⁸Pengajuan serta transaksi pinjaman online saat ini kian populer karena telah tersajikan dalam bentuk aplikasi, sehingga memudahkan seluruh rangkaian prosesnya. Pengajuan dan pencairan dana menjadi lebih mudah dan cepat, sehingga metode pinjaman online lebih banyak dipilih oleh masyarakat.

Namun, dibalik kemudahan bertransaksi pada pinjaman online, sejumlah pihak yang tidak bertanggung jawab memilih untuk melakukan tindakan merugikan dengan jalan penipuan. Hal tersebut tentunya meresahkan dan membuat masyarakat kesulitan dalam memilih pinjaman online.

Masyarakat harus waspada dengan segala bentuk penipuan berkedok pemberian dana pinjaman online karena pengaruh internet saat ini turut serta dimanfaatkan oleh oknum tidak bertanggung jawab untuk menyebarkan pesan-pesan berisi modus penipuan.

Oleh karena itu, terdapat beberapa tips yang harus masyarakat perhatikan serta terapkan sebelum mengajukan pinjaman online. Berikut ini penjelasannya:

Perusahaan Fintech Terdaftar di OJK

Pastikan jika platform pinjaman online yang hendak dipilih terdaftar secara resmi pada Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Aturan dasar mengenai payung hukum pelaksanaan pinjaman online di Indonesia telah diatur secara resmi pada Peraturan Otoritas Jasa Keuangan No. 77/POJK.01/2016 tentang Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi.

Oleh sebab itu, pastikan aplikasi pinjaman online memuat logo dari OJK pada tiap tampilan, baik pada aplikasi mobile maupun website. Dengan terdaftarnya pinjaman online secara resmi di OJK, maka sudah bisa dipastikan perusahaan tersebut diawasi secara ketat oleh OJK dan sesuai melindungi nasabah sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Selain itu, kita juga bisa melakukan pengecekan daftar perusahaan fintech resmi terdaftar OJK pada lama resmi OJK karena pihak OJK terus memperbarui daftar fintech legal yang berdiri di Indonesia.

Tersedia Layanan Customer Service

Platform pinjaman online yang baik salah satunya didukung oleh ketersediaan layanan customer service. Customer service adalah bentuk pelayanan paling umum serta mendasar karena hal tersebut bisa dimanfaatkan untuk menghubungi pihak fintech atas segala jenis kepentingan dan membutuhkan jawaban yang bersifat responsif.

Apabila aplikasi pinjaman online tidak menyediakan layanan customer service rasanya terlalu mencurigakan karena customer service merupakan layanan paling mendasar yang disediakan oleh perusahaan jasa karena sangat dibutuhkan oleh nasabah.

Mencermati Seluruh Persyaratan

Setelah itu, cermati dan pelajari terlebih dahulu segala persyaratan lengkap dari pinjaman online. Jangan pernah tergiur dengan pinjaman online tanpa agunan karena nasabah harus tetap waspada serta memastikan berbagai kejelasan yang termuat pada persyaratan.

Jangan pernah ragu untuk mempertanyakan segala pertanyaan yang belum dipahami pada persyaratan untuk menjawab segala keraguan, sekaligus bahan pertimbangan untuk tahapan selanjutnya.

Selain itu, perlu diingat bahwa pinjaman online hadir sebagai inovasi dari pengembangan keberlanjutan pinjaman konvensional, jadi segala persyaratan harusnya lebih mudah untuk dipenuhi.

Mengecek Suku Bunga dan Biaya Transparan

Cek suku bunga serta biayanya, apakah bersifat transaparan atau justru sebaliknya. Penting untuk mengetahui informasi mengenai hal tersebut agar bisa memprediksi jumlah dari segala biaya yang dibutuhkan saat proses pengajuan agar bisa membandingkan antara pinjaman online satu dengan pinjaman online lainnya.

Biaya tersebut terdiri dari biaya administrasi, biaya bunga, biaya keterlambatan pembayaran, dan sebagainya.

Lakukan Peminjaman Sesuai Kebutuhan

Alangkah baiknya untuk menyesuaikan jumlah pengajuan pinjaman agar sesuai dengan kebutuhan. Kebutuhan setiap orang pada dasarnya berbeda-beda dan jangan pernah membandingkannya. Untuk itu, fokuslah pada pokok kebutuhan masing-masing agar tidak merasa terbebani dengan jeratan utang pinjaman.

Perhatikan Isi Dari Kontrak Perjanjian

Kontrak perjanjian berfungsi sebagai pengikat selama kerja sama berlangsung. Kontrak perjanjian mempunyai peran penting dalam memberikan pinjaman karena pinjaman online telah memberikan berbagai kemudahan serta prosesnya yang tidak mewajibkan penyertaan agunan.

Sebelum mengirim pengajuan pinjaman, bacalah kontrak pinjaman secara seksama dan pastikan data diri yang tercantum sesuai dengan data diri milik pribadi. Apabila terjadi kesalahan teknis dalam kontrak perjanjian, segera lakukan konfirmasi pada layanan customer service.

Penutup

Pemberian edukasi mengenai tips memilih pinjaman online secara cermat sangat diperlukan bagi masyarakat yang hendak mengajukan pinjaman online. Melakukan pencarian platform pinjaman online harus dilakukan dengan tepat agar terhindar dari kerugian dan tindak penipuan.

Hal paling mendasar yang bisa dilakukan adalah dengan memastikan jika platform pinjaman online telah terdaftar secara resmi dan legal pada OJK. Jika telah terdaftar resmi maka dapat dipastikan jika platform tersebut memang kredibel dan terjamin keamanannya.