Tren bisnis yang tengah melejit saat ini salah satunya adalah dropship. Mungkin sebelumnya Anda pernah mendengar praktik bisnis satu ini karena toko-toko online yang memiliki lapak di marketplace tertentu, seringkali menawarkan produk jualannya yang dijual dalam bentuk dropship.

Lalu, apa itu dropship? Dropship dapat diartikan sebagai praktik bisnis yang dapat dilakukan oleh setiap orang karena tidak memerlukan modal yang cukup besar serta barang yang dijual tidak perlu melewati tahap penyetokan karena kebutuhan transaksi berdasarkan pada minat konsumen yang telah melakukan proses pembayaran pada barang tersebut.

Dropshipper, sebutan untuk orang yang menjalankan praktik bisnis dropship, dapatĀ  dianalogikan sebagai perantara atau penghubung antara supplier (penyedia) dengan pembeli, di mana cakupan target operasional penjualan yang lebih luas. Selain itu, praktik bisnis satu ini juga dianggap sebagai salah satu strategi pemasaran yang mampu mendorong kenaikan penjualan barang yang diproduksi oleh penjual.

Manfaat Praktik Bisnis Dropship

1. Manajerisasi Bisnis Bersifat Efisien

Manajerisasi dari bisnis dropship lebih mudah diterapkan karena dapat dilakukan di mana pun dan kapan pun. Efisiensi ini salah satunya dapat dilihat ketika saat bekerja dropshipper hanya perlu melakukan promosi serta penawaran barang yang dijual kepada calon pembeli dan jika barang tersebut telah melewati proses transaksi, dropshipper hanya perlu menginformasikannya kepada supplier agar barang pesanan dapat segera disiapkan. Jadi, pada intinya, efisiensi praktik bisnis terletak pada bagaimana para dropshipper begitu mudahnya mengelola bisnis mereka tanpa perlu memikirkan produksi atau tahap penyiapan pesanan pembeli.

2. Melatih Keterampilan dalam Menjalankan Bisnis

Jika Anda seseorang yang masih awam dalam dunia bisnis dan merasa tertarik untuk menjalaninya, praktik bisnis satu ini dapat Anda lakukan karena modal serta kerugian yang akan ditanggung sangat minim. Kemudahan dalam menjalankan bisnis ini patut Anda pilih untuk melatih serta mengasah keterampilan Anda sebelum terjun dalam praktik bisnis yang lebih luas.

3. Kemudahan dalam Mengubah Produk yang Dijual

Saat Anda menjalani praktik bisnis satu ini, Anda akan mendapatkan keuntungan berupa kemudahan dalam mengubah produk atau barang yang hendak Anda jual. Pengubahan tersebut dapat Anda lakukan dengan penambahan maupun pengurangan barang yang disesuaikan dengan kondisi pasar pada saat ini. Misalnya, dengan menjual barang-barang yang tengah viral dan banyak dicari oleh masyarakat di suatu periode tertentu.

Kelebihan Praktik Bisnis Dropship

1. Modalnya yang diperlukan untuk menjalankan bisnis ini sangatlah minim dan tidak jarang pula beberapa dropshipper tidak mengeluarkan modal sama sekali dalam menjalankan bisnis ini dan secara otomatis, kerugian yang akan ditimbulkan pun akan sangat kecil pula.

2. Fleksibel dan efisien dari segi waktu, tenaga, dan media yang digunakan karena pada umumnya bisnis ini dilakukan secara online.

3. Dapat dijalankan oleh siapa saja dan di mana saja, hal ini menjadi salah satu daya tarik mengapa bisnis dropship banyak digemari serta ditekuni oleh banyak orang.

Kekurangan Praktik Bisnis Dropship

1. Para dropshipper seringkali dirugikan karena mereka hanya berperan sebagai perantara dan tidak terlibat langsung dalam pemantauan ketersediaan barang yang dijual.

2. Harga produk harus disesuaikan dengan kondisi pasar karena jika memasang harga yang relatif tinggi akan cenderung tidak diminati oleh calon pembeli dan hal ini pun memengaruhi jumlah keuntungan yang didapatkan.

