Istilah Arti kata Emolument dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) & Kamus Ekonomi Uang & Bank – Penggunaan kata kata yang jarang digunakan seringkali menyebabkan kita tidak paham tentang makna arti dari percakapan/topik tersebut Emolument

 

Arti Emolument secara singkat adalah Pembayaran

Emolument atau Pembayaran merujuk pada kompensasi atau penggajian yang diterima seseorang sebagai imbalan atas pekerjaan atau jasa yang mereka berikan. penggunaan Emolument berhubungan dengan pembayaran yang diterima oleh individu atau karyawan. Berikut adalah penggunaan Emolument:

  1. Gaji: Gaji adalah salah satu bentuk emolument yang paling umum dalam bisnis. Gaji merupakan pembayaran tetap yang diberikan kepada karyawan sebagai imbalan atas pekerjaan dan kontribusinya dalam organisasi. Gaji dapat ditetapkan berdasarkan faktor-faktor seperti tingkat keterampilan, pengalaman, tanggung jawab, dan peran pekerjaan yang diemban.
  2. Bonus: Bonus adalah bentuk emolument tambahan yang diberikan kepada karyawan sebagai penghargaan atas pencapaian target atau kinerja yang luar biasa. Bonus biasanya diberikan di luar gaji reguler dan dapat berupa bonus tahunan, bonus kinerja, atau bonus berdasarkan pencapaian individu atau tim.
  3. Tunjangan: Tunjangan adalah bentuk emolument tambahan yang diberikan kepada karyawan sebagai tambahan dari gaji reguler. Tunjangan dapat berupa tunjangan kesehatan, tunjangan transportasi, tunjangan perumahan, atau tunjangan lainnya yang diberikan kepada karyawan untuk memenuhi kebutuhan dan meningkatkan kesejahteraan mereka.
  4. Komisi: Komisi adalah bentuk emolument yang diberikan kepada karyawan sebagai imbalan atas penjualan atau pencapaian penjualan tertentu. Karyawan yang bekerja dalam penjualan atau pemasaran seringkali menerima komisi berdasarkan persentase dari nilai penjualan yang mereka hasilkan. Komisi ini memberikan insentif kepada karyawan untuk mencapai target penjualan yang ditetapkan.
  5. Keuntungan Saham: Dalam beberapa perusahaan, karyawan dapat menerima emolument berupa keuntungan saham atau opsi saham sebagai bagian dari program kompensasi. Hal ini memungkinkan karyawan untuk memiliki bagian kecil dalam kepemilikan perusahaan dan berpotensi memperoleh keuntungan finansial dari kenaikan nilai saham perusahaan.

Penggunaan emolument dalam bisnis penting untuk memastikan bahwa karyawan diberi penghargaan yang adil atas kontribusi mereka, serta untuk memotivasi dan mempertahankan bakat yang berkualitas dalam organisasi. Berdasarkan penjelasan dan pendapat dari orang sukses / rich people.

Perlu diketahui bahwa Penggunaan kata Emolument tersebut sebenarnya seringkali ditemukan di Industri keuangan & perbankan, pekerja professional startup berbasis teknologi, hingga dalam forum forum meeting internasional, Rapat Bagian Keuangan, Rapat Koordinasi Pengelolaan Keuangan, Rapat Internal Perusahaan. Rapat Umum Pemegang Saham, Rapat Evaluasi Kinerja Perusahaan, hingga Obrolan Media Sosial seperti Instagram, Tiktok, Facebook Group, Twitter, Linkedin atau whatsapp telegram group.

 

Semoga penjelasan definisi kosakata Emolument dapat menambah wawasan & pengetahuan anda dalam berkomunikasi.

© 2022 – 2023, Bella Elvina. All rights reserved.

Artikel Lainnya oleh Tim editor emiten.com

Startup yang terus berkomitmen tingkatkan kualitas ekosistem pasar modal Indonesia

PT APLIKASI EMITEN INDONESIA