Indeks harga adalah pengukuran statistik untuk menggambarkan adanya perubahan tertentu pada harga yang terjadi dari tahun ke tahun. Indeks harga mempunyai peran begitu penting karena mampu menilai adanya suatu perubahan yang mengakibatkan terjadinya penyesuaian terhadap tindakan ekonomi karena menggambarkan secara jelas terkait kemajuan usaha dari segi kenaikan serta penurunan pemasukan, nilai pengeluaran untuk sekali produksi, mengetahui kondisi ekonomi secara global, dan sebagainya. Nah, ketersediaan informasi mengenai indeks harga dapat diakses melalui situs resmi milik Badan Pusat Statistik (BPS).

Manfaat Indeks Harga

1. Mengetahui adanya pengaruh kenaikan harga komoditas tertentu terhadap daya beli konsumen

2. Sebagai indikator untuk mengukur tingkat inflasi yang sedang terjadi

3. Mengukur adanya peningkatan atau kenaikan dari pendapatan masyarakat

4. Untuk mengetahui tingkat pengeluaran biaya produksi

5. Digunakan sebagai pedoman untuk mengetahui daya beli melalui nilai mata uang

Tujuan Indeks Harga

1. Menyediakan gambaran dan juga petunjuk dari keadaan ekonomi yang terjadi secara umum dan sebenarnya

2. Pedoman dalam menetapkan segala bentuk kebijakan

3. Sebagai deflator

4. Pedoman untuk membeli berbagai jenis produk, baik barang maupun jasa

5. Pedoman untuk mengatur mekanisme pemberian gaji terhadap para pekerja

Jenis-Jenis Indeks Harga

1. Indeks Harga Konsumen

Indeks harga konsumen adalah jenis indeks harga yang menunjukkan adanya perubahan harga barang dan jasa yang dibeli dan digunakan oleh konsumen dari waktu ke waktu serta menjadi salah satu indikator dalam menilai serta mengukur terjadinya inflasi di Indonesia. Indeks harga konsumen menampilkan berbagai data perihal harga barang atau jasa yang diperoleh dari berbagai daerah.

2. Indeks Harga Produsen

Indeks harga produsen menampilkan perubahan harga pembelian barang baku untuk produksi oleh para produsen atau pedagang yang pengukurannya ditetapkan berdasarkan harga serta kuantitasnya. Tujuannya adalah agar mengetahui secara pasti bagaimana tingkat pengeluaran produsen, sehingga bisa mengelola modal usaha dengan sebaik-baiknya.

3. Indeks Harga Yang Harus Dibayar Dan Diterima Petani

Indeks harga yang dibayar dan diterima petani adalah jenis indeks harga yang menjadi gambaran untuk mengetahui bagaimana perkembangan harga dari berbagai kebutuhan rumah tangga petani, baik kebutuhan primer (mendasar) hingga kebutuhan terkait pengelolaan usaha tani, meliputi pembelian bibit, pupuk, perawatan mesin, kegiatan panen, dan pasca panen.

4. Indeks Harga Implisit

Indeks implisit merupakan jenis indeks harga yang berfungsi sebagai pedoman dalam membandingkan pertumbuhan ekonomi riil dengan pertumbuhan ekonomi nominal. Perhitungan ini melibatkan produksi barang serta dijadikan sebagai tolok ukur dalam menilai tingkat inflasi dari periode pertama hingga saat ini.

Bagaimanakah Sistem Penyusunan Indeks Harga?

1. Melakukan perumusan tujuan penyusunan indeks harga

Hendaknya untuk melakukan perumusan serta penjelasan mengenai bagaimana kiat-kiat dalam menyusun indeks harga agar bisa dengan jelas mengukur segala perubahan dan membandingkannya dengan variabel-variabel ekonomi yang meliputi taktik pengukuran dan tujuan pengukuran dilakukan.

2. Pemilihan periode dasar

Periode dasar atau dapat disebut juga sebagai tahun dasar, di mana pemilihannya bisa dilakukan saat perekonomian relatif stabil. Hal mendasar yang harus diperhatikan dalam memilih periode dasar adalah jangka waktunya tidak boleh terlalu pendek atau terlalu panjang serta pemilihannya dilakukan berdasarkan adanya suatu kejadian penting.

3. Pemilihan timbangan

Saat membandingkan sebuah barang, perlu untuk memperhatikan faktor harga dan juga faktor kuantitas agar semakin memperjelas hasil dari perbandingan tersebut serta tingkat kepentingannya.

Penutup

Indeks harga adalah indikator penting yang dibutuhkan oleh negara untuk mengetahui tingkat perubahan harga dari waktu ke waktu. Dampak dari perhitungan perubahan ini bertujuan untuk bisa membandingkan dan mengetahui seberapa besar tingkat kenaikan serta pengaruhnya terhadap berbagai sektor. Oleh karena itu, peranan dari indeks harga begitu dibutuhkan untuk mengenali lebih dini berbagai kendala yang timbul dan strategi penyelesaiannya.