Saat memanfaatkan berbagai keunggulan yang tersaji pada internet untuk keperluan publikasi konten yang berkaitan dengan bisnis, salah satu langkah yang bisa dilakukan adalah memanfaatkan strategi SEO (Search Engine Optimization). SEO sejak awal difungsikan sebagai penerapan aspek teknis yang bertujuan untuk memastikan konten berada pada halaman pencarian. Semakin konten berada pada posisi pencarian teratas, maka penerapan SEO dianggap menghasilkan sesuatu yang positif.

Terdapat 2 istilah yang umum digunakan dalam SEO, yakni White Hat SEO serta Black Hat SEO. Kedua istilah dalam dunia SEO ini mempunyai kekurangan serta kelebihannya, namun keduanya memiliki tujuan sama untuk meningkatkan peluang agar konten yang dipublikasi bisa muncul serta berada pada pencarian atas.

White Hat SEO

White Hat SEO merupakan teknik SEO yang menggambarkan praktik dengan langkah-langkah yang sesuai aturan. Oleh karena itu, strategi yang digunakan memerlukan waktu cukup lama tetapi ini sebanding dengan eksistensi website yang mampu bertahan lama jika isi konten serta penerapan SEO berjalan secara maksimal sesuai dengan aturan. Karena meskipun strategi dirasa sudah cukup baik namun hal tersebut menyalahi aturan, maka eksistensi website untuk muncul pada laman pencarian atau bertengger pada posisi teratas, sangat memungkinkan untuk tidak bertahan lama.

Aturan tersebut ditetapkan atas dasar keadilan bagi antar pemilik website serta untuk membangkitkan persaingan kompetitif dengan pengukuran ketersediaan konten menarik dan positif. Strategi SEO yang baik tidak akan seimbang jika tidak diimbangi dengan penyediaan konten-konten bermanfaat serta kaya informasi.

Agar optimalisasi pencarian berjalan sesuai harapan, berikut ini dijelaskan mengenai  pedoman resmi sesuai dengan aturan mesin pencarian layaknya Google, di mana hal tersebut mencakup beberapa poin penting, diantaranya:

– Pertama, jangan sesekali menggunakan strategi penuh kecurangan yang bertujuan untuk menipu pengguna, di mana strategi tersebut sengaja diterapkan untuk meningkatkan peringkat pada mesin pencarian

– Kedua, evaluasi terkait hal apa yang bisa dimuat pada konten, di mana sebaiknya para pemilik website bisa menyatukan unsur-unsur kebaruan (inovatif) dengan kreatifitas untuk menarik atensi pengguna internet. Hal tersebut bisa dilakukan dengan membuat judul konten unik atau pembahasan berkesan pada isi konten.

– Ketiga, cobalah untuk aktif mencari tahu kelebihan serta kekurangan yang masih dimiliki karena dari sana, pemilik website bisa mengetahui satu hal untuk bisa ditonjolkan atau dijadikan ciri khas

– Keempat, lakukanlah publikasi konten dengan kategorisasi jenis serta tidak lupa dilengkapi oleh berbagai faktor pendukung lainnya saat masih memasuki tahapan pra publikasi. Penambahan tag, kategori, dan kata kunci (keyword) merupakan hal sederhana, namun turut serta mendorong terjadinya penilaian positif terhadap hasil pencarian

Black Hat SEO

Istilah Black Hat SEO merupakan strategi SEO yang bersifat kontradiktif dengan White Hat SEO. Jika White Hat SEO menggunakan strategi yang sesuai dengan penerapan aturan pada mesin pencari, beda halnya dengan strategi Black Hat SEO yang memaksa mesin pencari untuk meningkatkan penilaian guna menghasilkan pencarian yang bisa muncul pada bagian atas. Oleh sebab itu, tidak heran jika hasil pemeringkatan dengan Black Hat SEO bisa terjadi dalam waktu singkat.

Adapun teknik yang dilakukan adalah dengan mengatur transparansi kata kunci agar tidak terlihat atau bisa juga pemasangan kata kunci berlebihan pada konten artikel. Meskipun dinilai bisa memperoleh pemeringkatan atas pada hasil pencarian, tetap saja hal itu tidak bertahan lama karena sesungguhnya jika terdapat aktivitas terkait SEO yang menyalahi aturan, cepat atau lambat akan terdeteksi, serta berimbas pada terblokirnya website tersebut dalam pencarian.

Penutup

SEO adalah strategi untuk bisa mendatangkan pengunjung pada laman website, di mana hal ini bertujuan sebagai salah satu upaya agar website berada di urutan teratas saat pencarian berlangsung. Namun, jika SEO dilaksanakan dengan menyalahi aturan maka besar kemungkinannya website tersebut mengalami pemblokiran, sehingga tida muncul pada mesin pencarian.