Istilah brand dan merek kerap kali disalahartikan hingga membuat sebagian besar pihak sulit membedakan apa sebenarnya perbedaan brand dengan merek.

Secara sederhana, brand diartikan sebagai suatu hal yang memiliki nilai lebih yang berhubungan dengan pengalaman seseorang saat menggunakan suatu produk.

Lalu, pengertian dari merek dapat diartikan sebagai sebutan nama yang disematkan pada sebuah produk. Merek lebih terfokus secara general karena berfungsi untuk menyebutkan produk saja dan juga agar lebih mudah mencari tahu serta membedakan produk tersebut dengan produk lainnya.

Penjelasan selengkapnya mengenai brand dan merek akan diulas di bawah ini!

Pengertian Brand dan Merek

Brand secara mendalam dapat didefinisikan sebagai sesuatu yang spesifik serta tidak hanya terbatas pada nama sebutan untuk sebuah produk semata. Dalam brand, terdapat suatu nilai esensial, di mana hal tersebut bermakna sebagai penghubung antara produk dengan konsumen. Maksudnya adalah melalui brand, produk akan lebih dikenal karena karakteristik serta ciri khas yang berkembang dalam masyarakat.

Hal tersebut terbentuk dari serangkaian pengalaman yang diberikan kepada konsumen dan begitu pula sebaliknya. Jika pelaku bisnis menempatkan produk dengan sejumlah pelayanan positif maka, pandangan serta gambaran atas produk secara jelas lebih cenderung ke arah penilaian positif.

Sedangkan jika pelayanan produk dilakukan dengan kurang baik, maka konsumen akan lebih cepat menilai dan menyimpan pengalaman kurang baik tersebut. Atas dasar penggambaran mengenai penilaian produk itulah istilah brand hadir.

Merek merupakan istilah dan sebutan yang diberikan kepada sebuah produk agar lebih mudah mengingatnya. Sederhananya, merek merupakan sebuah nama yang diberikan kepada produk yang terdaftar secara resmi. Merek berbeda dengan brand tetapi menjadi kesatuan identitas untuk produk.

Pentingnya Brand Bagi Merek

Merek sesungguhnya hanya sebuah nama yang disematkan pada produk. Saat produk pertama kali ditawarkan pada pasar, produk tersebut tentunya belum memiliki gambaran secara spesifik atas brand. Di sini brand berperan penting sebagai bentuk penggambaran produk saat dilihat oleh masyarakat.

Brand dibentuk agar menciptakan sesuatu yang bisa diingat dalam jangka waktu lama untuk membentuk loyalitas. Jika proses tersebut berjalan dengan baik maka akan sangat memungkinkan bertahan dalam persaingan antar produk serupa.

Yang terpenting adalah bangun suasana positif saat produk mulai ditawarkan dalam pasar. Tahapan tersebut memang membutuhkan waktu tidak sedikit karena usaha yang dikeluarkan bertujuan agar bisa mendapatkan perhatian, ingatan, serta pengalaman positif dalam benak masyarakat.

Penutup

Brand dan merek merupakan 2 hal penting bagi produk. Brand muncul sebagai upaya membangun penggambaran positif terhadap produk agar dikenal dengan baik oleh masyarakat, sedangkan merek berfungsi untuk menamai produk yang terdaftar secara resmi. Sebagai permulaan, penting untuk mengetahui perbedaan mendasar dari brand serta merek karena 2 hal ini sesungguhnya tidak sama karena memiliki fungsi serta manfaat yang berbeda.