Saat ini telah tersedia berbagai macam dan jenis dari strategi marketing yang dapat menjadi referensi dalam membangun jaringan bisnis. Tips beserta langkah yang dibagikan umumnya mudah untuk kita pahami, namun dalam praktiknya kerap menimbulkan berbagai hambatan dalam mencapai sebuah tujuan bisnis. Terdapat salah satu strategi marketing yang unik dan disebut sebagai guerilla marketing. Guerilla marketing adalah strategi promosi serta penawaran produk yang dilakukan untuk meningkatkan penjualan, di samping itu fokus target sasarannya ditujukan kepada pelanggan lama.

Pengertian Guerilla Marketing

Kata “guerilla” termasuk padanan kata dalam bahasa inggris yang berarti gerilya. Sesuai dengan namanya guerilla marketing dapat disebut sebagai strategi pemasaran yang unik karena memanfaatkan teknik-teknik yang sengaja dirancang untuk menarik atensi masyarakat. Hal tersebut dilakukan dengan menciptakan suatu interaksi dengan pelanggan yang dilakukan secara bertahap untuk menciptakan suatu kondisi yang dapat membuat sebuah produk semakin lebih dikenal melalui serangkaian kegiatan yang dapat membuat orang-orang tertarik untuk mencari lebih detail terkait produk apa yang tengah ditawarkan.

Agar strategi ini berjalan dengan lancar, perlu untuk merancang strategi pemasaran yang diisi dengan nilai-nilai kreatifitas yang tinggi, sehingga konsep promosi produk dapat berjalan dengan sangat baik. Konsep yang diciptakan seharusnya dapat membuat masyarakat terhibur sekaligus memahami produk yang tengah ditampilkan atau paling tidak masyarakat memiliki rasa penasaran tinggi dan memiliki niat lebih untuk mencari tahu hal tersebut.

Hingga saat ini, strategi guerilla dianggap efektif dari berbagai sisi. Salah satunya adalah dapat menekan budget operasional karena biaya yang diperlukan tergolong murah namun memberikan dampak yang positif asalkan dilakukan dengan teknik dan cara yang benar. Jika biaya promosi bisa ditekan, maka akan berdampak positif bagi produktivitas perusahaan karena dapat dialihkan pada sektor lainnya. Oleh karena itu, banyak pelaku bisnis yang memanfaatkan strategi ini karena hal yang paling dibutuhkan berputar pada nilai-nilai kreativitas, inovasi, ide, dan waktu.

Kelebihan Guerilla Marketing

1. Penghematan terhadap anggaran atau biaya operasional yang dapat membuat produktivitas serta pertumbuhan perusahaan semakin baik. Meskipun minim biaya, tetap berikan porsi yang pas saat melakukan strategi guerilla karena apabila diberikan operasional biaya yang sangat minim, tentunya strategi ini akan sulit berjalan tanpa adanya alat atau pelengkap penunjang yang mampu melancarkan kegiatan promosi.

2. Kolaborasi Antar Sektor Usaha

Dalam penciptaan dan pelaksanaan kegiatan melalui strategi marketing guerilla, akan membutuhkan berbagai faktor pendukung dalam menunjang tingkat keberhasilan suatu kegiatan. Sisi positifnya adalah akan menumbuhkan kolaborasi antar sektor usaha yang terlibat dalam proses penyajian dan pelaksanaan kegiatan produksi iklan yang bertujuan untuk promosi dan penawaran produk. Hal ini akan memperluas relasi bisnis, sehingga jangkauan yang akan diraih akan semakin luas.

3. Membangun Koneksi

Bentuk promosi dan penawaran yang dipilih dalam strategi pemasaran harus disajikan dalam bentuk iklan yang menarik. Hal ini bertujuan untuk memengaruhi perasaan dan kondisi emosional khalayak yang menyaksikannya sehingga akan terbangun perasaan yang lebih kuat. Perasaan yang terbangun akan membuat terjalinnya suatu hubungan antara konsumen dengan pelaku bisnis yang akan menciptakan suatu konektivitas (hubungan) yang tercermin melalui komunikasi serta visualisasi. Di samping itu, penyajian bentuk promosi yang menarik akan semakin mudah untuk mendorong terjadinya suatu engagement yang dapat menguntungkan posisi perusahaan.

