Metode sales canvassing merupakan salah satu strategi pemasaran yang paling umum digunakan untuk bisa menjangkau konsumen. Strategi sales canvassing menjangkau konsumen dengan cara mendatanginya secara satu per satu dan melakukan interaksi serta komunikasi untuk mempromosikan atau menawarkan produk bisnis hingga konsumen memiliki ketertarikan terhadap produk tersebut.

Dalam melakukan praktik pemasaran dari pengenalan produk hingga konsumen tertarik dan berminat membeli produk bisnis, diperlukan serangkaian taktik untuk menarik atensi konsumen. Hal tersebut secara general bisa dilakukan dengan mendeskripsikan dengan jelas terkait fungsi dan manfaat produk untuk menciptakan kesan positif di benak konsumen.

Pengertian Sales Canvassing

Canvassing adalah aktifitas pemasaran produk secara langsung dengan melakukan interaksi dan komunikasi kepada sasaran agar produk bisnis laku terjual. Interaksi tersebut bisa dilakukan dengan bertemu secara langsung (door to door), melalui perangkat media komunikasi, seperti telepon dan SMS, atau bantuan media sosial, seperti Facebook, Instagram, dan Email.

Penjualan dengan metode sales canvassing merupakan strategi yang paling umum digunakan karena membuka peluang secara lebar untuk menjangkau konsumen secara langsung melalui serangkaian taktik disertai penggunaan media tertentu. Seseorang yang menjalankan kegiatan sales canvassing ini disebut sebagai canvasser.

Canvasser dituntut untuk memiliki keterampilan komunikasi yang baik agar bisa menawarkan dan meyakinkan konsumen. Selain itu, seorang canvasser juga harus mempunyai pengelolaan mental secara mumpuni karena penawaran produk secara langsung kepada konsumen rentan mengalami penolakan apabila tidak didasari dengan taktik yang membuat konsumen percaya dengan produk tersebut.

Mengapa Harus Metode Sales Canvassing?

1. Mampu Meratakan Kegiatan Distribusi Produk

Metode sales canvassing difungsikan untuk menjamin pemerataan distribusi serta pemerataan produk agar tidak terjadi penumpukan pemasaran di wilayah tertentu karena hal ini bisa berakibat fatal terhadap pengenalan produk yang dikhawatirkan hanya diketahui oleh pihak-pihak tertentu saja. Untuk itu, peran canvasser sangat diperhitungkan karena mampu menawarkan produk secara lebih personal kepada konsumen, sekaligus meningkatkan kepercayaan konsumen karena penjelasan produk dilakukan secara langsung.

2. Memahami Keinginan Konsumen

Dengan metode sales canvassing, canvasser yang berkedudukan sebagai perwakilan perusahaan menjadi lebih mampu memahami keinginan konsumen mengenai kelebihan, kekurangan, hingga masukan yang berguna untuk kemajuan produk dan keberlangsungan bisnis secara general. Mendengarkan segala pernyataan konsumen mampu membuat perusahaan untuk melaksanakan pertimbangan mengenai terciptanya inovasi atau pembaharuan bagi produk bisnis, meskipun perubahan tersebut tidak terjadi secara menyeluruh.

3. Mendorong Persaingan Produk

Sales canvassing mampu mendorong terjadinya persaingan produk pada pasar karena metode yang digunakan menyasar masyarakat secara langsung. Apabila masyarakat telah terbiasa dengan kehadiran produk tersebut dan turut serta menjadi penggunanya maka sudah bisa dipastikan jika produk tersebut mampu bersaing dalam pasar bersama dengan produk-produk pesaing dan serupa lainnya.

Tahapan Kerja Sales Canvassing

1. Pendekatan

Lakukanlah pendekatan kepada sasaran dengan menekankan pengenalan produk secara komprehensif meliputi jenis, manfaat dan kegunaan, serta sesekali menyisipkan penyampaian produk dengan bahasa tubuh yang ramah namun tetap berkesan sopan. Ini bertujuan untuk memberikan kesan mengenai pelayanan efektif, sehingga konsumen merasa lebih yakin untuk membeli produk tersebut.

2. Penjualan

Disaat konsumen telah memutuskan untuk membeli produk bisnis, upayakan untuk tetap memberikan pernyataan-pernyataan untuk semakin meyakinkan konsumen perihal keunggulan dari produk bisnis. Ini merupakan stimulus untuk menghindari keraguan dalam benak konsumen dan semakin meyakinkan mereka jika produk tersebut mampu mengatasi pemenuhan kebutuhan yang dimiliki.

3. Pendekatan Ulang

Istilah pendekatan ulang di sini merujuk pada mendekati konsumen secara berulang dengan menawarkan sejumlah hal yang berkaitan dengan penggunaan produk pasca transaksi pembelian berlangsung. Hal ini berguna sebagai taktik agar peluang terjadinya pembelian ulang di kemudian hari dapat terjadi secara terus menerus.

Penutup

Sales canvassing merupakan metode pemasaran mendasar karena melakukan pendekatan untuk menarik konsumen melalui sejumlah interaksi dan komunikasi, baik melalui media atau tanpa media. Jika sales canvassing dilakukan dengan mengkombinasikan peran media, biasanya media-media tersebut terdiri dari Facebook, Instagram, email, dan sebagainya. Pada intinya adalah seorang canvasser harus mampu menyampaikan informasi sebaik mungkin mengenai produk yang dijual agar mampu meyakinkan konsumen mengenai kelebihan serta manfaat produk secara signifikan.