Istilah Arti kata Food Aid dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) & Kamus Ekonomi Uang & Bank – Penggunaan kata kata yang jarang digunakan seringkali menyebabkan kita tidak paham tentang makna arti dari percakapan/topik tersebut Food Aid

 

Arti Food Aid secara singkat adalah Bantuan pangan

Penggunaan Food Aid dalam bisnis mengacu pada bantuan pangan yang diberikan kepada populasi yang membutuhkan dalam situasi darurat atau kondisi yang sulit. Bantuan ini dapat diberikan oleh organisasi non-pemerintah, lembaga internasional, atau perusahaan sebagai bagian dari program tanggung jawab sosial perusahaan. Berikut adalah penggunaan Food Aid:

  1. Bantuan Kemanusiaan: Beberapa perusahaan memiliki program Food Aid sebagai bagian dari upaya kemanusiaan mereka. Mereka dapat menyumbangkan makanan, makanan siap saji, atau paket makanan kepada masyarakat yang terkena bencana alam, konflik, atau kondisi darurat lainnya. Bantuan ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan pangan dasar dan memberikan bantuan segera kepada mereka yang terkena dampak.
  2. Program CSR: Banyak perusahaan menjalankan program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) yang melibatkan bantuan pangan kepada komunitas yang membutuhkan. Misalnya, perusahaan dapat mengadakan program donasi makanan, mengadakan kegiatan pengumpulan makanan, atau bermitra dengan organisasi nirlaba untuk mendistribusikan Food Aid kepada kelompok yang membutuhkan, seperti yatim piatu, keluarga miskin, atau komunitas terpinggirkan.
  3. Kemitraan dengan Organisasi Bantuan: Beberapa perusahaan dapat menjalin kemitraan dengan organisasi bantuan pangan untuk memberikan Food Aid. Mereka dapat memberikan kontribusi keuangan atau dukungan logistik kepada organisasi tersebut dalam rangka meningkatkan akses masyarakat terhadap pangan yang cukup dan bergizi. Melalui kemitraan ini, Food Aid dapat disalurkan dengan lebih efektif kepada mereka yang membutuhkan.
  4. Program Karyawan: Perusahaan juga dapat melibatkan karyawan mereka dalam program Food Aid. Misalnya, mereka dapat menyelenggarakan kampanye pengumpulan makanan di tempat kerja, memfasilitasi karyawan untuk menyumbangkan sebagian dari gaji mereka sebagai Food Aid, atau memberikan waktu kerja sukarela kepada karyawan untuk terlibat dalam kegiatan bantuan pangan.
  5. Kolaborasi dalam Rantai Pasokan: Beberapa perusahaan makanan atau rantai makanan cepat saji dapat berkolaborasi dengan organisasi bantuan pangan untuk menyumbangkan makanan yang berlebih dalam rantai pasokan mereka. Makanan yang masih layak konsumsi namun tidak terjual atau mendekati tanggal kedaluwarsa dapat disalurkan sebagai Food Aid, sehingga mengurangi pemborosan makanan dan memberikan manfaat kepada mereka yang membutuhkan.

Penerapan Food Aid dalam bisnis merupakan bentuk kontribusi sosial yang penting dalam mengatasi masalah kelaparan dan kekurangan pangan di berbagai komunitas. Melalui bantuan pangan ini, perusahaan dapat berperan dalam memperbaiki kualitas hidup dan memberikan dampak positif pada masyarakat yang membutuhkan.

Perlu diketahui bahwa Penggunaan kata Food Aid tersebut sebenarnya seringkali ditemukan di Industri keuangan & perbankan, pekerja professional startup berbasis teknologi, hingga dalam forum forum meeting internasional, Rapat Bagian Keuangan, Rapat Koordinasi Pengelolaan Keuangan, Rapat Internal Perusahaan. Rapat Umum Pemegang Saham, Rapat Evaluasi Kinerja Perusahaan, hingga Obrolan Media Sosial seperti Instagram, Tiktok, Facebook Group, Twitter, Linkedin atau whatsapp telegram group.

 

Semoga penjelasan definisi kosakata Food Aid dapat menambah wawasan & pengetahuan anda dalam berkomunikasi.

© 2022 – 2023, Bella Elvina. All rights reserved.

Artikel Lainnya oleh Tim editor emiten.com

Startup yang terus berkomitmen tingkatkan kualitas ekosistem pasar modal Indonesia

PT APLIKASI EMITEN INDONESIA