Secara konseptual, tagline mengacu pada kalimat yang mengandung kata-kata ringan yang bermakna dalam untuk dapat diingat oleh banyak orang. Tagline umumnya digunakan sebagai bagian dari strategi untuk mempromosikan suatu objek. Tagline dapat diartikan sebagai suatu slogan yang untuk menggambarkan profil dari seseorang, lembaga atau produk bisnis.

Meskipun hanya terdiri dari kata-kata ringan, penyusunan tagline yang menarik akan memiliki dampak yang besar terhadap suatu objek. Sisi positifnya adalah objek tersebut akan mudah diingat oleh seseorang dan reputasi serta citranya secara otomatis akan semakin meningkat. Oleh karena itu, penting untuk menyusun tagline dengan baik dan benar, apalagi jika tagline tersebut berguna bagi promosi sebuah produk untuk menciptakan brand awareness atau sengaja dibuat bagi pihak-pihak yang ingin membentuk personal branding.

Jenis-jenis Tagline

1. Tagline Spesifik

Tagline spesifik merupakan suatu tagline yang bertujuan untuk mengiklankan kata-kata yang dibalut dengan keunggulan atau karakteristik yang secara khusus dimiliki oleh brand tersebut yang nantinya akan menciptakan kesan jika brand tersebut merupakan produk yang memiliki nilai keunggulan paling tinggi diantara produk-produk pesaing.  paling unggul diantara para kompetitor lainnya.

2. Tagline Deskriptif

Tagline deskriptif merupakan suatu tagline yang dapat memberikan penjelasan mengenai suatu objek dan hal tersebut memiliki keunggulan dalam hal pelayanan untuk membuat masyarakat lebih percaya dengan keunggulan dari brand tersebut.

3. Tagline Superlative

Tagline superlatif merupakan suatu tagline yang sesungguhnya memiliki nilai kesamaan dengan tagline spesifik, hanya saja pada tagline dilengkapi dengan konsepsi yang memberikan unsur penegasan melalui kata-kata yang disusun dalam satu tagline.

4. Tagline Provokatif

Tagline provokatif merupakan suatu tagline yang memiliki kata-kata untuk mengajak atau menarik perhatian seseorang untuk melakukan sesuatu. Secara singkat, tagline ini memainkan logika serta emosional seseorang yang membacanya. Pada intinya, tagline tersebut dibuat untuk mengajak seseorang untuk melakukan sesuatu.

Tips Membuat Tagline

1. Membuat Logo Bisnis

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah membuat logo bisnis untuk produk yang hendak dipasarkan. Pembuatan logo tersebut bertujuan untuk  lebih mengenalkan produk perusahaan Anda, sehingga kegiatan promosi akan dapat dilakukan secara maksimal. Oleh karena itu, ciptakanlah logo bisnis yang memiliki nilai, makna, serta filosofi yang kuat karena pada ketiga hal tersebut akan semakin memperkuat strategi pemasaran yang dibangun, sehingga tujuan awal promosi dapat tercapai dengan sebaik-baiknya.

2. Utamakan Konsep yang Unik

Langkah kedua yang dapat dilakukan adalah memberikan sentuhan utama pada konsep yang mengandung nilai-nilai keunikan. Dengan begitu, tagline yang Anda susun akan semakin terlihat mengedepankan serta menekankan gambaran dari produk Anda, berkesan mendalam, serta tidak bertele-tele. Selain itu, penggunaan tagline yang bersifat unik akan membuat produk Anda semakin diingat dan dikenal oleh masyarakat.

3. Menganalisa Segmentasi

Dalam strategi marketing, hal utama yang harus dilakukan sebelum memasarkan sebuah produk adalah melakukan analisa terhadap segmentasi. Pastikan Anda telah mengetahui siapa target segmentasi untuk produk Anda, sehingga dapat lebih menyesuaikan lagi bagaimana konsep serta rancangan dari produk Anda.

4. Sisipkan Kalimat yang Singkat dan Sederhana

Untuk membuat tagline yang menarik, Anda perlu menyisipkan kalimat yang singkat dan sederhana dan tetap memasukkan profil perusahaan. Meskipun begitu, tetap sesuaikan dengan kondisi perusahaan Anda, sehingga dapat menyesuaikan dengan profil dan gambaran perusahaan. Tuangkanlah kreativitas Anda dalam menyusun kata-kata dalam tagline, sehingga dapat menarik atensi masyarakat untuk lebih mengenal produk yang Anda miliki. Perlu diingat juga untuk menghindari plagiasi agar tidak sama dengan tagline produk dari perusahaan lain.

Penutup

Tagline sangat penting bagi keberlangsungan produktifitas perusahaan karena merupakan salah satu strategi dalam melakukan pemasaran. Oleh karena itu, penting untuk membangun gambaran sebuah perusahaan dengan kata-kata yang singkat dan sederhana. Oleh karena itu, bangun dan susunlah kata-kata untuk tagline perusahaan Anda yang baik dan benar agar  produktivitas perusahaan Anda semakin terjamin.