Dewasa ini, memiliki simpanan jangka panjang sangat diperlukan agar semakin siap menghadapi berbagai situasi yang tidak pasti di masa depan. Memiliki simpanan dalam jangka pendek dirasa kurang cukup karena biasanya dana yang kita simpan lebih cepat masa habis pakainya akibat digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-sehari yang sifatnya jangka pendek.

Salah satu cara tepat yang bisa dilakukan untuk untuk bisa menyimpan dana secara jangka panjang adalah dengan berinvestasi dalam pasar modal. Instrumen finansial yang ada di pasar modal beragam, misalnya saham, reksadana, obligasi atau surat utang, dan juga tersedia pula instrumen berbentuk syariah.

Terdapat beberapa keuntungan yang didapatkan jika melakukan investasi pada pasar modal, diantaranya adalah penyimpanan dana bisa dilakukan secara terorganisir karena di beberapa instrumen finansial pada pasar modal, tidak memberlakukan aturan penarikan modal yang terjadi secara tiba-tiba karena telah disesuaikan dengan kesepakatan terdahulu sebelum adanya persetujuan antara kedua belah pihak.

Ada berbagai manfaat yang bisa kita dapatkan dari melakukan kegiatan investasi. Berikut ini penjelasannya:

1. Menghindari Kemungkinan Terjadinya Inflasi

Manfaat pertama dari berinvestasi adalah sangat memungkinkan untuk terhindar dari inflasi. Inflasi memang akan pasti terjadi tiap tahunnya, namun dengan berinvestasi kita turut serta mengurangi potensi terjadinya inflasi karena uang tersimpan dalam jangka waktu lama, sehingga peredarannya pun ikut berkurang.

2. Bertambahnya Penghasilan

Keuntungan yang diperoleh dari berinvestasi bisa dialokasikan dan menjadi bagian dari penghasilan. Penghasilan kita akan bertambah karena investasi memberikan keuntungan berupa bunga simpanan yang bisa kita manfaatkan.

3. Nilai Uang yang Dimiliki Akan Bertambah

Berbeda dengan sistem menabung pada bank, jika kita berinvestasi maka kita akan dapat melakukan pengelolaan uang secara tepat sehingga mampu meningkatkan nilai dari uang tersebut apalagi jika pilihan investasi berlangsung dengan jangka waktu yang lama.

Jumlah uang yang tersimpan seiring berjalannya waktu akan terus bertambah dari segi kuantitas karena adanya perolehan keuntungan dari dana yang diinvestasikan.

4. Persiapan Jangka Panjang Untuk Masa Depan

Salah satu hal yang patut dipersiapkan dari sekarang adalah kesiapan kita dalam memenuhi segala kebutuhan dan kepentingan untuk masa depan nanti yang sifatnya serba tidak pasti.

Dengan berinvestasi, kita akan merasakan dampaknya secara langsung di masa depan untuk menghadapi berbagai kendala yang tidak mampu diprediksi. Oleh sebab itu, penting untuk melakukan investasi demi kelangsungan hidup di masa depan.

5. Meningkatkan Pemenuhan Finansial

Peluang untuk mencapai pemenuhan finansial dapat kita raih jika melakukan investasi sedini mungkin. Hal ini bisa terjadi karena dengan pemenuhan finansial secara berkelanjutan turut mendorong terjadinya kebabasan finansial atau financial freedom yang semakin memudahkan Anda dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari, baik primer maupun sekunder.

6. Bertanggung Jawab Dalam Mengambil Keputusan

Saat berinvestasi, Anda akan dihadapi oleh 2 kondisi, yakni untung dan rugi. Meskipun investasi dinilai positif untuk menyimpan dana secara jangka panjang tetapi tetap saja memuat sejumlah risiko yang tingkatnya berbeda-beda karena bergantung dari jenis instrumen finansial apa yang kita pilih.

Berinvestasi memang berisiko tinggi namun bisa memberikan keuntungan signifikan jika dilakukan dengan tepat. Maksud dari kata tepat di sini adalah bisa mengelola keuangan secara bijak dan menganalisa potensi kerugian yang sekiranya akan didapatkan.

Oleh sebab itu, berinvestasi mampu memberikan berbagai bentuk pengalaman berharga yang berguna sebagai bahan untuk melatih emosional dan sikap kita dalam menentukan keputusan yang akan diambil. Kontrol terhadap emosional dan sikap sejatinya memang sulit dilakukan karena realitas dan ekspektasi yang diharapkan seringkali tidak sama.

Selain itu, melalui investasi kita juga bisa untuk lebih peka dan berani untuk mengambil keputusan, namun pengambilan keputusan tersebut harus diterapkan secara matang serta dilandasi berbagai perkiraan serta analisa yang nantinya bisa memperkecil tingkat kerugian.

Penutup

Begitu banyak manfaat yang bisa diambil saat melakukan investasi. Namun, perlu diingat jika dibalik potensi keuntungan yang baik terdapat kerugian serta risiko yang tinggi pula. Hal tersebut terjadi dikarenakan semakin tinggi keuntungan investasi yang mungkin diraih maka semakin tinggi pula tingkat risikonya.

Intinya adalah bijak dalam mengelola keuangan dan juga bertanggung jawab dalam mengambil tiap keputusan. Selamat berinvestasi!