Istilah Arti kata impulse goods dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) & Kamus Ekonomi Uang & Bank – Penggunaan kata kata yang jarang digunakan seringkali menyebabkan kita tidak paham tentang makna arti dari percakapan/topik tersebut impulse goods

 

Arti impulse goods scara singkat adalah barang impuls.

Impulse goods atau barang impuls adalah produk atau barang yang cenderung dibeli secara spontan oleh konsumen tanpa perencanaan sebelumnya. Biasanya, konsumen tertarik dan membeli barang ini karena dorongan atau keinginan mendadak. Berikut ini adalah contoh penggunaan impulse goods dalam bisnis:

  1. Kasir Implusif: Di supermarket atau toko retail, biasanya terdapat area sekitar kasir yang dipenuhi dengan produk impulse goods seperti permen, cokelat, minuman ringan, dan makanan kecil lainnya. Hal ini bertujuan agar konsumen tergoda untuk membeli barang-barang tersebut saat mengantri di kasir.
  2. Rak Checkout: Beberapa toko dan swalayan menempatkan rak khusus dengan impulse goods di dekat meja kasir atau area checkout. Ini membuat konsumen mudah tergoda untuk menambahkan produk tersebut ke dalam keranjang belanja mereka sebelum membayar.
  3. Pajangan Strategis: Bisnis ritel seringkali menempatkan impulse goods pada lokasi strategis di dalam toko. Misalnya, produk perawatan pribadi seperti parfum atau produk kecantikan yang diletakkan di dekat pintu masuk atau di lorong-lorong yang sering dilalui oleh pelanggan. Tujuannya adalah agar konsumen melihat produk tersebut dan membelinya tanpa perencanaan sebelumnya.
  4. Penempatan di Kasir Online: Di platform belanja online, ada juga praktek penempatan impulse goods di halaman checkout. Misalnya, ada produk tambahan yang ditawarkan saat konsumen sedang membayar, seperti penawaran diskon khusus atau paket produk yang menarik.
  5. Display Promosi: Selain itu, bisnis juga dapat menggunakan display promosi khusus untuk impulse goods di toko mereka. Misalnya, mengatur rak atau area khusus dengan harga diskon atau penawaran khusus untuk produk impulse agar menarik perhatian dan memancing pembelian impulsif dari konsumen.

Tujuan utama dari penggunaan impulse goods dalam bisnis adalah untuk meningkatkan penjualan dengan memanfaatkan dorongan atau keinginan mendadak dari konsumen untuk membeli barang-barang tersebut.

Perlu diketahui bahwa Penggunaan kata impulse goods tersebut sebenarnya seringkali ditemukan di Industri keuangan & perbankan, pekerja professional startup berbasis teknologi, hingga dalam forum forum meeting internasional, Rapat Bagian Keuangan, Rapat Koordinasi Pengelolaan Keuangan, Rapat Internal Perusahaan. Rapat Umum Pemegang Saham, Rapat Evaluasi Kinerja Perusahaan, hingga Obrolan Media Sosial seperti Instagram, Tiktok, Facebook Group, Twitter, Linkedin atau whatsapp telegram group.

 

Semoga penjelasan definisi kosakata impulse goods dapat menambah wawasan & pengetahuan anda dalam berkomunikasi.

© 2022 – 2023, Bella Elvina. All rights reserved.

Artikel Lainnya oleh Tim editor emiten.com

Startup yang terus berkomitmen tingkatkan kualitas ekosistem pasar modal Indonesia

PT APLIKASI EMITEN INDONESIA