Istilah Arti kata credit line dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) & Kamus Ekonomi Uang & Bank – Penggunaan kata kata yang jarang digunakan seringkali menyebabkan kita tidak paham tentang makna arti dari percakapan/topik tersebut credit line

 

Arti credit line scara singkat adalah batas pemberian kredit

Contoh penggunaan credit line dalam bisnis adalah sebagai berikut:

1. Kredit Perdagangan: Sebuah perusahaan dapat mendapatkan credit line dari bank atau pemasoknya untuk membeli barang dagangan. Misalnya, toko ritel dapat memiliki credit line dengan pemasoknya yang memungkinkan mereka untuk memesan barang dengan pembayaran yang ditunda, sehingga mereka dapat menjual barang-barang tersebut terlebih dahulu sebelum harus membayar pemasoknya.

2. Modal Kerja: Bisnis sering menggunakan credit line untuk memenuhi kebutuhan modal kerja. Misalnya, perusahaan mungkin membutuhkan dana tambahan untuk membiayai pengadaan inventaris, membayar gaji karyawan, atau menanggung biaya operasional sehari-hari. Dengan memiliki credit line yang disetujui sebelumnya, mereka dapat dengan mudah mengakses dana tersebut saat dibutuhkan.

3. Ekspansi Bisnis: Ketika bisnis ingin memperluas operasinya, mereka mungkin membutuhkan tambahan modal untuk investasi dalam peralatan, infrastruktur, atau proyek pengembangan. Dalam hal ini, credit line dapat menjadi sumber pendanaan yang fleksibel dan cepat untuk mendukung ekspansi tersebut.

4. Darurat Keuangan: Credit line juga dapat digunakan sebagai cadangan keuangan dalam situasi darurat. Jika bisnis menghadapi masalah keuangan mendadak, seperti penurunan pendapatan atau biaya tak terduga, mereka dapat mengaktifkan credit line untuk mengatasi kebutuhan keuangan mendesak dan menjaga kelancaran operasional.

Penting untuk dicatat bahwa penggunaan credit line harus dikelola dengan hati-hati untuk menghindari penumpukan hutang yang tidak terkendali. Bisnis perlu mempertimbangkan kondisi keuangan mereka secara cermat dan memastikan bahwa mereka dapat membayar kembali kredit yang digunakan sesuai dengan persyaratan yang disepakati.

Perlu diketahui bahwa Penggunaan kata credit line tersebut sebenarnya seringkali ditemukan di Industri keuangan & perbankan, pekerja professional startup berbasis teknologi, hingga dalam forum forum meeting internasional, Rapat Bagian Keuangan, Rapat Koordinasi Pengelolaan Keuangan, Rapat Internal Perusahaan. Rapat Umum Pemegang Saham, Rapat Evaluasi Kinerja Perusahaan, hingga Obrolan Media Sosial seperti Instagram, Tiktok, Facebook Group, Twitter, Linkedin atau whatsapp telegram group.

 

Semoga penjelasan definisi kosakata credit line dapat menambah wawasan & pengetahuan anda dalam berkomunikasi.

© 2022 – 2023, Bella Elvina. All rights reserved.

Artikel Lainnya oleh Tim editor emiten.com

Startup yang terus berkomitmen tingkatkan kualitas ekosistem pasar modal Indonesia

PT APLIKASI EMITEN INDONESIA