Dalam berinvestasi, tentunya tiap orang selalu menantikan kapan sekiranya mampu memperoleh keuntungan. Keuntungan dalam berinvestasi terdiri dari berbagai macam tempo, yakni dalam tempo hitungan jam, hari, bulan, bahkan tahun. Segala hal yang berkaitan dengan perolehan keuntungan tersebut berkaitan dengan beberapa faktor seperti kapan waktu pembelian saham, jenis saham apa yang dibeli, serta kapan tepatnya saham tersebut dijual.

1. Hitungan Jam dan Hari

Keuntungan tersingkat yang mampu diperoleh saat berinvestasi saham adalah dalam hitungan jam atau hari, bahkan dalam jangka waktu satu jam sekali pun. Mengapa hal tersebut dapat terjadi? Itu dikarenakan adanya beberapa faktor seperti pembelian saham dilakukan dengan berlandaskan try and error atau mencari peruntungan. Pembelian saham dengan menggunakan taktik try and error ini biasanya dilakukan untuk mencari tahu seberapa besar risiko serta keuntungan yang akan didapatkan jika berinvestasi dalam jangka waktu lama dalam saham tersebut.

Seseorang yang melakukan investasi dalam waktu yang singkat ini disebut sebagai trader. Dalam melakukan investasi perolehan keuntungan jangka pendek perlu untuk memiliki kemampuan yang akurat dan tepat dalam membaca grafik pergerakkan saham, sehingga dapat mengetahui kapan momen yang cocok untuk menjual atau membeli saham.

2. Hitungan Sebulan

Perolehan keuntungan selanjutnya adalah berdasarkan hitungan bulan. Para pemegang saham dapat memperoleh keuntungan dalam hitungan bulan jika kondisi di lapangan memenuhi beberapa ciri, seperti saham yang dibeli memiliki nilai fundamental yang baik, selain itu transaksi penjualan atau pembelian saham harus selalu diimbangi dengan waktu yang tepat. Maksudnya adalah penjualan serta pembelian saham harus disesuaikan dengan situasi serta kondisi terkait bagaimana keadaan harga saham pada pasar modal saat ini. Jika kedua ciri tersebut dapat terlaksana dengan baik maka dapat dipastikan jika keuntungan akan didapatkan dalam hitungan bulan.

3. Hitungan Tahun Atau Lebih

Perolehan keuntungan terakhir adalah berdasarkan hitungan tahun atau lebih. Keuntungan yang diperoleh dalam jangka waktu tahunan atau lebih biasanya diperoleh oleh para pemegang saham yang cenderung pasif. Arti kata pasif di sini adalah pemegang saham tersebut tidak begitu mencermati berbagai hal yang terjadi dalam bursa atau pun pasar modal, seperti tidak intens mengikuti pergerakkan harga saham atau perkembangan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG).

Hal ini tentu bukan menjadi suatu perkara karena tujuan berinvestasi tiap pihak sesungguhnya memiliki perbedaan. Hal terpenting yang harus selalu diingat dalam berinvestasi adalah berusaha mungkin untuk mencari saham yang mempunyai nilai fundamental yang bagus, pelajari pula profil dan catatan perusahaan terbuka dari suatu saham, serta perhatikan pula secara seksama kapan waktu yang tepat untuk menjual atau membeli saham.

Penutup

Itulah tadi penjelasan menarik mengenai kapan keuntungan dalam investasi saham bisa didapatkan. Sesungguhnya, keuntungan yang didapatkan dalam investasi saham bergantung pada 2 hal, yaitu nilai fundamental perusahaan yang baik serta waktu yang dipilih untuk menjual maupun membeli saham. Selain itu, penting pula untuk melakukan riset untuk sekadar mengetahui bagaimana track record atau latar belakang dari perusahaan yang hendak dibeli sahamnya.