Saat ini, penggunaan strategi pemasaran menggunakan media sosial sedang marak digunakan. Kemudahan serta efisiensi dari strategi pemasaran dengan media sosial menjadi salah satu alasan mengapa metode ini banyak diminati serta digunakan oleh banyak pihak. Untuk mencapai suatu strategi pemasaran yang baik, terdapat beberapa opsi yang dapat dipilih sebagai media dalam mengenalkan sebuah produk kepada masyarakat, salah satunya adalah media sosial WhatsApp yang selanjutnya dikenal sebagai strategi WhatsApp marketing. 

Berdasarkan laporan dari App Annie, WhatsApp dinobatkan sebagai aplikasi pesan digital yang paling populer di seluruh dunia pada tahun 2019 berdasarkan monthly active user (MUA) dan di Indonesia pada tahun yang sama sebanyak 83 persen pengguna internet di Indonesia menggunakan aplikasi WhatsApp. Hal tersebut membuktikan jika Whatsapp menyediakan potensi dan peluang untuk menjalankan bisnis yang baik bagi para pelaku usaha yang didasarkan pada fitur-fitur yang mendukung kelancaran aktifitas pemasaran. Selain itu, dengan aplikasi WhatsApp berbagai bentuk dokumen dan bentuk pesan akan dengan mudah dibagikan secara gratis dengan kelengkapan fitur-fitur yang mudah dilakukan. Untuk itu,para pelaku bisnis sangat perlu untuk memahami dan mengembangkan secara lebih mendalam mengenai strategi pemasaran melalui WhatsApp marketing. 

Apa yang Dimaksud Dengan WhatsApp Marketing?

WhatsApp marketing merupakan kegiatan strategi pemasaran dengan menggunakan aplikasi WhatsApp sebagai wadah dalam menghubungkan antara pelaku usaha dengan konsumen. Aplikasi ini juga telah melalui sebuah perkembangan dan inovasi yang semakin memudahkan pelaku usaha dalam menjalankan bisnisnya dalam menghadirkan produk yang disebut dengan WhatsApp Business. 

Sesungguhnya, implementasi strategi pemasaran melalui metode WhatsApp marketing hampir sama dengan strategi pemasaran yang menggunakan media sosial lainnya, seperti Instagram maupun Facebook. Namun, terdapat beberapa perbedaan diantara ketiga media sosial tersebut, di mana aplikasi WhatsApp merupakan aplikasi pesan digital yang dapat dikatakan bersifat lebih intens dan personal karena menghubungkan 2 orang secara langsung dalam sebuah ruang percakapan. 

Selain itu, WhatsApp bersifat lebih fleksibel karena dalam aplikasi ini kita dapat menggunakan berbagai fitur yang dapat memudahkan aktifitas serta mobilisasi pelaku usaha dalam memasarkan produknya. Jadi, aplikasi WhatsApp dapat dijadikan sebagai pilihan dalam melakukan pemasaran terhadap produk karena memiliki beberapa kelebihan yang tidak dimiliki oleh aplikasi digital lainnya. 

WhatsApp Marketing dalam Meningkatkan Peluang Bisnis

1. Memantau Pergerakan Bisnis

Dengan WhatsApp marketing, bisnis yang dijalankan akan semakin mudah dikontrol dan diawasi. Mengapa demikian? Karena segala bentuk koordinasi tentunya akan difokuskan secara penuh pada aplikasi WhatsApp. Oleh sebab itu, pemantauan, pengawasan, serta kontrol terhadap pergerakkan bisnis dapat sangat mudah dilakukan melalui aplikasi ini. Karena kemudahan itulah banyak pihak yang menggunakan WhatsApp sebagai media dalam memasarkan produk atau kegiatan operasionalisasi bisnis yang dapat memudahkan pekerjaan.

2. Menjangkau Konsumen Secara Lebih Personal

Aplikasi WhatsApp memberikan kemudahan bagi konsumen yang ingin melakukan pembelian terhadap produk yang diinginkannya. Tentu saja hal tersebut akan sangat memudahkan pekerjaan para pelaku bisnis karena permintaan terhadap produk dilakukan secara satu pintu. Jangkauan tersebut memberikan kenyaman antara kedua belah pihak karena WhatsApp memberikan ruang yang dilengkapi dengan fitur-fitur canggih yang akan semakin memudahkan terjadinya interaksi antara pelaku usaha dengan konsumen. Jangkauan yang terjadi bersifat personal, sehingga pelaku usaha dapat dengan mudah memahami segala permintaan atau keluhan yang diungkapkan oleh konsumen.

3. Pemasaran yang Bersifat Efisien

Salah satu fitur WhatsApp yang menarik adalah dapat menyediakan grup percakapan yang dapat diisi dengan kapasitas maksimal sebanyak 100 orang. Hal ini tentu akan semakin memudahkan pelaku usaha dalam memasarkan bisnisnya karena dapat melakukan promosi secara efektif dengan waktu singkat tetapi daya jangkauan konsumen yang menerima promosi produk sifatnya masif. Strategi pemasaran ini memiliki potensi yang besar untuk menerima atensi dari konsumen terhadap suatu promosi produk tertentu karena ruang interaksi bersifat privasi yang membatasi dari segala pengaruh-pengaruh luar.