4. Pembaruan Inovasi dan Kreatifitas

Dalam pelaksanaannya, guerilla marketing hanya akan membutuhkan 1 bentuk strategi dalam 1 masa pelaksanaan kegiatan marketing. Jika bentuk strategi itu dijalankan kembali pada masa selanjutnya, kemungkinan besar akan mengakibatkan kurangnya minat atau ketertarikan dari pelanggan atau masyarakat lainnya karena telah mengetahui bagaimana bentuk penyajian strategi tersebut sebelumnya. Oleh karena itu, pelaku bisnis yang hendak menggunakan strategi marketing satu ini harus meningkatkan frekuensi dalam memikirkan serta menciptakan inovasi, kreatifitas, serta ide-ide yang dapat menunjang daya saing produk semakin baik melalui penyajian promosi dan penawaran yang beragam dan tidak membosankan.

Tips dalam Menerapkan Guerilla Marketing

1. Tips pertama, bagi Anda yang baru pertama kali menerapkan guerilla marketing ada baiknya untuk melakukan observasi serta analisa terlebih dahulu mengenai target sasaran dari bisnis Anda. Hal ini diperlukan agar target utama yang menjadi sasaran dapat memahami dengan baik apa yang hendak disampaikan dan selanjutnya akan merasakan jika produk tersebut sesuai dan cocok dengan kebiasaannya. Efektifitas dari penerapan observasi sangatlah baik karena merujuk langsung pada analisa untuk mengetahui siapa saja yang termasuk dalam sasaran utama. Oleh sebab itu, lakukanlah tips pertama ini dengan baik dan benar agar sasaran pasar dari bisnis Anda tidak melenceng.

2. Tips kedua, setelah berhasil menemukan analisa yang tepat mengenai siapa saja yang termasuk dalam target sasaran bisnis, hal yang selanjutnya dilakukan adalah mulai mengusung konsep dan tema apa yang akan dipilih dalam aktifitas promosi dan pemasaran. Tuangkan berbagai inovasi serta kreatifitas pada tahap ini agar iklan yang hendak disajikan kepada khalayak mengandung konten yang menarik dan dapat diingat dalam jangka waktu lama.

3. Tips ketiga, susun rancangan keuangan untuk menjalankan strategi ini dan sejak awal dijelaskan, anggaran yang dibutuhkan memang minim tapi jangan sampai mencurahkan biaya yang terlalu sedikit karena akan membuat proses produksi serta pelaksanaan menjadi terhambat dan tidak maksimal. Untuk itu, buatlah kategori mengenai hal penting apa saja yang dibutuhkan dalam menyusun rancangan keuangan untuk promosi produk.

4. Tips keempat, rencanakan suatu hal yang dapat menarik perhatian khalayak saat menyaksikan iklan yang ditampilkan. Maksudnya, Anda dapat memberikan penawaran eksklusif agar rasa penasaran terhadap produk bisnis Anda semakin tinggi. Hal tersebut dapat dilakukan dengan cara membagikan voucher, potongan harga (diskon), giveaway dan sebagaiya.

5. Tips kelima, saat kegiatan promosi serta penawaran berjalan usahakan untuk melakukan promosi atau sounding produk secara maksimal agar atensi masyarakat, khususnya target sasaran dapat menyimak dan tertarik untuk mendengarkan apa yang hendak disampaikan. Pada tahap ini, lakukanlah dengan menonjolkan suatu ciri khas dan karakteristik dari perusahaan Anda agar semakin mudah untuk dikenali dan juga diingat

Kesimpulan

Guerilla marketing merupakan suatu strategi yang dapat memberikan efek serta hasil yang positif karena dilakukan di suatu kondisi yang dapat mengundang rasa penasaran seseorang. Dalam pelaksanaannya, penting untuk memikirkan bagaimana konsep yang hendak diambil ketika menjalankan strategi ini karena akan sangat berdampak pada terciptanya jangkauan sasaran luas yang akan semakin menguntungkan perusahaan.