Sebagai negara berkembang, Indonesia masih memiliki segudang pekerjaan yang berguna untuk meningkatkan taraf kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan. Pekerjaan besar pemerintah terdiri dari beberapa permasahalah sosial, diantaranya mengentaskan kemiskinan, meredam tingkat pengangguran tinggi, pemerataan ketimpangan sosial antar masyarakat, dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, pemerintah pun berupaya untuk melaksanakan beberapa pekerjaan besar tersebut melalui kebijakan pembangunan ekonomi, di mana hal tersebut berperan besar dalam menata, merencanakan secara struktural dan sistematis segala program pemerintah yang bertujuan untuk menata serta meningkatkan standar hidup masyarakat secara berkesinambungan.

Pengertian Pembangunan Ekonomi

Jika diartikan secara komprehensif, pembangunan ekonomi diartikan sebagai proses berkelanjutan dari sebuah pencapaian tujuan untuk meningkatkan Pendapatan Domestik Bruto negara, di mana hal ini dilaksanakan dengan mengupayakan penerimaan pendapatan per kapita penduduk bernilai jangka panjang. Penerimaan pendapatan tersebut didorong oleh sejumlah aspek penting, yakni ekonomi, sosial, serta kemajuan IPTEK.

Diharapkan hasil dari kebijakan pembangunan ekonomi ini mampu memberikan kelayakan serta kesejahteraan hidup bagi masyarakat sehingga nantinya mampu menjalankan segala aktivitas ekonomi untuk meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraannya.

Tujuan Pembangunan Ekonomi

Beberapa tujuan hendak dicapai dalam implementasi pembangunan ekonomi pada suatu negara, diantaranya sebagai berikut:

1. Mengutamakan terjadinya kesejahteraan, keadilan, serta kemakmuran bagi kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara

2. Berupaya untuk mewujudkan kehidupan adil, sejahtera, dan makmur secara berkelanjutan

3. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia berlandaskan pengetahuan, wawasan, serta kemajuan IPTEK

4. Untuk meningkatkan pendapatan per kapita yang hasilnya berguna bagi pertumbuhan ekonomi

5. Menekan angka pengangguran dan kemiskinan untuk meminimalisir terjadinya ketimpangan sosial

Faktor-Faktor yang Memengaruhi

1. Jumlah serta tingkat kepadatan penduduk

2. Ketersediaan serta kualitas dari sumber daya alam dan manusia yang dimiliki

3. Kemampuan dan keterampilan untuk mengolah sumber daya alam beserta bagaimana mengarahkan sumber daya manusia agar lebih produktif

4. Kemajuan IPTEK

5. Kondisi geografis, politik, serta sosial budaya pada kehidupan masyarakat

Elemen Penting Dalam Pembangunan Ekonomi

1. Pembangunan ekonomi ditandai sebagai sebuah proses menuju tahapan kehidupan masyarakat untuk mencapai keadaan sejahtera, adil, makmur, dan berkelanjutan

2. Segala upaya untuk mencapai peningkatan pendapatan per kapita dilakukan secara jangka panjang atau setiap tahunnya

3. Pembangunan ekonomi dilakukan untuk meningkatkan pendapatan per kapita penduduk

Dampak Dari Pertumbuhan Ekonomi

Sesungguhnya, dampak dari pertumbuhan ekonomi diyakini sebagai timbulnya peluang positif bagi kemajuan negara karena segala bentuk kebijakan terkait pertumbuhan ekonomi difokuskan untuk memberikan jaminan terbaik bagi kehidupan sosial masyarakat secara keseluruhan dan berkelanjutan.

Namun, di sisi lain adanya pembangunan ekonomi tidak serta merta selalu memberikan dampak positif karena dapat pula memberikan pengaruh serta dampak negatif. Salah satu imbas dari kegiatan berlandaskan pembangunan ekonomi adalah semakin sempitnya lahan terbuka hijau karena pemerintah tentunya lebih fokus untuk mencanangkan berbagai bentuk pembangunan untuk kemajuan negara.

Selain itu, prosesi serta rangkaian pembangunan nasional terkadang menimbulkan gesekan antara pemerintah dengan masyarakat. Hal tersebut dapat kita lihat pada saat upaya pembebasan lahan yang merugikan masyarakat karena tidak jarang berujung pada penggusuran. Alhasil, terciptanya konflik sosial pun tidak bisa dihindari.

Penutup

Penjelasan di atas telah cukup mampu menggambarkan serta mendeskripsikan definisi serta tujuan dari pembangunan ekonomi. Pembangunan ekonomi berusaha untuk memberikan kesejahteraan hidup bagi masyarakat, sehingga nantinya bisa menjalankan segala aktivitas ekonomi untuk meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraannya.

Berdasarkan tujuan di atas, salah satu bentuk implementasi dari pembangunan ekonomi adalah adanya konstruksi pembangunan berbagai aspek sebagai penunjang kelancaran mobilisasi masyarakat agar lebih mampu mempercepat tercapainya aktivitas ekonomi.