Aspek pemasaran merupakan salah satu bagian penting dari keberhasilan suatu perusahaan, khususnya dalam pemetaan pasarnya. Layaknya aspek pemasaran dalam dunia wirausaha, aspek pemasaran juga dimanfaatkan untuk dapat meningkatkan suatu usaha dan dilihat dari bagian pemasarannya. 

Pihak yang berperan menjalankan tugas sebagai manajer pemasaran wajib memahami segala aspek pemasaran tersebut agar dapat mengefektifkan kinerjanya.

5 Aspek Pemasaran Penting dalam Menjalankan Bisnis

Berikut ini merupakan 5 aspek pemasaran yang wajib diperhatikan untuk menjalankan bisnis :

1. Aspek Pemasaran Pada Spesifikasi Produk dan Diferensiasi Produk

Aspek pemasaran pertama adalah spesifikasi lengkap suatu produk. Produk adalah segala sesuatu berupa barang atau jasa yang ditawarkan di pasar dengan tujuan pemenuhan kepuasan serta kebutuhan setiap konsumen.

Segala keputusan berkaitan dengan produk pada aspek pemasaran ini akan meliputi merek, bentuk penawaran fisik, jaminan atau garansi, pengemasan, serta after sales service.

Pengembangan produk ini dapat dilakukan setelah mengetahui kebutuhan dan keinginan pasar.  Jika masalah ini teratasi, keputusan terkait harga, distribusi, dan promosi dapat segera ditentukan.

Tidak hanya itu, suatu produk juga tidak selalu harus berkaitan dengan barang karena produk juga dapat berupa jasa. Nah, jasa ini merupakan tindakan atau pekerjaan yang ditawarkan kepada pihak ketiga dan tidak menyebabkan terjadinya pengalihan kepemilikan.

Untuk menentukan spesifikasi dari produk tersebut dapat dilihat melalui keadaan pasar dengan menganalisis aspek pemasaran lain dan itulah mengapa segmentasi pasar dari suatu produk diperlukan agar penawaran sesuai dengan keinginan pasar. Jika jenis penawaran produk ke pasar berbeda, maka target pasarnya pasti berbeda pula, sehingga ruang lingkupnya hanya dari segi perbedaan dan diferensiasi produk.

Diferensiasi produk merupakan hal mendasar yang wajib untuk dipahami oleh seorang pebisnis untuk menentukan motif-motif pembelian dengan selektif. Adapun komoditas barang yang dijual pasti berbeda jika terdapat beberapa faktor penting sebagai pembeda antara barang milik perusahaan dengan perusahaan lainnya. Berbagai faktor tersebut sangat penting karena dari sini akan tercipta selera yang berbeda-beda untuk setiap pembeli.

Terdapat pula barang lainnya yang secara fisik sulit dibedakan, seperti garam dan gula. Tetapi, kedua produk tersebut dapat dibedakan dengan memberikan kemasan atau merek tidak sama. Umumnya produk seperti ini dapat menghasilkan keuntungan sangat besar jika permintaan melebihi penawaran.

Untuk itu, strategi pemasaran yang dimaksudkan dalam hal ini adalah untuk mendorong permintaan pada batasan penawaran tertentu. Mengapa demikian? Karena pasar yang menjual produk dari komoditas sejenis atau homogen cenderung mengalami kesulitan peningkatan permintaan, sehingga harus mempunyai karakteristik tertentu sebagai pembeda.

Jadi, di sini perusahaan dapat menggunakan strategi yang berbeda dengan memperhatikan spesifikasi produk serta diferensiasi produk, contohnya dengan menciptakan merek baru atau kemasan baru.

2. Aspek Pemasaran Pada Segmentasi Pasar

Aspek analisis pemasaran dalam spesifikasi produk dan diferensiasi produk dilakukan atas dasar pemisahan atau pengutamaan beberapa produk, sehingga segmentasi pasar harus dilakukan berdasarkan kekhususan atau pemisahan calon konsumen pada pasar tersebut.

Tetapi, pasar tersebut bersifat heterogen sehingga akan sulit bagi perusahaan untuk memasarkan produknya tanpa mengetahui segmentasi pasarnya. Dalam kasus seperti ini, perusahaan harus dapat memilih beberapa segmen pasar dan mengalokasikan berbagai sumber untuk segmen pasar tersebut. Arti dari segmentasi pasar dalam hal ini yakni kegiatan mengkategorikan pasar heterogen dari suatu produk menjadi berbagai unit pasar yang homogen.

