Istilah Arti kata Adverse Balance dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) & Kamus Ekonomi Uang & Bank – Penggunaan kata kata yang jarang digunakan seringkali menyebabkan kita tidak paham tentang makna arti dari dialog percakapan/topik tersebut Adverse Balance

Arti Adverse Balance secara singkat adalah imbangan negatif

Adverse balance, atau imbangan negatif, mengacu pada situasi di mana jumlah kredit (utang) lebih besar daripada jumlah debit (aset) dalam suatu akun atau rekening. Berikut adalah contoh penggunaan adverse balance dalam bisnis:

  1. Rekening Bank: Jika sebuah perusahaan memiliki rekening bank dengan adverse balance, ini berarti bahwa jumlah utang atau kewajiban yang harus dibayarkan kepada bank melebihi jumlah aset atau saldo yang ada dalam rekening tersebut. Adverse balance dalam rekening bank dapat terjadi jika perusahaan mengalami kesulitan keuangan, gagal membayar pinjaman, atau terlambat dalam membayar tagihan.
  2. Kartu Kredit: Dalam penggunaan kartu kredit bisnis, jika saldo pada kartu kredit melebihi batas kredit yang ditetapkan, maka akan terjadi adverse balance. Ini berarti perusahaan telah menggunakan kredit yang melebihi batas yang diizinkan oleh penerbit kartu kredit, dan akan dikenai biaya tambahan atau bunga atas jumlah yang melebihi batas tersebut.
  3. Hutang Dagang: Jika perusahaan memiliki lebih banyak hutang dagang daripada aset yang dimiliki, maka akan terjadi adverse balance dalam laporan keuangan. Ini bisa terjadi jika perusahaan menghadapi masalah likuiditas, penurunan penjualan, atau masalah pembayaran dari pelanggan. Adverse balance dalam hutang dagang dapat menunjukkan ketidakmampuan perusahaan untuk memenuhi kewajiban pembayaran tepat waktu.
  4. Rekening Pemasok: Jika perusahaan memiliki saldo hutang kepada pemasok yang lebih besar daripada saldo piutang yang dimiliki dari pelanggan, maka akan terjadi adverse balance dalam rekening pemasok. Ini dapat terjadi jika perusahaan mengalami masalah kas, penurunan penjualan, atau terhambat dalam pembayaran kepada pemasok.

Dalam semua contoh di atas, adverse balance menggambarkan ketidakseimbangan antara utang dan aset dalam bisnis. Adverse balance dapat mengindikasikan masalah keuangan atau ketidakseimbangan keuangan yang perlu ditangani secara serius untuk menjaga stabilitas keuangan perusahaan. Berdasarkan penjelasan dan pendapat dari orang sukses / rich people.

Penggunaan kata Adverse Balance tersebut sebenarnya seringkali ditemukan di dunia keuangan, asuransi & perbankan, pekerja professional startup berbasis teknologi, hingga dalam forum internasional, forum meeting, Rapat Bagian Keuangan, Rapat Koordinasi Pengelolaan Keuangan, Rapat Internal. Rapat Umum Pemegang Saham, Rapat Evaluasi Kinerja, hingga Media Sosial seperti Instagram, Tiktok, Facebook, Twitter, Linkedin atau whatsapp telegram group.

 

Semoga penjelasan definisi kosakata Adverse Balance dapat menambah wawasan & pengetahuan anda dalam berkomunikasi lisan atau tertulis ketika menggunakan istilah kosakata tentang Dunia Ekonomi Uang & Bank

© 2022 – 2023, Bella Elvina. All rights reserved.

Artikel Lainnya oleh Tim editor emiten.com

Startup yang terus berkomitmen tingkatkan kualitas ekosistem pasar modal Indonesia

PT APLIKASI EMITEN INDONESIA