Dalam perekrutan perusahaan, dibutuhkan calon pekerja dengan talenta dan keterampilan yang khusus. Dalam menyeleksinya, digunakan beberapa metode dalam proses rekrutmen. Salah satu metode yang sering digunakan adalah dengan melakukan tes kepribadian atau yang sering disebut dengan psiko test ataupun DISC Personality test. Hal tersebut dilakukan tentu untuk mengetahui seseorang dengan dilihat dari sosok dan pribadinya yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Apa itu DISC Personality Test ?

Tes DISC merupakan kepanjangan dari (dominance, Influence, Steadiness, Compliance) yang mana biasa digunakan untuk rekrutmen dalam menganalisa kekuatan dan kelemahan seseorang. DISC Personality Test adalah salah satu psikotes kepribadian yang banyak digunakan  dalam proses rekrutmen . tes ini digunakan untuk mengukur bagaimana perilaku calon pekerja dalam situasi kerja. Tujuannya adalah untuk menentukan ciri-ciri pelaku mana yang memotivasi pekerja.

Teori perilaku DISC pertama kali diperkenalkan oleh Wiliam Moulton Marston melalui bukunya yang berjudul Emotions of Normal People. Teori Marston menyebutkan bahwa ekspresi perilaku emosi dapat dikategorikan menjadi empat tipe utama yakni

  • Dominance (D), yang menekankan pada kepercayaan diri dan pencapaian hasil.
  • Inducement (I), menekankan kemampuan dalam memengaruhi orang lain, hubungan, dan keterbukaan.
  • Submission (S), menekankan pada kerja sama, ketergantungan, dan ketulusan
  • Compliance (C), menekankan pada kualitas dan akurasi , kompetensi dan keahlian

Jenis- Jenis Kepribadian DISC

Dikutip dari laman glints, terdapat empat macam jenis kepribadian dalam DISC personality Test. Jenis- jenis tersebut ialah :

1.      Kepribadian D ( Dominance)

Seseorang yang berkepribadian “D” ini cenderung mandiri dan tegas. Orang dengan kepribadian ini lebih suka berurusan secara langsung dan terus terang dan juga menghargai orang lain dan juga dapat memulai interaksi yang kompetitif , karena orang dengan kepribadian ini lebih nerasa nyaman dengan konflik.

2.      Kepribadian I (Influence).

Seseorang dengan kepribadian “I” ini dikenal sebagai orang yang percaya diri, menarik dan mudah didekati. Ia menyukai lingkungan sosial dan berhubungan dengan orang lain. Ia selalu bersemangat dalam mengeksplor ide-ide baru. Orang dengan jenis kepribadian ini selalu memperluas jaringan sosial.

3.      Kepribadian S (Submission)

Seseorang dengan kepribadian ini adalah orang-orang yang cenderung pendiam yang mencari individu yang saling mendukung, konsisten, dan setia dalam hubungan mereka. Orang deng kepribadian ini diketahui sebagai orang yang simpatik terhadap prespektif orang lain dan memiliki keaktifan dalam mendengarkan orang lain.

4.      Kepribadian C (Compliance)

Seseorang dengan kepribadian jenis “C” ini cenderung sangat analitis dan tertarik pada proses, struktur, dan aturan.  Seseorang tersebut meggunakan logika untuk membuat keputusan secara objektif. Meski menyukai bekerja sendiri, ia mampu bekerja dengan baik dengan seseorang yang mampu menjawab pertanyaan secara rinci, mengklaim dengan bukti dan memecahkan masalah alami.

Fungsi DISC Personality Test Dalam Dunia Kerja

DISC Personality test dalam dunia kerja atau proses rekrutmen pekerjaan adalah untuk mengungkapkan kinerja atau gaya kerja seseorang. Alat ini membuka wawasan dan pemikiran baik secara professional maupun secara personal. Adapun fungsi lainnya dari hasil test DISC ini adalah :

  •  Menambah pengetahuan tentang diri sendiri. Bagaimana cara individu merespon suatu konflik , apa penyebab individu stress, apa yang menjadi motivasi, dan bagaimana cara individu menyelesaikan masalah yang ada.
  • Membantu memahami karakter calon karyawan
  • Tes ini dapat digunakan untuk memilih karir atau jurusan bagi siswa berdasarkan analisis perilaku
  • Tes ini berfungsi untuk mengetahui gambaran diri atau kepribadian seseorang , pola hubungan sosial, dan jenis pekerjaan yang sesuai dengan gaya perilaku seseorang tersebut.
  •  Sebagai fasilitas kerja tim yang lebih baik dan meminimalisir konflik
  •  Meningkatkan relasi yang baik antar anggota tim
  • Mengembangkan kemampuan marketing yang lebih unggul melalui identifikasi dan merespon sesuai dengan cara/gaya dari konsumen.

Dan masih banyak lagi fungsi serta manfaat lainnya dari metode DISC Personality Test ini.

Nah, demikianlah penjelasan mengenai tes DISC personality, yang sering kali digunakan dalam dunia pekerjaan apalagi dalam proses rekrutmen. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kalian yang membacanya.

© 2022, Izabella ramadhani. All rights reserved.

Artikel Lainnya oleh Tim editor emiten.com

Startup yang terus berkomitmen tingkatkan kualitas ekosistem pasar modal Indonesia

PT APLIKASI EMITEN INDONESIA

You cannot copy content of this page