Jadi, sebuah perusahaan dapat membagi pasar menjadi segmen-segmen tertentu yang masing-masing bersifat homogen. Hal ini tentunya karena pada kenyataannya terdapat beberapa produk yang memiliki sifat heterogen di semua pasar, atau produk tersebut hanya dibutuhkan oleh sebagian kelompok saja, tidak semuanya.

Kemudian, homogenitas di setiap segmen disebabkan oleh diferensiasi cara atau metode pembelian, cara penggunaan produk, alasan mengapa harus membeli, urgensi penggunaannya, tujuan membeli, dan lainnya.

Untuk itu, segmentasi di sini merupakan rangkaian proses komprehensif, di mana perusahaan harus dapat mengamati pembelian dari setiap segmen. Minimal usaha akan lebih ekonomis jika berbagai unit produk dikategorikan hanya untuk beberapa kelompok saja.

Dalam aspek pemasaran dari segmentasi pasar, nantinya manajemen harus memiliki beberapa kriteria tertentu agar dapat menempatkannya pada posisi lebih baik. Masing-masing kriteria tersebut nantinya harus dibuat berdasarkan kapasitasnya.

3. Aspek Pemasaran Pada Analisis Pasar dan Prediksi Permintaan

Analisis aspek pemasaran ini meliputi analisis pasar. Analisis pasar merupakan salah satu langkah penting dan secepatnya harus dilakukan dalam merencanakan strategi yang sejalan dengan keadaan pasar untuk mencari setiap peluang serta mengembangkan bisnis lebih lanjut.

Secara umum analisis ini akan menciptakan pembaruan berupa pemasaran, yakni manfaat yang bisa diperoleh pembeli saat membeli suatu produk.

4. Aspek Pemasaran Pada Analisis Pesaing

Menganalisis pesaing merupakan aspek penting dari studi kelayakan bisnis dengan memainkan peran yang sangat signifikan. Analisis aspek pemasaran ini dapat menjadi aspek yang menentukan. Nah, istilah pesaing berasal dari pihak perusahaan lain yang memproduksi atau memasarkan barang juga jasa serta memiliki kesamaan dengan produk yang kita tawarkan.

Analisis pesaing ini harus dilakukan dengan mengidentifikasi peluang, ancaman, atau masalah strategis lainnya dari perubahan dalam suasana persaingan secara lebih potensial.

Tidak hanya itu, untuk dapat mengidentifikasikan kekuatan dan juga kelemahan pesaing, kita harus pintar-pintar melihat peluang. Melakukan analisis ini dapat dimulai dengan melihat pesaing mana yang sudah ada di pasar lebih dulu serta jangkauan pasarnya sebesar apa. 

Analisis pesaing ini akan menghadirkan dampak ke peningkatan produk atau ke strategi pemasaran yang ditetapkan. Selain itu,  analisis pesaing dilakukan pula untuk mengukur perbedaan milik pesaing, mulai dari segi kualitas, harga produk, penerapan sistem pemasaran, hingga berbagai aspek pemasaran lainnya.

5. Aspek Pemasaran Pada Promosi

Promosi merupakan hal utama pada aspek pemasaran untuk mengelola bisnis. Promosi ini berupa usaha penjual untuk menawarkan barang dagangannya kepada pembeli atau konsumen untuk melakukan pembelian dari penjual.

Promosi merupakan bagian yang sangat penting dalam aspek pemasaran, di mana dengan melakukan promosi penjual dapat memberikan informasi yang luas mengenai produknya, memberikan pengaruh, melakukan tindakan persuasif kepada konsumen, dan pendekatan dengan konsumen untuk produk yang ditawarkan.

Adapun, promosi juga merupakan informasi atau ajakan yang dilakukan secara satu arah guna memberikan arahan bagi seseorang atau kelompok untuk mau melakukan sesuatu yang lebih mengarah ke pertukaran.

Penutup

Singkatnya, trdapat 5 aspek pemasaran, yaitu spesifikasi produk dan diferensiasi produk, segmentasi pasar, peramalan pasar dan peramalan permintaan, analisis pesaing, dan promosi.

Kelima aspek tersebut harus dipahami oleh para pelaku bisnis dan setiap tim pemasaran dalam sebuah perusahaan untuk mencapai tujuan akhir berupa peningkatan pendapatan perusahaan.  Namun, perusahaan juga harus menyimpan pencatatan pendapatan setiap perusahaan secara rapi, tepat dan akurat agar suatu saat nanti bisa membandingkan dan melakukan evaluasi.