Istilah Arti kata indenture dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) & Kamus Ekonomi Uang & Bank – Penggunaan kata kata yang jarang digunakan seringkali menyebabkan kita tidak paham tentang makna arti dari percakapan/topik tersebut indenture

 

Arti indenture scara singkat adalah surat perjanjian pinjaman

Dalam konteks bisnis, indenture sering digunakan untuk mengacu pada perjanjian obligasi antara penerbit obligasi (pihak yang mengeluarkan obligasi) dan para pemegang obligasi (investor yang membeli obligasi). Indenture merupakan dokumen hukum yang menetapkan persyaratan, hak, dan kewajiban yang terkait dengan obligasi tersebut.

Berikut adalah contoh penggunaan indenture dalam bisnis:

1. Obligasi korporasi: Perusahaan XYZ menerbitkan obligasi korporasi untuk memperoleh dana tambahan. Indenture akan digunakan untuk menetapkan persyaratan obligasi, seperti jangka waktu, tingkat bunga, jadwal pembayaran bunga, dan ketentuan pengembaliannya. Pemegang obligasi dan perusahaan akan mengikatkan diri sesuai dengan ketentuan yang tercantum dalam indenture tersebut.

2. Obligasi pemerintah: Pemerintah suatu negara menerbitkan obligasi untuk membiayai proyek infrastruktur. Indenture akan mengatur hak dan perlindungan bagi para pemegang obligasi, seperti prioritas pembayaran, jangka waktu, dan ketentuan penggantian. Indenture juga dapat mencakup klausul kebangkrutan yang melindungi kepentingan pemegang obligasi.

3. Obligasi proyek: Dalam proyek infrastruktur besar seperti pembangunan jalan tol atau pembangkit listrik, pihak yang membiayai proyek (seperti bank atau lembaga keuangan) dapat menerbitkan obligasi proyek. Indenture akan memuat ketentuan-ketentuan terkait penggunaan dana, pengelolaan proyek, serta pembayaran bunga dan pokok kepada pemegang obligasi.

4. Obligasi konversi: Beberapa obligasi dapat memiliki opsi konversi menjadi saham perusahaan yang menerbitkan obligasi tersebut. Indenture akan mengatur persyaratan dan ketentuan yang terkait dengan konversi tersebut, seperti harga konversi, jangka waktu konversi, dan prosedur pelaksanaannya.

Indenture dalam bisnis memiliki peran penting untuk melindungi hak dan kepentingan para pemegang obligasi, sekaligus memberikan kerangka kerja yang jelas bagi penerbit obligasi.

Perlu diketahui bahwa Penggunaan kata indenture tersebut sebenarnya seringkali ditemukan di Industri keuangan & perbankan, pekerja professional startup berbasis teknologi, hingga dalam forum forum meeting internasional, Rapat Bagian Keuangan, Rapat Koordinasi Pengelolaan Keuangan, Rapat Internal Perusahaan. Rapat Umum Pemegang Saham, Rapat Evaluasi Kinerja Perusahaan, hingga Obrolan Media Sosial seperti Instagram, Tiktok, Facebook Group, Twitter, Linkedin atau whatsapp telegram group.

 

Semoga penjelasan definisi kosakata indenture dapat menambah wawasan & pengetahuan anda dalam berkomunikasi.

© 2022 – 2023, Bella Elvina. All rights reserved.

Artikel Lainnya oleh Tim editor emiten.com

Startup yang terus berkomitmen tingkatkan kualitas ekosistem pasar modal Indonesia

PT APLIKASI EMITEN INDONESIA