Pilihan metode pembayaran saat ini begitu beragam sehingga memudahkan masyarakat dalam melakukan transaksi penjualan atau pembelian dengan pihak lain. Pertumbuhan e-commerce yang terjadi secara pesat disinyalir menjadi penyebab utama mengapa pilihan metode pembayaran begitu beragam dan ini berimbas pada timbulnya kemudahan bagi masyarakat untuk melakukan pembayaran secara online di mana pun dan kapan pun.

Salah satu metode pembayaran yang banyak dipilih untuk melakukan transaksi adalah virtual account. Bentuk kemudahan dari penggunaan virtual account adalah menyediakan fasilitas transaksi secara cepat, aman, dan mudah karena pengguna tidak perlu memasukan nominal transaksi seperti metode pembayaran lainnya. Atas dasar tersebut virtual account begitu diminati dan digunakan hingga saat ini meskipun tersedia metode pembayaran lainnya yang mungkin dinilai lebih efisien.

Pengertian Virtual Account

Virtual account (VA) merupakan akun sementara untuk melaksanakan kegiatan transaksi dengan mengatasnamakan nama dari pemilik rekening tanpa harus membuka rekening bank khusus pada tiap bank. Inovasi pembayaran satu ini begitu cepat, aman, praktis, serta menghindari pengguna dari terjadinya kesalahan input nominal pembayaran karena kewajiban nilai transaksi sudah terisi dan verifikasi berlaku otomatis, sehingga tidak memerlukan bukti transfer.

Penyelesaian transaksi dilakukan dengan pemberian nomor ID virtual account kepada masing-masing pengguna dengan formasi susunan angka pada nomor ID dirancang secara khusus dan unik, sehingga transaksi bisa diidentifikasi dengan mudah.

Perbedaan Antara Virtual Account dan Transfer Manual

Terdapat beberapa perbedaan antara virtual account dan transfer manual yang bisa dipertimbangkan saat memutuskan metode pembayaran seperti apa yang hendak dipilih. Seperti penjelasan di atas, virtual account merupakan transaksi pembayaran dengan mengatasnamakan nama dari pemilik rekening tanpa memerlukan pembukaan rekening baru di tiap bank, sehingga tidak akan terjadi pemotongan biaya transaksi karena pilihan rekening tujuan bisa disesuaikan dengan rekening milik pengguna. Selain itu, pengguna

Selain itu, bukti transfer tidak perlu disertakan manual seperti metode transfer pada umumnya karena adanya pengecekan otomatis secara lengkap bersama proses verifikasinya. Notifikasi pembayaran pun terjadi secara cepat alias tidak memakan waktu lama. Selain itu, virtual account menghindari terjadinya kesalahan input nilai tagihan pada transaksi karena nominalnya telah diisi sesuai kewajiban pembayaran.

Jadi, bisa dikatakan bahwa saat pengguna memilih aktivasi layanan melalui virtual account pada kegiatan transaksi yang dilakukan, pengguna hanya perlu memasukkan nomor ID virtual accountnya saja, lalu mengirimkan nominal sesuai tagihan. Cara ini tentunya terlampau praktis dan aman dibandingkan metode transfer manual.

Fitur-Fitur Pada Virtual Account

  1. Fixed Virtual Account
    Fixed Virtual Account adalah nomor akun virtual unik dengan menjadikan nomor ponsel tiap pengguna sebagai nomor virtual tetap. Penggunaan nomor ponsel ini memudahkan pihak penyedia aplikasi e-wallet karena tidak perlu melakukan identifikasi serta pembuatan nomor ID virtual account baru serta mempermudah pengguna juga karena proses transaksi hanya perlu mengingat nomor ponsel pribadi saja tanpa perlu menginput nomor-nomor lainnya. Contoh dari fixed virtual account adalah Gopay, OVO, LinkAja, dan sebagainya.
  2. Non-fixed Virtual Account
    Non-fixed Virtual Account adalah penetapan nomor akun virtual dengan sistem acak demi menjamin keamanan transaksi pembayaran karena ditujukan hanya untuk sekali transaksi saja. Selain itu, jenis virtual akun satu ini mempunyai batas masa berlaku bergantung pada kebijakan dari masing-masing pihak, sehingga mendorong pengguna untuk melakukan pembayaran secepat mungkin. Jenis dari non-fixed virtual account ini umum digunakan oleh pemilik bisnis e-commerce.

Jenis Pembayaran Virtual Account

  1. Jenis Pembayaran Terbuka
    Jenis pembayaran terbuka pada virtual account adalah pengiriman serta penerimaan nominal transaksi dengan jumlah besar sesuai keinginan pengguna. Pengguna mampu melakukan transfer dalam jumlah berapa pun, namun tetap dibatasi oleh ketentuan transfer maksimal.
  2. Jenis Pembayaran tertutup
    Jenis pembayaran tertutup pada virtual account adalah pengiriman serta penerimaan nominal transaksi dengan menyisipkan angka tertentu pada digit terakhir. Ini biasanya dilakukan agar lebih mudah melakukan verifikasi serta pengecekan ulang dana masuk pada sistem bisnis e-commerce.

Alur Kerja Virtual Account

  1. Langkah pertama adalah pemilik bisnis melakukan pemberitahuan mengenai informasi pembayaran melalui virtual account beserta nomor ID kepada masing-masing pengguna.
  2. Dalam setiap pemberitahuan terkait transaksi tersebut harus disertakan pula batas waktu pembayaran. Hal ini penting untuk memicu kecepatan transaksi pembayaran, sehingga lebih menjamin kemungkinan produk pasti terjual.
  3. Setelah pembayaran diterima, berbagai aktivitas serta informasi menyangkut hal tersebut bisa segera diidentifikasi oleh pemilik bisnis karena rangkaian proses transaksi terjadi secara otomatis.

Kesimpulan

Perkembangan teknologi memunculkan pertumbuhan sistem transaksi dengan berbagai jenis dan keragaman metode, sehingga mampu memudahkan masyarakat dalam menggunakan serta menjalani aktivitas pemenuhan kebutuhan. Dengan adanya virtual account, transaksi pembayaran bisa terjadi secara cepat, aman, dan praktis karena bisa dilakukan di mana dan kapan saja. Selain itu, pengguna tidak perlu lagi melakukan pengiriman bukti transaksi setelah pembayaran dilakukan karena hal tersebut terjadi secara otomatis.