Untuk bisa mengimplementasikan konsep serta mendorong kemajuan bisnis yang baik untuk mendorong terciptanya pertumbuhan serta produktivitas bisnis tentunya dilakukan dengan serangkaian strategi pemasaran.

Strategi pemasaran memiliki jenis, fungsi, serta fokus sasaran yang berbeda-beda, sehingga pemilik bisnis harus memahami betul apa yang dibutuhkan oleh bisnisnya.

Apabila pengembangan bisnis memerlukan implementasi kompleks, salah satu strategi pemasaran efektif untuk hal tersebut bisa menggunakan strategi holistik.

Strategi holistik memberikan peluang untuk mendorong kemajuan bisnis melalui sejumlah komponen yang terdiri dari pengembangan, desain, penerapan atau implementasi, serta pemasaran.

Strategi ini dirasa efektif dan sesuai karena menggabungkan unsur-unsur penting dalam mendorong terciptanya laju bisnis.

Pengertian Pemasaran Holistik

Pemasaran holistik merupakan konsep pemasaran yang sejak awal menekankan fokusnya pada sesuatu yang dilandasi dengan ide atau kerangka filosofis untuk mengidentifikasi dan menganalisis kebutuhan dan kepentingan bisnis.

Kebutuhan dan kepentingan tersebut berupa pemenuhan dasar keperluan konsumen akan suatu produk sesuai keinginan dan harapannya agar semakin berkembang menjadi sesuatu yang semakin memiliki keberagaman dari sisi nilai guna.

Arah implementasi strategi pemasaran holistik mengambil jangkauan mendasar yang dimulai dari pengembangan rencana secara sistematis, kemudian dilanjutkan oleh desain untuk memperjelas aktivitas pemasaran produk, implementasi, serta kegiatan pemasarannya.

Bisnis jadi lebih tersusun secara apik karena didasari oleh berbagai pertimbangan menyeluruh tanpa membedakannya menjadi bagian-bagian terkecil.

Komponen Pemasaran Holistik

1. Hubungan Pemasaran

Komponen hubungan pemasaran berkaitan dengan menciptakan hubungan secara jangka panjang melalui sejumlah interaksi mendalam agar bisa mempertahankan eksistensi serta memungkinkan perluasan bisnis dalam pasar.

2. Pemasaran Terintegrasi

Sesuai dengan namanya, pemasaran terintegrasi dimaksudkan untuk memperoleh kesatuan agar bisa menciptakan strategi pemasaran serta komunikasi dengan konsumen, sehingga kebutuhan konsumen dapat terpenuhi secara layak.

3. Pemasaran Internal

Komponen satu ini secara khusus membahas mengenai kebijakan internal untuk menyediakan pelatihan kepada seluruh staf agar bisa memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen saat pemasaran berlangsung.

Pelatihan internal terhadap staf ini begitu penting karena staf termasuk aset berharga perusahaan untuk membantu berjalannya bisnis sesuai arah dan pencapaian tujuan.

4. Kinerja Pemasaran

Kinerja pemasaran adalah hal penting lainnya selain pendapatan yang mesti diperhitungkan oleh pemilik bisnis karena kinerja memengaruhi pelaksanaan strategi pemasaran meliputi promosi, penawaran, hingga produk bisnis terjual.

Oleh karena itu, untuk mencapai kinerja pemasaran sesuai target, dipengaruhi juga keahlian perusahaan dalam melatih keterampilan serta kemampuan stafnya.

Langkah-Langkah Menerapkan Pemasaran Holistik

1. Menyusun Anggota Tim Pemasaran

Langkah awal adalah menyusun anggota tim pemasaran, di mana masing-masing tim mempunyai tugas serta kewajibannya yang terdiri dari beberapa individu. Selain itu, perlu ditekankan perihal jalinan hubungan serta komunikasi efektif antar anggota tim agar menimbulkan keselarasan koordinasi dan kuatnya kerja sama tim.

2. Perancangan Konsep dan Alur Pelaksanaan Pemasaran

Perancangan konsep serta alur pelaksanaan pemasaran holistik dirumuskan secara sistematis agar bisa dipraktikkan sejelas mungkin supaya tidak terjadi miskomunikasi saat anggota tim berkoordinasi dan berdampak pada kinerja saat di lapangan.

3. Identifikasi Kebutuhan

Melakukan identifikasi serta pencatatan ulang terhadap kebutuhan apa saja yang diperlukan perusahaan saat strategi pemasaran berlangsung. Hal ini diupayakan untuk mengecek serta memastikan kembali agar terhindar dari segala hal yang bisa menimbulkan kerugian.

4. Evaluasi Kegiatan Pemasaran Holistik

Evaluasi dilakukan pada tahap akhir setelah kegiatan strategi pemasaran holistik selesai dilaksanakan. Diperlukan kepekaan untuk bisa menyadari segala kekurangan dan sesuatu yang dinilai kurang bisa diterapkan pada strategi berikutnya.

Layaknya bentuk evaluasi pada umumnya, diharapkan setelah evaluasi selesai terdapat nilai-nilai yang bisa diambil untuk perubahan di penerapan strategi pada periode selanjutnya.

Penutup

Pemasaran holistik merupakan jenis pemasaran dengan menyediakan bentuk kompleks mengenai konsep serta bagaimana langkah untuk melaksanakan kegiatan pemasaran.

Pemasaran holistik berguna secara efektif untuk memastikan terselesaikannya segala permasalahan serta teratasinya kebutuhan terkait kepentingan sebelum aktivitas pemasaran dilakukan.