Saat ini keberadaan UMKM di Indonesia tersebar di berbagai wilayah dengan ranah produksi yang beranekaragam. Berdasarkam data yang dihimpun dari Kementerian Koperasi, Usaha Kecil, dan Menengah, pada tahun 2018 saja jumlah pelaku UMKM telah mencapai angka 64,2 juta.

Keberadaan UMKM memiliki kontribusi besar sebagai salah satu penyumbang nilai dari total produk domestik bruto (PDB) Indonesia, yakni sebesar 60,3%.

Persebaran UMKM pada tiap wilayah di Indonesia memiliki karakteristik serta jenisnya masing-masing. Salah satu faktor pendukung terlaksananya kelancaran penjualan produk dari UMKM adalah terbantu berkat adanya media yang menghimpun produk secara digital sehingga lebih mudah ditemukan serta dijangkau oleh masyarakat secara luas.

Hal tersebut bisa mempermudah implementasi dari strategi penjualan produk dan berdampak pada timbulnya peluang bagi intensitas peningkatan penjualan.

Salah satu media yang bisa mendukung operasional UMKM adalah website. Selain media sosial, website memegang peran penting sebagai wadah profesional dalam menampilkan produk secara lebih ideal dan jelas tentunya.

Namun, tidak semua pelaku UMKM menyadari hal ini dan terpaku pada strategi yang telah lama dijalani selama penjualan produk masih berada pada zona aman.

Selain itu, disadari bersama jika pengadaan sebuah website memerlukan biaya yang tidak sedikit dan ini kerap menjadi kendala tidak tersedianya website pada setiap UMKM.

Tentunya kedua hal di atas menjelma sebagai sesuatu yang dilematis, tetapi masing-masing pihak memiliki pilihan dalam menjalani usahanya dan penting untuk tetap mengetahui arti penting dari kehadiran website pada UMKM. Ini hanya akan menjadi suatu gambaran mengenai pentingnya website yang bisa diterapkan di kemudian hari.

Untuk itu, mari simak ulasan dari pentingnya website bagi UMKM di bawah ini!

Eksistensi dan Kredibilitas Brand

Eksitensi serta kredibilitas brand dapat dilihat dari tersedianya informasi mengenai brand tersebut pada internet. Hal ini bisa dilihat dari munculnya aktivitas pencarian pada laman google dan apabila kata kunci pencarian tersebut sesuai dengan produk yang diprodukei, maka secara otomatis akan muncul pada pencarian.

Pencarian tersebut dilakukan untuk mencari referensi untuk pemenuhan kebutuhan, sehingga pencarian pada laman google difungsikan untuk hal tersebut.

Hal ini menunjukkan jika eksistensi serta kredibilitas sebuah produk dapat ditingkatkan melalui bantuan website karena mendukung untuk mudah ditemukan oleh khalayak.

Membentuk Personalisasi Pelanggan Secara Lebih Spesifik

Keunggulan dari website salah satunya adalah mampu merekam data mengenai siapa saja yang mengunjungi laman website sebuah produk. Hal ini bisa menjadi gambaran untuk bisa melakukan kategorisasi secara spesifik dalam rangka merancang bagaimana seharusnya tampilan personalisasi website.

Kategorisasi tersebut dibuat untuk semakin menciptakan kenyamanan bagi para pengunjung laman website yang mempunyai loyalitas besar. Dari sini bisa ditentukan mengenai strategi apa yang akan dikolaborasikan untuk semakin mendukung produktivitas website. Misalnya, membuat promosi berupa pemotongan harga.

Memperluas Jaringan

Mudahnya pengaksesan laman website pada internet berpotensi menimbulkan perluasan jaringan. Pengaksesan tersebut bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja secara tidak terbatas, sehingga profil produk bisa lebih mudah dikenal secara luas.

Penutup

Kehadiran website bagi UMKM mempermudah terjadinya peningkatan produktivitas dari segi produksi, pemasaran, serta pendapatan hasil. Pengadaan website memang tidak bisa dijangkau dengan mudah oleh tiap pelaku UMKM, namun ada baiknya untuk mengerti serta memahami dari sekarang mengenai pentingnya website untuk seluruh bisnis, baik bisnis skala kecil, menengah, maupun besar.