Investasi saham merupakan salah satu kegiatan yang membantu kita menyadari arti penting dari menyisihkan uang untuk masa depan atau hari tua. Dengan berinvestasi, secara langsung akan membuat kita lebih bijak dalam mengatur keuangan yang dimiliki dan menyiapkan diri secara lebih awal untuk persiapan segala sesuatu yang kemungkinan besar terjadi di masa depan.

Dengan berinvestasi, nilai uang akan bertambah jumlahnya sehingga ini merupakan salah satu poin penting mengapa investasi itu sangat diperlukan oleh siapapun. Sebelum mulai investasi, tentunya Anda harus menentukan terlebih dahulu saham dari perusahaan mana saja yang hendak dibeli untuk berinvestasi.

Dalam kegiatan berinvestasi, perlu untuk mengetahui sahamsaham mana yang telah terdaftar pada bursa efek. Namun, terdapat suatu istilah yang diberikan kepada sebuah saham yang baru pertama kali ditawarkan dalam bursa efek, yaitu IPO.

Pengertian IPO

IPO atau Initial Public Offering merupakan penawaran terhadap suatu saham secara terbuka dalam pasar saham yang dilakukan untuk pertama kalinya. Saham-saham yang termasuk dalam daftar saham IPO merupakan saham yang statusnya telah berubah menjadi perusahaan terbuka.

Jika suatu saham terdaftar sebagai saham IPO, perusahaan tentunya akan lebih berpotensi untuk mendapatkan sumber dana yang lebih besar dan berguna sebagai modal dalam menjalankan operasional perusahaan. Saham-saham yang dijual dapat dibeli oleh siapa saja karena bersifat terbuka atau go public.

Manfaat IPO Bagi Perusahaan Terbuka

Perusahaan-perusahaan yang telah berganti status menjadi saham IPO secara langsung akan mengubah konsep penerimaan modal yang dipegang oleh perusahaan tersebut. Sumber penerimaan modal tidak lagi dimiliki oleh pihak-pihak internal atau perseorangan dalam perusahaan, melainkan dapat dimiliki oleh masyarakat luas karena status dari perusahaan tersebut telah berganti menjadi perusahaan terbuka.

Terdapat beberapa manfaat yang akan diterima jika suatu perusahaan telah berganti status menjadi perusahaan terbuka. Berikut ini penjabarannya.

1. Penerimaan Sumber Dana Dari Masyarakat Sebagai Modal

Seperti yang telah dijelaskan di atas, sebuah perusahaan terbuka akan mendapatkan penerimaan modal yang lebih besar karena saham yang dimiliki sengaja dijual kepada masyarakat. Hal ini menandakan jika sumber modal tidak lagi didapatkan secara perorangan melainkan berasal dari masyarakat atas penjualan saham yang diterima.

Dengan menjadi perusahaan terbuka, secara otomatis akan membuat terjadinya optimalisasi terhadap kinerja serta operasional dari perusahaan tersebut karena adanya pengurangan terhadap beban modal.

2. Peningkatan Popularitas Perusahaan

Ketika menjadi perusahaan terbuka maka secara otomatis sebuah perusahaan akan lebih dikenal secara luas oleh publik. Mengapa demikian? Karena saham perusahaan akan ditawarkan serta diperjualbelikan pada Bursa Efek Indonesia, sehingga secara otomatis akan mampu meningkatkan popularitas dari perusahaan tersebut. Apalagi jika perusahaan memiliki catatan yang baik dalam dunia bisnis maka akan semakin membuat para pemegang saham memiliki daya tarik terhadap perusahaan tersebut.

3. Pengurangan Beban Biaya Pajak Perusahaan

Salah satu hak istimewa yang didapatkan oleh perusahaan terbuka adalah mendapatkan pengurangan terhadap beban biaya pajak. Perusahaan terbuka akan mendapatkan pengurangan sebesar 5% dari seluruh nilai beban pajak yang ditanggung. Selain itu, perusahaan terbuka pun akan menerima beban wajib pajak penjualan yang lebih rendah daripada perusahaan tertutup. Hal ini tentunya akan semakin meringankan beban perusahaan karena beban biaya yang harus dibayarkan menjadi lebih sedikit.

Keuntungan serta Kelemahan Saham IPO

1. Keunggulan yang dimiliki oleh saham IPO antara lain berpeluang mendapatkan keuntungan tinggi yang diimbangi dengan risiko kerugian yang dapat diminimalisir. Cara untuk meminimalisir hal tersebut adalah dengan membaca situasi secara cermat, seperti mengetahui keadaan pasar saham atau pergerakkan IHSG.

Selain itu, saham IPO akan memperoleh sejumlah keuntungan dari berbagai kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah, salah satunya adalah memberikan pengurangan beban biaya pajak sebanyak 5%. Harga saham IPO pun relatif terjangkau, sehingga akan memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk secara bebas memilih saham apa yang ingin dibeli dan berapa jumlah lot sahamnya.

2. Kelemahan yang dimiliki oleh saham IPO adalah adanya batasan mengenai jumlah saham yang bisa dibeli oleh masyarakat. Meskipun harganya relatif terjangkau tetap di sisi lain terdapat suatu batasan untuk mengatur kepemilikan dari sebuah saham tertentu agar tidak terjadi tindakan penguasaan oleh pihak-pihak tertentu. Kemudian, untuk bisa memiliki suatu saham, Anda harus cukup bersabar terlebih lagi jika saham yang diinginkan tengah banyak diminati.

Penutup

Saham IPO merupakan sahamsaham yang ditawarkan serta diperjualbelikan pertama kali pada Bursa Efek Indonesia. Terdapat beberapa keuntungan serta manfaat yang akan diperoleh oleh perusahaan jika sahamnya terdaftar dalam IPO, antara lain mendapatkan peluang besar untuk memperoleh sumber dana yang dapat menjamin tersedianya modal bagi operasional perusahaan. Selain itu, saham IPO juga akan lebih dikenal oleh masyarakat karena ditawarkan secara bebas dalam bursa efek. Jadi, setelah menyimak penjelasan mengenai saham IPO, sudah siapkah Anda berinvestasi?