Istilah Arti kata Hazard dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) & Kamus Ekonomi Uang & Bank – Penggunaan kata kata yang jarang digunakan seringkali menyebabkan kita tidak paham tentang makna arti dari percakapan/topik tersebut Hazard

 

Arti Hazard scara singkat adalah azahar

Dalam konteks bisnis, penggunaan kata “Hazard” mengacu pada risiko atau bahaya potensial yang dapat terjadi di lingkungan kerja atau dalam operasional perusahaan. Berikut adalah contoh penggunaan kata “Hazard” dalam bisnis:

  1. Evaluasi Bahaya: Sebuah perusahaan dapat melakukan evaluasi bahaya (hazard assessment) untuk mengidentifikasi dan menganalisis potensi bahaya di tempat kerja. Hal ini bertujuan untuk menentukan langkah-langkah pengendalian yang diperlukan guna mengurangi risiko cedera atau kecelakaan bagi karyawan.
  2. Pelatihan Keselamatan: Perusahaan dapat mengadakan program pelatihan keselamatan kerja (hazard training) bagi karyawan mereka. Pelatihan ini dapat mencakup pengetahuan tentang potensi bahaya di tempat kerja, tindakan pencegahan yang tepat, penggunaan peralatan pelindung diri, serta prosedur darurat dalam menghadapi keadaan berbahaya.
  3. Penandaan Bahaya: Untuk mengkomunikasikan potensi bahaya kepada karyawan, perusahaan dapat menggunakan penandaan bahaya (hazard signage) di area kerja yang berisiko, seperti tanda peringatan, petunjuk evakuasi darurat, atau label bahan kimia berbahaya.
  4. Analisis Risiko: Dalam upaya mengelola risiko bisnis, perusahaan dapat melakukan analisis risiko (hazard risk analysis) untuk mengidentifikasi, menilai, dan mengelola potensi bahaya yang dapat mempengaruhi keselamatan karyawan, keberlanjutan operasional, atau reputasi perusahaan.
  5. Protokol Keadaan Darurat: Perusahaan harus memiliki protokol keadaan darurat (hazard emergency protocols) yang jelas dan terstruktur untuk mengatasi situasi darurat, seperti kebakaran, kecelakaan berbahaya, atau ancaman keamanan lainnya. Protokol ini melibatkan penggunaan peralatan pemadam kebakaran, evakuasi, pertolongan pertama, dan komunikasi yang efektif.

Penting bagi perusahaan untuk mengidentifikasi, menganalisis, dan mengurangi bahaya atau risiko yang ada dalam operasional mereka untuk melindungi karyawan, menjaga kepatuhan terhadap peraturan, dan menjaga kelangsungan bisnis secara keseluruhan.

Perlu diketahui bahwa Penggunaan kata Hazard tersebut sebenarnya seringkali ditemukan di Industri keuangan & perbankan, pekerja professional startup berbasis teknologi, hingga dalam forum forum meeting internasional, Rapat Bagian Keuangan, Rapat Koordinasi Pengelolaan Keuangan, Rapat Internal Perusahaan. Rapat Umum Pemegang Saham, Rapat Evaluasi Kinerja Perusahaan, hingga Obrolan Media Sosial seperti Instagram, Tiktok, Facebook Group, Twitter, Linkedin atau whatsapp telegram group.

 

Semoga penjelasan definisi kosakata Hazard dapat menambah wawasan & pengetahuan anda dalam berkomunikasi.

© 2022 – 2023, Bella Elvina. All rights reserved.

Artikel Lainnya oleh Tim editor emiten.com

Startup yang terus berkomitmen tingkatkan kualitas ekosistem pasar modal Indonesia

PT APLIKASI EMITEN INDONESIA