Tips Berbisnis Menggunakan WhatsApp Marketing

1. Fokus dan Konsisten Pada Target Pasar

Dalam menjalankan sebuah bisnis, Anda perlu untuk melakukan target yang tepat sesuai dengan fokus sasaran yang telah ditentukan. Untuk itu, Anda harus lebih memperhatikan lagi siapa saja pihak yang termasuk dalam daftar sasaran dari usaha Anda. Jika telah berhasil menganalisa dan menemukan garis besar mengenai sasaran pasar, hal selanjutnya yang perlu dilakukan adalah menentukan segala strategi yang dapat menunjang kebutuhan bisnis Anda. Lakukanlah segala konsep yang berkaitan dengan bisnis serta karakteristik dari sasaran pasar. Jangan pernah melakukan strategi yang di dalamnya memuat konsepsi atau nilai-nilai yang berbeda dengan apa yang ada pada bisnis Anda karena hal tersebut akan membuat Anda dinilai tidak konsisten dalam menjalankan sebuah bisnis.

2. Penawaran Produk yang Bersifat Relevan

Tawarkanlah produk-produk dari koleksi bisnis Anda yang relevan dengan target sasaran Anda. Hal tersebut akan membuat Anda terlihat begitu memahami keinginan dan kebutuhan dari konsumen. Hindari untuk menawarkan produk yang sekiranya tidak sesuai dengan karakteristik atau gambaran dari target sasaran karena hal tersebut akan menciptakan situasi tidak nyaman yang dipancarkan oleh konsumen. Selain itu, dalam melakukan penawaran lakukanlah dengan menyisipkan hal-hal yang berkaitan dengan promosi untuk dapat menarik atensi konsumen, sehingga berpotensi untuk membeli produk dalam kuantitas yang lebih banyak atau beragam.

3. Membentuk Citra Positif

Memberikan pelayanan yang baik dapat dilakukan secara sederhana, misalnya membalas pesan konsumen dengan cepat dan tanggap, melayani keluhan konsumen dengan bijak yang diselingi dengan tawaran yang dapat mengembalikan rasa kepercayaan konsumen terhadap bisnis Anda. Selain itu, hal lainnya yang perlu diperhatikan adalah lakukanlah strategi yang dapat memberikan gambaran terkait bisnis Anda yang dapat dilakukan melalui pembuatan logo atau tagline, sehingga bisnis Anda akan semakin mudah diingat oleh para konsumen.

4. Memanfaatkan Fitur Grup WhatsApp Secara Maksimal

Anda dapat mengajak para konsumen untuk bergabung dalam suatu grup untuk lebih mengoptimalkan pertumbuhan bisnis Anda. Ini berguna agar promosi serta penawaran yang Anda berikan dapat dilakukan secara efektif dan efisien karena mudah dilakukan dan selesai dalam waktu yang singkat. Jika Anda berniat untuk meluncurkan produk baru, Anda dapat melakukannya pada grup ini karena secara otomatis akan membuka peluang bisnis secara lebih lebar dan menekan biaya promosi. Untuk memperlancar strategi ini, Anda dapat melakukannya dengan memberikan penawaran menarik seperti memberikan member khusus bagi para konsumen yang bersedia bergabung dalam grup bisnis Anda, sehingga akan semakin mudah bagi Anda untuk dapat memahami tingkat loyalitas konsumen terhadap produk Anda.

 5. Lakukan Promosi dengan Bijak

Promosi dan penawaran memang sangat penting dilakukan, tetapi ada baiknya jika kedua hal tersebut dilakukan dan diatur secara bijak. Terapkanlah strategi soft selling pada bisnis Anda karena pemasaran dilakukan secara tersirat. Jika Anda melakukan praktik pemasaran dengan memfokuskan pada metode hard selling, maka akan membuat Anda terlihat seperti memaksa konsumen untuk membeli produk Anda dan orientasi yang dijalankan hanya seputar mengejar keuntungan, tidak diimbangi dengan menjaga hubungan baik dengan konsumen.

Oleh karena itu, lakukanlah promosi secara bijak karena sesungguhnya promosi dilakukan untuk menciptakan suatu atensi agar konsumen menyadari apa yang dipromosikan, bukan menciptakan peluang negatif untuk membuat pelanggan merasa terganggu.

Kesimpulan

Konsep dari strategi pemasaran yang menggunakan media WhatsApp sesungguhnya hampir sama dengan strategi pemasaran dengan media lainnya. Kunci utama dalam menjalankan sebuah bisnis adalah selalu mengutamakan promosi dan penawaran yang relevan dengan target pasar serta lakukanlah promosi secara bijak agar hubungan yang tercipta sejak lama selalu terjaga. Tidak lupa untuk selalu menanamkan ciri khas bisnis Anda kepada konsumen agar citra serta reputasi yang terbangun mudah diingat dalam jangka panjang.