilai seberapa tinggi tanggung jawab dan niat yang dimiliki oleh masing-masing anggota

3. Menetapkan serta menekankan segala peraturan yang dibuat kepada masing-masing anggota agar tujuan dari diadakannya arisan ini dapat tercapai serta manfaat yang dihasilkan dapat diterima secara maksimal

Efektifitas Arisan Dari Sisi Keuangan

Efektifitas kegiatan arisan jika dilihat dari sisi keuangan sebenarnya tidak begitu efektif namun masih memiliki nilai-nilai kebermanfaatan lainnya. Secara konseptual, kegiatan arisan sebenarnya hampir sama dengan menabung di bank yang mewajibkan kita untuk menyisihkan sebagian uang yang kita punya untuk disimpan. Namun, jika diamati secara lebih mendalam, arisan dan menabung memiliki sistem yang berbeda. 

Hal mendasar diantara kedua hal tersebut dapat dilihat dari sisi keuntungan yang didapatkan. Arisan dan menabung jika dilakukan dengan menyisihkan uang dengan besaran yang sama dan dalam jangka waktu yang sama pula, tentu saja akan menghasilkan output yang berbeda. Menabung di bank akan memberikan kita bunga simpanan yang secara otomatis akan menambah nilai uang yang kita simpan, sedangkan arisan sama sekali tidak menambah nominal uang yang kita miliki. Oleh sebab itu, efektifitasnya jika dibandingkan dengan menabung uang di bank jelas akan berada di level yang berbeda. 

Kemudian dari sisi keamanan, menabung di bank lebih aman karena dibawah pengawasan lembaga resmi dan terikat dengan aturan formal yang dijamin oleh negara, sehingga segala aktifitas yang kita lakukan akan mendapatkan pengawasan dan perlindungan secara maksimal. Arisan sama sekali tidak diawasi oleh badan resmi maupun terikat dengan aturan formal yang berlaku, oleh karena itu pihak-pihak yang terlibat harus mampu membaca situasi agar terhindari dari berbagai keadaan yang menyulitkan. 

Jadi secara garis besar, kegiatan arisan kurang efektif dilakukan dari konteks ekonomi karena tidak memberikan keuntungan bagi seseorang yang menerapkannya. Hal yang sepatutnya dijalankan adalah melakukan penyisihan atau penyimpanan uang yang langsung dilakukan pada bank karena dalam jangka waktu periode tertentu, jumlah simpanan uang yang dihasilkan akan bertambah. Namun, tidak ada salahnya jika Anda melakukan kegiatan arisan sebagai bentuk sederhana dari penyimpanan uang asalkan hak tersebut dapat dilakukan secara tepat dan pastinya aman dilakukan. 

Penutup

Berdasarkan pemaparan di atas, kegiatan arisan tidak begitu efektif dilakukan karena tidak memberikan keuntungan dalam segi ekonomi karena uang yang disimpan hanya akan berputar pada satu periode tertentu. Namun, tidak ada salahnya jika Anda melakukan kegiatan arisan karena hal ini juga memiliki dampak positif. Hal yang harus selalu diingat adalah Anda harus cermat dalam memilih relasi yang akan Anda ajak untuk melakukan kegiatan ini karena uang merupakan sesuatu yang sangat krusial.