Secara sederhana, digital marketing merupakan strategi yang digunakan untuk memasarkan sebuah produk melalui platform digital. Saat ini penggunaan digital marketing telah banyak digunakan karena terjadinya penyesuaian terhadap perkembangan zaman, di mana internet sebagai bagian dari inovasi teknologi yang kehadirannya mampu dalam mengefektifkan segala aktifitas manusia secara lebih fleksibel. Sama seperti strategi marketing lainnya, digital marketing memiliki peran dalam menghubungkan pelaku bisnis dengan sasaran atau target pasar dengan waktu yang relatif singkat serta daya jangkauan yang luas.

Pengertian Digital Marketing

Digital marketing dapat diartikan sebagai teknik-teknik promosi untuk suatu produk, baik itu jasa maupun barang, di mana dalam praktiknya digital marketing memanfaatkan media digital sebagai sarana dalam berkegiatan. Digital marketing merupakan strategi yang sangat cocok digunakan di masa sekarang karena terintegrasi dengan perkembangan teknologi yang semakin hari semakin menunjukkan arah perkembangan yang positif.

Strategi digital marketing dapat dikatakan sebagai perwujudan strategi pemasaran masa kini yang jika dilihat dari segi kebermanfaatannya lebih bisa menyesuaikan dengan berbagai kondisi. Misalnya, kondisi saat ini yang masih mengalami hambatan akibat kemunculan pandemi yang membuat sebagian besar sektor industri mengalami kendala yang berujung pada menurunnya minat beli dan nilai penjualan atas produk yang ditawarkan. Oleh sebab itu, kehadiran digital marketing sangat membantu para pelaku usaha karena bernilai efisien tinggi.

Terdapat suatu kelebihan unik yang dimiliki oleh digital marketing, yaitu memiliki nilai-nilai yang dapat diukur serta dapat diprediksi. Saat ini, media digital seperti halnya media sosial, telah dilengkapi dengan fitur-fitur canggih yang dapat memudahkan pekerjaan serta mobilisasi penggunanya. Salah satu fitur canggih tersebut dikenal dengan sebutan insight.

Insight berperan sebagai alat ukur dalam analisis data-data yang berkaitan dengan segala kegiatan promosi yang ada pada sebuah akun. Analisis data dari insight menampilkan data yang meliputi demografi sebagai bagian dari segmentasi atas konten yang dipublikasi pada sebuah akun. Fitur insight memang dikhususkan untuk akun-akun bisnis dan tentunya sangat membantu dalam memprediksi maupun menyusun target perencanaan sebuah bisnis kedepannya karena telah memiliki gambaran terkait apa saja kekurangan maupun kelebihan saat sebuah bisnis dijalankan.

Strategi dalam Memaksimalkan Kegiatan Digital Marketing

Untuk memaksimalkan kegiatan digital marketing, terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan agar proses promosi serta pemasaran dapat menciptakan hasil yang positif. Strategi yang akan dijelaskan nanti memuat konsep yang berkaitan dengan segala hal mengenai digital marketing yang meliputi konten hingga tahapan untuk mengoptimalkan nilai-nilai dari sebuah konten tersebut untuk memaksimalkan kegiatan digital marketing. Berikut ini penjelasannya:

1. Content Marketing

Content marketing merupakan aspek yang berkaitan dengan penciptaan serta pembuatan sebuah konten. Konten yang diciptakan tidak sepenuhnya harus selalu berkaitan dengan pasar tetapi diperlukan juga untuk mengedepankan konsep serta makna yang bermanfaat dan dapat mengedukasi orang lain.

2. Blogging

Konten juga dapat dibuat pada media blog karena dapat membantu dalam mendatangkan lebih banyak trafik pada situs atau website yang dimiliki. Untuk membuat sebuah konten blog, penting untuk memikirkan topik yang menarik dan tentu saja masih berkaitan dengan produk yang dipromosikan oleh suatu bisnis. Dalam membuat sebuah tulisan pada blog, diperlukan suatu kreatifitas dan melek terhadap situasi terkini karena akan membantu tulisan yang dibuat agar semakin memiliki daya visibilitas yang baik. Selain itu, kehadiran blog akan membuat traffic dari bisnis Anda semakin meningkat.

3. Advertorial

Advertorial atau yang dikenal juga dengan sebutan native advertising merupakan salah satu bentuk dari iklan yang dipublikasi secara online tetapi disajikan secara lebih deskriptif. Salah satu bentuk dari advertorial adalah berupa artikel yang membahas secara general suatu topik tertentu, namun diselipkan dengan sejumlah kalimat yang berkaitan dengan promosi.

4. Pay Per Click (PPC)

Pay Per Click atau PPC merupakan salah satu bentuk iklan, di mana seseorang di mana seseorang yang melakukan pemasangan iklan hanya perlu membayar setiap iklan yang diklik oleh target audiens. Apakah PPC bersifat efektif? Tentu saja efektif karena salah satu kelebihan dari bentuk iklan ini adalah para pemasang iklan dapat melakukan permintaan terkait kategorisasi target audiens secara lebih spesifik, sehingga produk yang diiklankan akan mendapatkan sasaran yang sesuai. Pay per click banyak digunakan pada platform online, seperti Google, Instagram, Facebook, Twitter, dan lain-lain.

5. Search Engine Optimization (SEO)

Search Engine Optimization (SEO) adalah tindakan yang bertujuan untuk mengoptimalkan sebuah website atau situs agar bisa muncul di halaman pertama mesin pencarian. Optimisasi ini dilakukan agar suatu website dapat dinilai dengan baik dan layak untuk ditampilkan pada mesin pencarian teratas. Tindakan ini memang cukup sulit dilakukan karena munculnya persaingan yang ketat antar website, sehingga perlu untuk mengembangkan agar isi website dapat dinilai dengan baik.

6. Social Media Marketing 

Social media marketing merupakan kegiatan yang bertujuan untuk mempromosikan suatu produk yang memanfaatkan berbagai platform dalam media sosial, seperti Instagram atau Facebook. Penggunaan media sosial dalam kegiatan marketing sangat penting, seperti dapat memunculkan brand awareness agar suatu produk keberadaannya dapat diketahui oleh khalayak, lebih mudah untuk mempelajari serta mencari tahu selera khalayak, serta sebagai bentuk optimalisasi kegiatan marketing yang dapat menjangkau khalayak secara lebih masif.

Penutup

Itulah tadi pembahasan mengenai digital marketing serta strategi dari digital marketing yang dapat diimplementasikan dalam memperluas jaringan bisnis Anda. Pada intinya, kunci utama agar strategi yang Anda jalankan bekerja dengan baik, Anda harus memiliki kreatifitas dalam membuat konten marketing serta bagaimana mengemas dan menyajikannya agar menarik dan mendapatkan persepsi atau pandangan positif oleh banyak orang.