Di era kemajuan teknologi yang sangat pesat ini, banyak ragam profesi yang juga mengikuti perkembangan zaman teknologi saat ini salah satunya adalah seorang digital marketer. Banyak perusahaan yang memburu para digital marketer biak itu perusahaan start up maupun yang sudah berdiri lama. Dalam membangun brand awareness dan komunikasi terhadap konsumen diperlukan kehadiran seorang digital marketer. Biasanya, seorang digital marketer memanfaatkan teknologi digital seperti  e-mail, website, dan media sosial untuk menjangkau konsumen lebih meluas dan maksimal. Profesi ini merupakan profesi yang bisa dipelajari semua orang.

Apa arti Digital Marketer ?

Untuk pengertian dasarnya, digital marketing merupakan proses pemasaran sebuah brand atau produk yang menggunakan media digital atau internet. Tujuannya, untuk mempengaruhi para konsumen dengan cara yang lebih cepat. Dan digital marketer atau seorang yang bekerja sebagai digital marketing adalah pekerjaan bidang pemasaran yang menggunakan platform digital.

Apa saja tugas dan skill seorang Digital Marketer ?

Setelah mengetahui antara digital marketing dan digital marketer, berikut akan dijelaskan beberapa tugas seorang digital marketer. Pada umumnya, tugas seorang digital marketer adalah menjangkau target pasar melalui platform media sosial seperti facebook, Instagram, twitter, tiktok dan lain-lain. Serta memiliki peran dalam membangun brand awareness produk dan jasa yang ditawarkan.  Seperti yang telah diketahui dari penjelasan tadi, seorang digital marketer harus mampu menarik cutomer melalui kanal online.

Dikarenakan terdapat banyak sekali channel marketing, skill yang wajib dimiliki seorang digital marketer terbagi dalam beberapa hal. Di antaranya adalah :

1.      Content Marketing

Content marketing ini memiliki tugas untuk membuat konten yang berkualitas untuk memudahkan pengguna dalam mendapatkan informasi tentang produk maupun jasa yang ditawarkan. Dalam proses pemasaran atau marketing dalam media sosial, sebuah konten adalah kuncinya. Konten yang dibuat harus sesuai dengan target pasar agar meningkatkan engagement yang tinggi.

2.      Search engine Optimization (SEO)

Selain bertugas membuat konten yang berkualitas, digital marketer juga bertugas untuk membangun sebuah brand awareness melalui media blog. Yakni membuat konten pada blog, mengoptimasi performa website, dan melakukan research terhadap kata kunci pencarian di mesin pencarian.

3.      Social media marketing

Digital marketer juga memiliki tugas dalam menjangkau target pasar melalui platform media sosial. Misalnya, facebook, twitter, Instagram, tiktok , dan lain sebagainya. Juga bertugas dalam membangun brand awareness jasa atau produk yang ditawarkan.

4.      Pengiklan online atau Online Ads

Poin terakhir adalah mengiklankan produk dan jasa melalui kanal online seperti facebook ads, google ads, tiktok ads, dan Instagram ads. Dengan tujuan menjangkau audiens dengan rasi yang tinggi.

Nah, itu dia penjelasan mengenai digital marketer. Bagi kamu yang tertarik untuk meniti sebuah karir sebagai digital marketer, kamu dapat memulainya sekarang, kuasai skill-skill yang telah dijelaskan dan juga dapat dengan mengikuti course berbayar hingga gratis, karena profesi ini siapapun bisa melakukannya. Digital marketer adalah pilihan yang tepat untuk karir di era teknologi yang canggih saat ini.

© 2022, Izabella ramadhani. All rights reserved.

Artikel Lainnya oleh Tim editor emiten.com

Startup yang terus berkomitmen tingkatkan kualitas ekosistem pasar modal Indonesia

PT APLIKASI EMITEN INDONESIA

You cannot copy content of this page