3. Persaingan yang relatif ketat dengan pihak lain karena umumnya barang yang dijual memiliki visualisasi serta manfaat yang serupa dengan produk yang dijual oleh pihak lain.

Mekanisme Praktik Bisnis Dropship

Praktik bisnis dropship ini awal mulanya dilakukan secara langsung (offline), namun seiring berkembangnya jaman, mekanismenya pun berkembang serta mengalami perubahan menjadi online dengan perantara media digital. Supplier yang menjual produknya tidak jarang melakukan praktik bisnis dropship karena dianggap lebih menguntungkan karena penjualan sebuah produk dirasa lebih cepat karena dibantu oleh pihak-pihak eksternal dalam mempromosikan produk mereka.

Mekanisme dari praktik bisnis satu ini memang seharusnya dilakukan secara online karena lebih relevan serta adaptif dengan perkembangan jaman. Pembukuan serta pencatatan berbagai transaksi pun akan terhindari dari berbagai kendala karena efisiensi waktu yang dibutuhkan lebih singkat. Di berbagai marketplace maupun media sosial, banyak toko online yang telah menyediakan tawaran bisnis dropship, sehingga jika Anda memiliki banyak pilihan yang menarik dalam memilih serta menyesuaikan, jenis produk apa yang hendak Anda jual sebagai seorang dropshipper.

Untuk memulai menjalankan praktik bisnis dropship, Anda hanya memerlukan 3 modal, yaitu akses internet, keberanian, serta rasa percaya diri yang kuat. Hal ini sangat dibutuhkan saat Anda menawarkan barang dari pihak satu ke pihak lainnya. Maksudnya, jika nanti barang yang Anda tawarkan tidak diminati oleh satu pihak, Anda tidak boleh putus asa atau pun berkecil hati.

Apabila demikian, Anda akan sulit mendapatkan target penjualan yang telah Anda tetapkan sebelumnya dan pada akhirnya bisnis yang Anda jalankan dapat berhenti di tengah jalan. Sebagai seorang penjual, jika barang Anda tidak diminati oleh satu pihak itu merupakan hal yang sangat wajar terjadi, jadi poinnya adalah Anda tidak boleh putus asa dan harus tetap semangat dalam menawarkan produk-produk tersebut kepada calon pembeli.

Lantas, bagaimana cara memilih supplier yang baik dan terpercaya? Bagi Anda yang tertarik untuk terjun dalam praktik bisnis dropship, Anda harus bisa menemukan supplier yang terpercaya karena hal ini berkaitan dengan sepak terjang Anda sendiri saat nantinya menjalani bisnis ini.

Caranya cukup mudah untuk menemukan serta menentukan supplier yang tepat untuk bisnis Anda, yaitu dengan cara melihat penilaian (rating) yang tertera pada sebuah toko online. Selain itu, pastikan Anda memperhatikan deskripsi produk yang dijabarkan oleh supplier tersebut, apakah dijelaskan dengan baik dan jelas atau justru sebaliknya, kemudian perhatikan pula kolom komentar yang berisi ulasan pembeli terkait produk tersebut, jika jumlah ulasan komentar positif semakin baik, maka toko tersebut dapat Anda jadikan sebagai pilihan dalam menentukan supplier terpercaya.

Penutup

Berdasarkan penjelasan-penjelasan di atas, dapat ditarik sebuah konklusi bahwa dalam menjalankan suatu praktik bisnis yang mudah, Anda dapat memilih praktik bisnis dropship sebagai pilihan karena memiliki serta manfaat yang telah dijelaskan sebelumnya. Praktik bisnis satu ini sangat tepat diterapkan jika Anda merupakan orang yang awam dalam dunia bisnis karena tidak memerlukan modal yang cukup besar.

Langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan jika benar-benar tertarik dengan bisnis ini adalah melakukan perencanaan dan pemilihan strategi yang tepat meliputi pemilihan supplier, serta mengenai tahapan penjualan yang akan dilakukan kedepannya. Jika bisnis dropship yang Anda jual saat ini telah mengalami hasil yang baik, Anda perlu untuk melakukan invasi terhadap jenis-jenis produk yang dapat Anda jual untuk mengembangkan potensi serta karir Anda dalam dunia bisnis.