Saat ini, keberadaan website memiliki manfaat yang sangat besar bagi setiap orang. Kehadiran website membantu kelancaran aktivitas banyak orang karena kemudahan dalam mengakses berbagai situs, sehingga penyebaran serta penerimaan informasi dalam berbagai konteks dapat dilakukan secara cepat dan praktis. Website merupakan kumpulan halaman yang ada pada sebuah domain di internet, di mana pembuatan domain memiliki tujuan-tujuan tertentu serta dapat diakses secara luas melalui home page yang tersambung dengan sebuah browser yang menggunakan uniform resource locator (URL) website. 

Salah satu komponen yang menjadi bagian penting dalam sebuah website adalah domain. Jika kita analogikan, website dapat disebut sebagai produk, sedangkan domain dapat disebut sebagai merek. Pemilihan ekstensi domain harus dilakukan secara tepat karena hal tersebut akan mengarahkan seorang pengunjung untuk masuk ke situs yang ingin dicari. 

Pengertian Domain dan Ekstensi Domain

Domain adalah istilah yang merujuk pada proses identifikasi sebuah jaringan tanpa menggunakan internet protocol (IP). Penggunaan domain dianggap sebagai langkah praktis yang akan memudahkan seseorang untuk lebih mudah mengingatnya tanpa perlu menghafal rentetan angka pada internet protocol yang sifatnya sangat tidak praktis. 

Unsur-unsur yang terdapat dalam domain terdiri dari 2 unsur, yaitu nama domain dan ekstensi domain. Nama domain merupakan nama yang digunakan oleh pihak yang tengah membangun sebuah website untuk menamai website, sedangkan ekstensi domain adalah akhiran dari domain. 

Begitu banyak jenis dari ekstensi domain yang dapat digunakan untuk melengkapi gagasan website Anda dan hal terpenting yang perlu diingat adalah pemilihan dari suatu ekstensi untuk sebuah domain disarankan agar menyesuaikan dan mengandung nilai representatif bagi website yang hendak dibuat oleh suatu pihak. Hal ini berguna agar saat seseorang membaca website Anda, orang tersebut akan lebih mudah mengenali jenis kelembagaan apa dibalik berjalannya website tersebut. 

Beberapa Jenis Dari Ekstensi Domain

Berikut ini akan dijelaskan beberapa jenis ekstensi domain yang dapat menjadi pilihan untuk website Anda.

1. .ac

Kata “sch” yang ada pada ekstensi domain tersebut diambil dari kata “academy”. Ekstensi domain .ac digunakan secara khusus untuk perguruan tinggi yang telah terdaftar secara resmi di kementerian.

2. .sch

Kata “sch” yang ada pada ekstensi domain tersebut diambil dari kata “school”. Berbeda dengan .ac yang diperuntukkan bagi perguruan tinggi, ekstensi domain .sch memang diperuntukkan bagi lembaga-lembaga pendidikan formal yang dimulai dari jenjang TK hingga sekolah menengah atas.

3. .com

Kata “com” yang ada pada ekstensi domain tersebut diambil dari kata “commercial”. Ekstensi domain .com telah diakui sebagai salah satu jenis ekstensi domain yang paling populer di dunia dan Anda tentunya sudah tidak asing lagi dengan ekstensi domain satu ini karena sangat umum digunakan. 

4. .biz

Kata “biz” yang ada pada ekstensi domain tersebut diambil dari kata “business”. Jenis ekstensi domain satu ini sering digunakan untuk website yang berkaitan dengan masalah bisnis. 

5. .net

Kata “net” yang ada pada ekstensi domain tersebut diambil dari kata “networking”. Penggunaan dari ekstensi domain satu ini cukup luas tetapi umumnya digunakan untuk website-website yang berhubungan dengan jaringan dalam sebuah perusahaan, misalnya.

6. .org

Kata “org” yang ada pada ekstensi domain tersebut diambil dari kata “organization”. Ekstensi domain .org sangat tepat dipilih dan digunakan bagi website yang khusus dibuat untuk kepentingan organisasi atau kelembagaan tertentu. 

7. .info

Kata “info” yang ada pada ekstensi domain tersebut diambil dari kata “information”. Ekstensi dari domain .info umumnya digunakan pada website yang sengaja dibuat untuk mempublikasikan informasi kepada masyarakat luas. 

8. .name

Ekstensi domain .name umumnya dipilih serta digunakan untuk memberikan gambaran terkait profil pribadi seseorang. Ekstensi domain satu ini seringkali dipilih untuk membantu memberikan gambaran serta karakteristik tertentu yang dimiliki oleh seseorang.  

Penutup

Itulah beberapa penjelasan mengenai ekstensi domain yang perlu Anda ketahui. Hal yang perlu diingat adalah pemilihan ekstensi domain harus dilakukan secara tepat karena hal ini merupakan wujud representasi dari sebuah website yang sedang Anda bangun karena pada dasarnya hal tersebut sangat memiliki pengaruh agar identitas dari website yang sedang Anda jalankan dapat dengan mudah dikenali oleh banyak orang.