Strategi blue ocean merupakan strategi pemasaran yang bertujuan untuk merancang serta memperoleh target pasar yang potensial. Tujuan utama dalam pengembangan bisnis melalui strategi ini memang mengutamakan target pasar karena strategi ini diperuntukkan bagi industri baru yang belum memiliki relevansi terkait perbandingan dengan jenis produk yang ditawarkan. Oleh sebab itu, strategi blue ocean memberikan perhitungan dasar terkait bagaimana menjalankan bisnis agar memunculkan permintaan baru yang sesuai dengan target pasar yang bersifat potensial.

Untuk mendukung terlaksananya pemasaran yang baik melalui strategi blue ocean, pemilik bisnis harus memahami betul bagaimana mengimplementasikan produk ke dalam inovasi baru yang sifatnya unik serta memiliki nilai yang bermanfaat bagi masyarakat. Kuncinya adalah bagaimana para pemilik bisnis mampu mengemas dan menyajikan produk tersebut, sehingga memiliki karakteristik serta nilai minat yang cukup tinggi.

Industri-industri besar beberapa diantaranya memiliki rekam jejak positif yang berhasil menerapkan strategi blue ocean dalam operasional bisnisnya, misalnya Gojek. Gojek merupakan perusahaan industri yang bergerak dalam bidang jasa transportasi, di mana kehadiran Gojek di tengah masyarakat telah berhasil menciptakan peluang bisnis yang menguntungkan dan secara langsung berdampak pada pengurangan beban atau permasalahan yang berkaitan dengan jasa transportasi online.

Kelebihan dan Kekurangan Strategi Blue Ocean

Adapun beberapa yang menjadi kelebihan dan kekurangan strategi blue ocean adalah penetapan harga jual yang sama sekali tidak dipengaruhi oleh kompetitor, sehingga mampu menciptakan peningkatan dalam mutu serta kualitas produksi dari produk, baik itu berupa barang atau jasa dalam suatu perusahaan.

Selain itu, strategi blue ocean tidak terdampak dengan kehadiran kompetitor karena produk bisnis yang dimiliki bersifat unik serta futuristik. Hal tersebut juga berkaitan dalam memengaruhi keadaan pasar, sehingga dapat menciptakan pangsa pasar yang potensial karena nilai permintaan produk yang terus tumbuh. Kelebihan lainnya yang dimiliki oleh strategi blue ocean adalah produk yang ditawarkan memiliki nilai kebermanfaatan yang sangat baik bagi banyak orang karena umumnya memiliki nilai-nilai inovasi yang dipadukan dengan kebaruan keadaan jaman berupa teknologi.

Adapun kekurangan utama yang dimiliki oleh strategi blue ocean adalah kesulitan dalam menentukan serta menemukan ide bisnis yang sesuai dan bersifat futuristik. Pelaku bisnis juga didorong untuk mempelajari keadaan pasar dengan baik karena beban, tanggung jawab, serta risiko yang dihadapi cukup besar apalagi pada saat fase awal bisnis dibuka. Permasalahan yang muncul bisa saja produk yang ditawarkan terlalu rumit untuk dimengerti penggunaannya, sehingga penting untuk merancang konsep produk agar bernilai inovatif dan futuristik, tetapi sederhana dalam penggunaannya.

Prinsip-prinsip dalam Strategi Blue Ocean

1. Pengembangan

Prinsip ini memberikan penekanan agar pelaku bisnis memikirkan hal-hal mendasar terlebih dahulu saat mulai merancang strategi untuk menjangkau pasar. Hal yang harus diperhatikan misalnya mengacu pada harga, tingkat kualitas, serta segmentasi dan target pasar yang diinginkan.

2. Selektif

Prinsip ini memberikan penekanan agar pelaku bisnis menerapkan langkah yang selektif dalam memikirkan kajian terkait produk serta pelayanan internal dalam perusahaan. Anda harus mengetahui hal mana saja yang bersifat penting serta esensial sehingga nantinya akan memprioritaskan hal tersebut sebagai kepentingan utama dalam operasional di masa tertentu.

3. Pengurangan

Prinsip ini memberikan penekanan agar pelaku bisnis bisa membedakan bagian mana saja yang tidak menunjukkan sisi yang dapat menunjang terciptanya sebuah produk, maka bagian tersebut dapat dihapuskan atau dikurangi porsinya. Penghapusan serta pengurangan tersebut harus dipikirkan secara matang dan menyesuaikan dengan kondisi internal dan eksternal bisnis yang Anda jalankan.

4. Menciptakan

Prinsip ini memberikan penekanan agar pelaku bisnis terdorong untuk menciptakan serta mengkreasikan inovasi baru dalam mengkaji, merancang, serta menciptakan produk semakin lebih baik. Dalam prinsip ini pula para pelaku bisnis diharapkan untuk mampu memikirkan bagaimana konsep mendasar dari lini produk yang hendak diciptakan.

Penutup

Strategi blue ocean dapat dijadikan referensi dalam memasarkan dan menawarkan produk bisnis yang Anda miliki karena pada dasarnya memang mengusung konsep yang berkaitan dengan nilai kebaruan atau inovatif. Untuk itu, jika Anda tertarik untuk menciptakan produk bisnis yang berguna bagi masyarakat luas, Anda harus memikirkan dengan bagaimana konsep, perancangan, serta gambaran kasar dari produk Anda yang didukung oleh ketersediaan sumber daya yang mumpuni. Selain itu, perlu untuk menciptakan skenario atau perencanaan bisnis lain sebagai bentuk kewaspadaan karena beban, risiko, serta tanggung jawab dari strategi bisnis ini cukup besar.