Istilah Arti kata Automated clearing house dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) & Kamus Ekonomi Uang & Bank – Penggunaan kata kata yang jarang digunakan seringkali menyebabkan kita tidak paham tentang makna arti dari dialog percakapan/topik tersebut Automated clearing house

Arti Automated clearing house secara singkat adalah pusat kliring otomatis

Automated Clearing House (ACH) adalah sistem elektronik yang digunakan untuk memproses transfer dana secara otomatis antara rekening bank yang berbeda. Penggunaan ACH dalam bisnis dapat meliputi:

1. Pembayaran Gaji: Perusahaan dapat menggunakan ACH untuk membayar gaji karyawan secara otomatis. Setiap bulan, perusahaan dapat mengirimkan transfer langsung gaji ke rekening bank karyawan melalui ACH, menghindari penggunaan cek atau transfer manual yang memakan waktu.

2. Pembayaran Tagihan: Banyak bisnis menggunakan ACH untuk mempermudah pembayaran tagihan kepada pemasok, vendor, atau pelanggan. Dengan ACH, bisnis dapat mengatur pembayaran otomatis secara berkala, seperti pembayaran sewa, tagihan telepon, atau pembelian berlangganan.

3. Transfer Dana Antara Rekening Bank: Perusahaan dapat menggunakan ACH untuk mentransfer dana antara rekening bank mereka sendiri atau ke rekening bank mitra bisnis. Misalnya, dalam kasus transfer dana antara anak perusahaan dan induk perusahaan atau antara bisnis yang bekerja sama dalam proyek bersama.

4. Pembayaran Pajak: ACH digunakan oleh perusahaan untuk membayar pajak kepada otoritas pajak, seperti pembayaran Pajak Penghasilan Badan (PPh Badan) atau Pajak Pertambahan Nilai (PPN). Proses ini memungkinkan perusahaan untuk secara otomatis menyetorkan pembayaran pajak tepat waktu dan menghindari denda keterlambatan.

5. Pembayaran E-commerce: Bisnis e-commerce menggunakan ACH sebagai salah satu metode pembayaran yang ditawarkan kepada pelanggan mereka. Dalam hal ini, pelanggan dapat memasukkan informasi rekening bank mereka untuk melakukan pembayaran langsung menggunakan ACH.

Penggunaan ACH dalam bisnis memungkinkan efisiensi dan otomatisasi proses keuangan, mengurangi kebutuhan akan transaksi manual dan mengurangi risiko kesalahan.

Penggunaan kata Automated clearing house tersebut sebenarnya seringkali ditemukan di dunia keuangan, asuransi & perbankan, pekerja professional startup berbasis teknologi, hingga dalam forum internasional, forum meeting, Rapat Bagian Keuangan, Rapat Koordinasi Pengelolaan Keuangan, Rapat Internal. Rapat Umum Pemegang Saham, Rapat Evaluasi Kinerja, hingga Media Sosial seperti Instagram, Tiktok, Facebook, Twitter, Linkedin atau whatsapp telegram group.

 

Semoga penjelasan definisi kosakata Automated clearing house dapat menambah wawasan & pengetahuan anda dalam berkomunikasi lisan atau tertulis ketika menggunakan istilah kosakata tentang Dunia Ekonomi Uang & Bank

 

 

© 2022 – 2023, Bella Elvina. All rights reserved.

Artikel Lainnya oleh Tim editor emiten.com

Startup yang terus berkomitmen tingkatkan kualitas ekosistem pasar modal Indonesia

PT APLIKASI EMITEN INDONESIA