Istilah Arti kata Embezzlement dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) & Kamus Ekonomi Uang & Bank – Penggunaan kata kata yang jarang digunakan seringkali menyebabkan kita tidak paham tentang makna arti dari percakapan/topik tersebut Embezzlement

 

Arti Embezzlement secara singkat adalah Penggelapan

Embezzlement atau Penggelapan merujuk pada tindakan seseorang yang secara ilegal mengambil atau mengalihkan dana atau aset perusahaan untuk keuntungan pribadi. Penggunaan Embezzlement terkait dengan tindakan penyalahgunaan kepercayaan dan kekuasaan yang dapat merugikan perusahaan. Berikut adalah penggunaan Embezzlement:

  1. Penggelapan Keuangan: Salah satu contoh paling umum penggunaan Embezzlement dalam bisnis adalah ketika seorang karyawan yang bertanggung jawab atas keuangan perusahaan memanipulasi atau memindahkan dana secara tidak sah untuk keuntungan pribadi. Misalnya, karyawan yang memiliki akses ke rekening perusahaan dapat melakukan transfer uang ke rekening pribadi atau memanipulasi catatan keuangan untuk menyembunyikan tindakan tersebut.
  2. Penggelapan Aset: Penggelapan juga dapat terjadi dalam bentuk pengambilan atau pengalihan aset perusahaan secara tidak sah oleh karyawan atau individu yang memiliki akses ke aset tersebut. Contohnya adalah ketika karyawan mengambil barang atau inventaris perusahaan untuk keuntungan pribadi, menjualnya, atau menggunakan aset perusahaan tanpa otorisasi yang sah.
  3. Manipulasi Dokumen: Embezzlement juga dapat terjadi melalui manipulasi dokumen atau catatan perusahaan. Misalnya, karyawan yang bertanggung jawab atas administrasi atau pelaporan dapat memanipulasi faktur, laporan keuangan, atau dokumentasi lainnya untuk menyembunyikan tindakan penggelapan yang dilakukan.
  4. Penyalahgunaan Dana Investasi: Dalam beberapa kasus, penggelapan juga dapat terjadi dalam konteks investasi atau pengelolaan dana perusahaan. Contohnya adalah ketika seorang manajer investasi atau keuangan menggunakan dana investasi perusahaan untuk kegiatan yang tidak sah atau tidak terkait dengan tujuan investasi yang seharusnya.

Penggunaan Embezzlement dalam bisnis menunjukkan tindakan ilegal dan melanggar kepercayaan yang merugikan perusahaan. Untuk mencegah dan mengurangi risiko Embezzlement, perusahaan harus menerapkan kontrol internal yang ketat, mengadopsi praktik akuntansi yang transparan, serta melakukan audit dan pemantauan yang rutin terhadap aset dan keuangan perusahaan. Berdasarkan penjelasan dan pendapat dari orang sukses / rich people.

Perlu diketahui bahwa Penggunaan kata Embezzlement tersebut sebenarnya seringkali ditemukan di Industri keuangan & perbankan, pekerja professional startup berbasis teknologi, hingga dalam forum forum meeting internasional, Rapat Bagian Keuangan, Rapat Koordinasi Pengelolaan Keuangan, Rapat Internal Perusahaan. Rapat Umum Pemegang Saham, Rapat Evaluasi Kinerja Perusahaan, hingga Obrolan Media Sosial seperti Instagram, Tiktok, Facebook Group, Twitter, Linkedin atau whatsapp telegram group.

 

Semoga penjelasan definisi kosakata Embezzlement dapat menambah wawasan & pengetahuan anda dalam berkomunikasi.

© 2022 – 2023, Bella Elvina. All rights reserved.

Artikel Lainnya oleh Tim editor emiten.com

Startup yang terus berkomitmen tingkatkan kualitas ekosistem pasar modal Indonesia

PT APLIKASI EMITEN INDONESIA