Economies Scale atau skala ekonomi merupakan sebuah pengehematan biaya pada suatu perusahaan untuk mengembangkan skala produksinya agar dapat memungkinkan perusahaan dapat memperoleh biaya produksi yang menurun. Dengan ini, produksi dapat menjadi lebih efisien, perusahaan akan lebih menghasilkan total biaya tetap di sebagian besar output.

Adapun, Skala Disekonomi, yakni merupakan keadaan naiknya biaya rata-rata. Pada sebuah grafik, titik balik sebelum biaya rata-rata mengarah ke skala ekonomi atau yang biasa disebut dengan skala efisien minimum. Jika, jumlah output besar, itu artinya biaya tetap per unit rendah. Perusahaan dapat memperoleh penghematan biaya lain pada operasional perusahaan yang membesar.

 

Berikut, Jenis-jenis skala ekonomi yang perlu ada ketahui :

  • Skala Ekonomi Internal

Skala ekonomi internal merupakan jenis skala ekonomi yang sumber penurunan biaya rata-ratanya berawal dari internal perusahaan itu sendiri, Perusahaan besar dapat menggapai skala ekonomi internal karena perusahaan terseput bisa membeli input dengan jumlah yang tidak sedikit, memiliki teknologi yang baik, dan bisa mengakses modal besar yang tidak mahal.

Di dalam skala ekonomi internal, terdapat rincian sumbernya, yakni :

  • Diskon perbelanjaan bahan baku dengan jumlah yang besar

Potongan harga dapat meringankan biaya bahan baku. Sama halnya bagi beberapa input lainnya yakni iklan, peralatan kantor dan lain-lain.

  • Spesialisasi tenaga kerja

yakni untuk dapat bekerja dengan efektif, baiknya perusahaan membagi proses yang rumit menjadi beberapa bagian tugas yang spesifik.

  • Kurva pengalaman

Kurva pengalaman, bukan hanya dapat digunakan perindividu tetapi juga perusahaan. Perusahaan bisa mendapatkan cara yang produktif agar menghasilkan output dengan belajar dan melakukan.

  • Biaya input modal yang menyebar dengan mahal ke sebagian besar output

Biaya mesin setiap unit output bisa menjadi lebih murah saat perusahaan dapat menghasilkan output yang banyak

  • Berinvestasi pada sumber daya manusia

Contohnya Training di mana dengan adanya training dapat mengembangkan keterampilan dan skill karyawan. Tidak hanya itu, dengan ini perusahaan juga dapat meminimalisir kebutuhan tenaga teknis di luar perusahaan.

  • Skala ekonomi Modal

Untuk perusahaan yang besar umumnya mempunyai kelayakan kredit juga akses keuangan yang baik dan dapat diakses dengan biaya yang tidak mahal.

 

  • Skala ekonomi eksternal

Berbeda dengan skala ekonomi internal, skala ekonomi eksternal merupakan sumber penghematan biaya yang berawal dari luar perusahaan dan perusahaan dapat menikmati manfaat penurunan biaya rata-rata.

Berikut sumber skala ekonomi eksternal :

  • Aglomerasi

Sebagian industri atau pabrik yang membuat fasilitas produksi di beberapa wilayah, misalnya bisnis perangkat lunak pada Silicon Valley.

Jika Pemerintah membuat sebuah jaringan transportasi di wilayah tersebut, maka perusahaanpun dapat memiliki penurunan biaya logistik. Seperti dengan sebagian pemasok komponen yang dapat merelokasi operasionalnya dekat dengan wilayah tersebut.

  • Keringanan Pajak

Sering kali perusahaan menetapkan keringanan pajak pada semua industrinya, kemudian penurunan biaya pajak dapat terjadi di semua bagian pada perusahaan.

 

Lalu, apa manfaat dari skala ekonomi?

Perusahaan apapun dapat mengusahakan secepatnya agar dapat meraih skala ekonomi. Penurunan biaya rata-rata akan sangat menunjang keuntungan yang jauh lebih baik. Ini sebabnya, normal saja jika sebagian pemain baru dapat lebih giat untuk mempenetrasi pasar dengan menjual produk tidak mahal dan mengharapkan feedback yang baik.

Dengan ini peningkatan penjual dapat membuat penurunan biaya terhadap skala ekonomi, dan mengimbangi margin keuntungan yang rendah dikarenakan penetapan harga penetrasi yang murah.

 

Sehingga dapat dikatakan bahwa skala ekonomi memiliki banyak manfaat sebagai berikut :

Pertama, Harga yang lebih rendah di mana penurunan biaya setiap unitnya dapat menyanggupkan sebuah perusahaan untuk menwarkan harga yang murah. Bagi konsumen, hal ini dapat mengembangkan jangkauan mereka untuk membeli produk.

Kedua, dapat meningkatkan daya saing dengan biaya yang lebih murah perusahaan dapat memperoleh keunggulan yang baik. Dengan ini, perusahaan lebih siap untuk menurunkan harga saat bertemu dengan pesaing nantinya.

Kemudian juga berdampak bagi variasi produk, yakni perusahaan dapat mengivestasikan keuntungan yang didapat kembali juga dapat meningkatkan sehingga bisa menghasilkan banyak produk yang dapat memenuhi segala permintaan konsumen.

Selanjutnya, dapat menyediakan bisnis pada platform tertentu, dengan penurunan biaya rata-rata yang mengarah ke keuntungan yang banyak maka akan semakin banyak juga profit yang dihasilkan agar dapat menutupi dana ekspansi nantinya.

Terakhir, upah yang tinggi. Para pekerja dapat menawarkan upah yang lebih tinggi dari sebelumnya pada keuntungan perusahaan yang telah meningkat.

 

Apa Penyebab Terjadinya Skala Ekonomi?

Berikut penyebab terjadinya skala ekonomi ;

  • Biaya setiap unit yang rendah dapat berasal dari pesanan yang banyak oleh para pemasok, pembelian iklan yang tidak kecil dan harga yang tidak mahal.
  • Perusahaan dapat membagikan biaya fungsi bisnis ke output dan juga dapat memperoleh biaya tiap unit yang murah.
  • Spesialisasi para pekerja juga teknologi dapat terintegrasi mengembangkan jumlah produksi. Dan kemudian dapat mengembangkan produktivitas dan pihak perusahaan dapat menghasilkan output yang tidak sedikit dengan memakai input yang tidak berbeda.

 

Penyebaran Biaya Fungsi Pada Bisnis

Sebagian biaya rata-rata berawal dari penyebaran biaya fungsi bisnis ke banyak outpu, Hal ini sama halnya dengan keuangan juga sember daya manusia biasanya memberikan sumbangan terhadap perusahaan dengan tetap. Jika output berkembang maka total biaya tidak dapat berubah. Oleh karena itu, ketika membagi-bagikan semua total biaya kepada banyak output dapat menghasilkan biaya tiap unit output yang murah.

Dengan ini, Pengurangan biaya pada biaya unit dapat berlanjut sehingga perusahaan akan semakin berkembang dengan baik. Dan saat meraih titik skala efisien minimum, peningkatan output akan menghasilkan problem baru sehingga akan menambah beban baru yang menyita produktivitas para pekerja.

Setelah penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa Economies of scale merupakan penghematan biaya ketika perusahaan mengembangkan skala produksi. Peningkatan output dapat memngkinkan perusahaan agar dapat memperoleh biaya produksi yang menurun.