Untuk mulai membangun bisnis hal utama yang mesti dilakukan adalah mencari pendanaan melalui investasi. Biasanya perusahaan merintis bisnisnya dengan cara mencari pendanaan yang tertuju pada istilah yang disebut sebagai modal ventura.

Modal ventura merupakan modal permulaan yang disediakan pemodal ventura atau perusahaan modal ventura. Kedua pihak pemberi modal ventura tersebut dapat berasal dari investor swasta dan lembaga keuangan khusus. Sejak awal, modal ventura memang dikenal sebagai salah satu pendanaan yang banyak dicari oleh pemilik perusahaan baru sebagai awalan untuk memulai menjalankan usahanya. Pemberian modal ventura disinyalir karena perusahaan tersebut dinilai memiliki inovasi serta potensial secara jangka panjang.

Pengertian Modal Ventura

Kata ventura berasal dari istilah asing, yaitu “venture” yang berarti investasi dengan risiko tinggi dengan imbal hasil yang sebanding. Meskipun risiko yang membayangi nilainya sangat tinggi, tetapi jika perencanaan serta operasional perusahaan dilakukan dengan tepat, maka peluang mendapatkan imbal hasil berjangka panjang akan semakin mudah didapatkan.

Salah satu alasan modal ventura dipilih sebagai ladang investasi adalah karena pinjaman dana melalui sektor perbankan dianggap berisiko tinggi pula serta pengajuan pinjaman dana belum tentu berhasil diterima, sehingga modal ventura menjadi solusi bagi perusahaan yang baru merintis bisnis.

Dasar Hukum Modal Ventura

Modal ventura adalah bentuk investasi atau pendanaan usaha yang bersifat legal dan resmi di mata hukum. Adapun dasar-dasar hukum yang menjamin terlaksananya modal ventura secara aman dan terkendali termuat dalam KEPPRES No. 61 Tahun 1998 tentang Lembaga Pembiayaan Ventura serta Keputusan Menteri Keuangan No.125/KMK.013/1998 tentang Ketentuan dan Tata Cara Pelaksanaan Lembaga Pembiayaan.

Dalam Keputusan Menteri Keuangan No.125/KMK.013/1998, disebutkan jika salah satu tujuan diberikannya sumber pembiayaan modal ventura adalah upaya untuk mengelola sumber pembiayaan dan pembangunan oleh lembaga pembiayaan agar mampu menunjang pertumbuhan dan stabilitas ekonomi.

Manfaat Modal Ventura

Beberapa manfaat bisa didapatkan apabila melakukan pinjaman investasi pada modal ventura. Meskipun memiliki risiko tinggi, nyatanya banyak perusahaan rintisan yang terbantu dari adanya peranan modal ventura. Berikut ini penjelasannya!

1. Berpeluang Mengembangkan Potensi Usaha

Dengan modal ventura, peluang adanya peningkatan terhadap potensi usaha semakin jelas karena faktor utama berjalannya bisnis, yaitu modal telah berhasil dihimpun untuk bisa menjalankan operasional perusahaan. Hal ini menjadi pertanda baik karena perusahaan baru memiliki kesempatan dalam mengembangkan bisnisnya, sehingga berpotensi untuk menyediakan sesuatu yang bisa bermanfaat bagi masyarakat melalui sejumlah inovasi.

2. Berkurangnya Beban Operasional

Pemberian modal ventura tidak mewajibkan perusahaan baru agar membayar beban-beban operasional utama, seperti beban utang atau beban bunga pinjaman. Pengurangan beban operasional berdampak pada meningkatnya fokus perusahaan agar semakin gencar mengembangkan usahanya.

3. Adanya Kolaborasi Untuk Mengembangkan Perusahaan

Perusahaan tidak hanya dibantu dari segi pembiayaan modal, tetapi juga manajerisasi untuk mengatur berjalannya perusahaan. Berbeda dengan pemberian investasi berbentuk modal lainnya, pemberi modal ventura juga turut serta membantu pengembangan perusahaan, sehingga bisa berimbas pada kenaikan kredibilitas dan kepercayaan terhadap perusahaan di mata publik karena hal tersebut berguna dalam mendorong produktivitas dan pertumbuhan perusahaan untuk semakin lebih baik lagi.

4. Pemasaran Produk Lebih Efisien

Produksi serta pemasaran produk jasa atau barang bisa dimaksimalkan karena adanya bantuan modal dan manajerisasi dari pemberi modal ventura. Kemudahan memasarkan produk berlangsung lebih mudah karena konektivitas dalam menjangkau pasar semakin mudah diterapkan. Sehingga, manfaat ini memberikan nilai positif begitu luas karena berpengaruh pula pada peningkatan kesejahteraan pihak-pihak yang tergabung di dalamnya.

Penutup

Modal ventura memberikan sejumlah manfaat bagi para perusahaan baru karena berpeluang besar untuk bisa mengembangkan usahanya yang didukung oleh beberapa faktor, seperti tidak adanya beban berupa utang dan bunga pinjaman, dibantunya perusahaan untuk merintis usaha dari segi pengawasan serta kontrol manajerisasi, serta menghasilkan potensi di masa mendatang untuk bisa melakukan ekspansi bisnis dengan menciptakan relasi serta inovasi mutakhir untuk produk jasa atau barang yang diproduksi. Jadi, modal ventura bisa dijadikan referensi pilihan saat ingin memulai bisnis terutama bagi pihak-pihak yang masih kesulitan mengumpulkan modal.