Sebagai seorang pemilik bisnis, menjalankan usaha tentunya membutuhkan perencanaan matang agar bisa membuka peluang dan mengerahkan berbagai strategi sehingga tujuan bisnis bisa tercapai.

Salah tujuan bisnis tidak lain adalah memperoleh keuntungan agar mampu menutupi segala beban biaya produksi sebelumnya.

Oleh karena itu, penting untuk melakukan perhitungan cermat mengenai perbandingan hasil usaha dengan kompetitor lain agar mengetahui seberapa besar keuntungan yang didapatkan.

Pengertian Pangsa Pasar

Menurut Griffith dan Reenen, pangsa pasar atau market share adalah rasio total penjualan perusahaan dibandingkan dengan total penjualan milik kompetitor.

Perhitungan rasio pangsa pasar dilakukan di setiap periode tertentu untuk memberikan analisa perkembangan pasar saat itu.

Selain itu, perhitungan rasio pangsa pasar tidak melulu dilakukan secara nasional, tetapi bisa juga dibagi ke masing-masing wilayah dalam suatu negara karena tingkat kebutuhan serta jenis keperluan dari masyarakat di tiap wilayah mempunyai karakteristik berbeda.

Cara Menghitung Rasio Pangsa Pasar

Lantas, bagaimana cara menghitung rasio pangsa pasar berdasarkan nilai penjualan? Berikut ini penjabaran rumus berserta contohnya, simak baik-baik ya!

Pangsa Pasar Pendapatan = (Nilai Penjualan Perusahaan di Periode X) : (Nilai Total Pasar) × 100%

Contoh kasus:

PT XYZ adalah perusahaan bergerak di bidang penjualan jasa industri barang elektronik dan pada tahun 2020 menghasilkan total penjualan televisi senilai Rp. 250 juta di perusahaan cabang Kota Denpasar.

Adapun nilai pendapat pasar di Kota Denpasar pada tahun 2020 mencapai total Rp. 2 miliar.

Pangsa Pasar Pendapatan = (Nilai Penjualan Perusahaan di Periode X) : (Nilai Total Pasar) × 100%
Pangsa Pasar Pendapatan = (Rp. 250.000.000) : (Rp. 2.000.000.000) x 100%
Pangsa Pasar Pendapatan = 12.5%

Jadi, rasio perhitungan perbandingan pangsa pasar pendapatan PT XYZ adalah senilai 12.5%.

Mengapa Perhitungan Pangsa Pasar Begitu Penting?

1. Memberikan sinyal adanya keuntungan

Dengan menghitung pangsa pasar, perusahaan atau bisnis lainnya menjadi mengetahui seberapa besar perolehan keuntungan serta rasio perbandingan pangsa pasar pendapatannya.

Penilaiannya cukup sederhana, semakin tinggi nilai market share perusahaan, maka semakin besar pula keuntungannya dan berlaku sebaliknya.

2. Sebagai metrik marketer

Metrik adalah ukuran penjualan yang menjadi hal penting dalam suatu pemasaran karena bisa difungsikan sebagai bentuk penilaian strategi pemasaran.

Selain berguna untuk mengetahui nilai pendapatan pada pangsa pasar, ini juga bisa menunjukkan gambaran perbandingan keuntungan penjualan dengan kompetitor.

3. Menciptakan inovasi usaha baru

Setelah mengetahui rasio nilai pendapatan dari pangsa pasar dan perbandingan nilai dengan kompetitor lainnya, perusahaan tentunya akan memikirkan penyebab dan solusi untuk meningkatkan penjualan.

Hal ini bisa dilakukan dengan menciptakan inovasi baru agar bisa menghasilkan produk yang lebih mampu bersaing dengan milik kompetitor.

Tips Meningkatkan Pangsa Pasar

1. Ciptakan Promosi

Ciptakan promosi di momen-momen tertentu untuk menarik atensi konsumen sehingga penjualan produk bisa meningkat. Momen-momen tertentu yang dimaksud adalah hari raya keagamaan, tahun baru, periode gajian, dan sebagainya.

Bentuk promosi bisa dilakukan dengan cara apapun, dimulai dari biaya bebas ongkos kirim (ongkir), potongan harga, voucher, midnight sale, dan sebagainya

2. Pembaruan segmentasi pasar

Memperbarui daftar segmentasi pasar berguna untuk melihat jangkauan konsumen yang akan dijadikan target sasaran.

Semakin luas target sasaran, maka semakin besar peluang untuk mendapatkan konsumen baru dan tentu saja bisa memengaruhi pendapatan perusahaan.

3. Layanan terbaik bagi konsumen

Memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen adalah hal penting karena kualitas produk tidak selalu menjadi hal utama penilaian.

Kualitas pelayanan juga menjadi tolok ukur untuk menilai seberapa besar profesionalitas perusahaan dalam melayani konsumen.

Karena akan menjadi sia-sia apabila produk bisnis mempunyai kualitas baik, tetapi tidak diimbangi dengan standar pelayanannya.

Penutup

Pangsa pasar atau market share adalah indikator yang mempunyai berbagai fungsi bagi keberlangsungan perusahaan.

Melalui perhitungan rasio pangsa pasar, perusahaan bisa mengetahui seberapa besar keuntungan, membandingkan pendapatan dengan kompetitor lain, serta memperoleh informasi seputar persentase pendapatan pangsa pasar.

Selain itu, hal ini juga bernilai untuk mengetahui kemajuan bisnis dari periode awal ke periode selanjutnya, sehingga perusahaan dapat terus berinovasi.