Sebelumnya, kamu pasti sudah pernah mendengar mengenai peran media sosial yang berubah menjadi media pemasaran baik produk / jasa. Tidak bisa dipungkiri, kebiasaan masyarakat yang selalu bermain gadget menjadikan media sosial menjadi saluran pemasaran yang efektif dan juga relatif terjangkau. Ditambah lagi prosedurnya dan persyaratannya yang mudah membuat media sosial menjadi saluran pemasaran yang banyak digandrungi

Fitur-fitur pada Facebook Ads

Sebelumnya, bagi kamu yang ingin tahu secara lebih mendasar mengenai facebook Ads bisa baca artikel ini untuk pendahuluan.

Nah, sebelum buru-buru memasang iklan, kamu perlu mengetahui beberapa fitur yang disediakan oleh Facebook untuk memaksimalkan performa iklanmu:

1. Commerce Manager

Fitur ini mengizinkan kamu untuk mengelola toko online baik dari platform Facebook maupun Instagram. Fitur ini bisa membantu kamu dalam mengelola katalog dan juga melihat aktivitas penjualan.

2. Pengelola Iklan

Fitur yang satu ini berfokus pada Ads management yang dapat membantu kamu mengelola sekaligus mengevaluasi serta menyunting iklanmu di seluruh platform facebook.

3. Campaign Budget Optimization (CBO)

Fitur ini bekerja sesuai namanya, yakni membantu mengatur budget seluruh iklan yang ingin kamu tampilkan. Dengan fitur ini, kamu tidak perlu repot mengurusi biaya iklanmu secara satu per satu. Anggaran yang didistribusikan berdasarkan data real time untuk hasil yang maksimal.

4. Pixel Helper

Fitur ini cukup dikenal dan sangat membantu dalam proses pemasaran. Facebook Pixel merupakan kode yang ditempatkan pada situs web sehingga kamu bisa mengumpulkan data atau mengkonversikannya kepada aksi lain. Semisal untuk setiap pembelian, aka nada tawaran berlangganan dll.

5. Facebook Analytics

Fitur ini bisa juga disebut facebook insights karena dapat menyediakan  wawasan akan iklan yang ditampilkan di Facebook, kamu dapat melihat laporan pengguna secara mendetail dan juga dapat dikustomisasikan sesuai kehendakmu.

6. Audience Insights

Fitur ini menyediakan detail tambahan para audiens yang tidak disediakan oleh Facebook analytics. Fitur ini bisa membantu kamu membangun iklan sesuai dengan segmentasi audiens dan demografi juga selera yang mereka inginkan.

7. Ad Scheduling

Terakhir, fitur ini adalah yang sangat membantu bagi kamu yang kesulitan untuk mengatur jadwal peluncuran iklan. Meskipun hanya akun yang mengaktifkan anggaran seumur hidup saja yang mendapatkan fasilitas ini. Fitur ini dapat membantu kamu untuk membuat jadwal tayang iklan dengan zona waktu audiens ataupun zona waktu dari penjual.

Bagaimana Memasang Iklan di Facebook

Pastikan kamu mempunyai halaman di Facebook sebagai syarat untuk memasang Facebook Ads,

1. Masuk ke Laman Business Suite

2. Klik Facebook Ads Manager (klik ads > ads manager)

3. Pilih menu yang tersedia pada Facebook Ads Manager (Ads, Ad sets, Campaign)

4. Pilih create untuk setiap pilihan yang kamu pilih (campaign > create campaign)

5. Tentukan jadwal posting iklan dan target audiens dan detail lainnya

6. Lakukan pembayaran pada halaman billing > payment activity

7. Pilih opsi pembayaran

8. Lakukan pembayaran

9. Iklan sudah aktif

Bagaimana melihat Iklan yang Sudah Diterbitkan

Nah tentunya, kamu mungkin penasaran kan dimana kita bisa melihat iklan facebook  yang sudah kita luncurkan. Mengutip dari laman facebook sendiri, kamu hanya perlu membuka halaman facebook kamu lalu klik pusat iklan dan pilih pilihan “semua iklan”. Cari postingan iklan yang masih aktif dan klik “lihat hasil”. Mudah bukan?

Penutup

Selain yang dijabarkan diatas, masih banyak fitur dan fasilitas lain yang tidak mimin cantumkan satu per satu. Namun, untuk pemula, maka kamu minimal harus mengetahui mengenai beberapa fitur mendasar guna meningkatkan efektivitas kinerjamu. Nah silahkan mencoba~

Artikel Lainnya oleh Tim editor emiten.com

Startup yang terus berkomitmen tingkatkan kualitas ekosistem pasar modal Indonesia

PT APLIKASI EMITEN INDONESIA