Pembalikan tren yang terjadi secara tiba-tiba dan tidak terprediksi merupakan suatu momen yang mampu membuat seorang investor atau trader merasa yakin oleh munculnya harapan positif. Kondisi ini ditandai dengan munculnya tren penurunan dalam pasar, namun beberapa saat kemudian mengalami sebuah kenaikan yang tidak terduga. Hal tersebut justru harus diwaspadai karena bisa jadi suatu pertanda dari adanya bear trap.

Pengertian Bear Trap

Istilah ini merujuk pada suatu pola teknis yang muncul saat saham, kinerja indeks, serta efek lainnya mengirimkan sinyal palsu atas pembalikan tren harga naik. Oleh sebab itu, hal ini memantik adanya dorongan agar melakukan pembelian atau buy untuk mengantisipasi terjadinya pergerakan harga yang tidak terjadi.

Kemungkinan munculnya bear trap perlu diwaspadai karena bisa memberikan efek berupa kerugian besar bagi para investor atau trader. Pasar seolah-olah memberikan sinyal positif terhadap munculnya kenaikan namun sejatinya itu semua hanyalah pembalikan dari tren harga yang tengah menurun.

Oleh sebab itu, kondisi ini kerap disebut sebagai jebakan dan para investor dan trader perlu memperluas wawasan dan jangkauannya saat berinvestasi demi terhindari situasi bear trap.

Dampak Bear Trap

Seperti penjelasan sebelumnya, bear trap merupakan kesalahan identifikasi pemberian informasi terkait pembalikan tren harga yang awalnya naik namun tiba-tiba berubah menjadi turun.

Kondisi ini menciptakan sejumlah efek bagi para investor maupun trader. Berikut ini penjelasannya:

1. Menciptakan kerugian saat short selling

Short selling adalah strategi transaksi perdagangan saham yang dilakukan dengan melakukan spekulasi terhadap penurunan harga saham. Jika umumnya pembelian dilakukan ketika harga saham turun atau relatif murah, maka di kemudian hari saham tersebut dijual untuk mendapatkan keuntungan dikala harganya telah mengalami kenaikan.

Namun, hal tersebut tidak berlaku pada short selling karena biasanya dilakukan dengan menggunakan saham pinjaman dari broker. Saham pinjaman tersebut dijual untuk nantinya dibeli kembali saat harganya murah. Namun, jika hal tersebut malah terjadi sebaliknya maka investor atau trader short selling justru akan mengalami kerugian.

2. Munculnya technical trader

Karena pengaruh kerugian saat melakukan investasi dan terjebak pada bear trap, hal ini memunculkan sejumlah technical trader yang berusaha untuk melakukan identifikasi terhadap berbagai kondisi dalam pasar dengan bermacam-macam metode analisis.

Penggunaan berbagai macam metode analisis berguna sebagai bahan untuk memperkuat prediksi terhadap analisis, sehingga nantinya memperoleh hasil yang terbaik.

Tips Agar Terhindar Dari Bear Trap

1. Trader dan investor harus mampu memahami konsep dan nilai dari manajemen risiko karena hal ini bisa memberikan stimulus untuk semakin memahami mengenai tingkat risiko yang akan diperoleh saat melaksanakan investasi.

2. Melakukan riset analisa mengenai saham tertentu dari berbagai sumber terpercaya untuk bisa mengontrol keputusan saat ingin bertransaksi.

3. Memantau perkembangan harga saham dari berbagai media. Pahami setiap isi dalam media tersebut apalagi jika isi beritanya berkaitan dengan sahamsaham yang diminati atau tengah dipegang

4. Jangan lupa untuk selalu mewaspadai volume aset pada pasar. Apabila harga mengalami perubahan diikuti dengan konsistensi volume, maka hal itu patut untuk diwaspadai.

5. Sebaiknya, jangan mudah panik dan menetapkan keputusan yang dilandasi secara tergesa-gesa karena hal tersebut mampu memberikan pengaruh serta dorongan emosional, sehingga bisa menciptakan kegagalan pengambilan keputusan secara tidak bijak.

Penutup

Seringkali, baik investor maupun trader tidak menyadari suatu masa di mana hal tersebut bisa saja menimbulkan suatu kesalahan dalam menetapkan keputusan investasi. Berada pada kondisi bear trap merupakan hal yang mampu membuat seseorang mengalami kerugian karena terjadinya kesalahan identifikasi terkait pembalikan tren harga saham.

Untuk mengantisipasi hal di atas, lakukannya beberapa tips di atas agar terhindar dari dampak negatif bear trap. Memahami betul mengenai manajemen risiko adalah suatu hal penting karena mampu memberikan pandangan awal terkait bagaimana nantinya menetapkan keputusan secara bijak.