Salah satu strategi digital marketing mulai dikenal dan digunakan oleh para pemilik website atau pengusaha online adalah SEO. Salah satu dari teknik SEO yang digunakan yakni link building. Link building menjadi strategi SEO yang memiliki tujuan untuk mendapatkan link dari situs lain. Semakin banyak link website lain yang mengarah ke website mu, mesin pencari akan memberikan penilaian yang bagus terhadap website mu.

Menggunakan link building tidak bisa digunakan dengan sembarangan. terdapat beberapa aturan tertentu yang harus dipatuhi oleh semua pemilik website. Apabila terkena pelanggaran, Google akan memberikan penalti terhadap website mu. Bahkan Google bisa melakukan take down website dari hasil pencarian.

Apa itu Link Building ?

Link building adalah sebuah upaya pemasaran untuk mendapatkan link atau tautan dari situs lain ke situs Anda. Ini dianggap sebagai salah satu cara yang sangat ampuh untuk mendapatkan peringkat yang lebih tinggi di halaman mesin penelusuran. Jika terdapat banyak link dengan kualitas tinggi mengarah ke laman tertentu, mesin penelusur akan menganggapnya sebagai artikel yang populer. Link building merupakan hal yang terpenting SEO sebab, jumlah link yang menuju website kamu merupakan salah satu faktor ranking yang penting menurut mesin pencari. Yang berarti , jika ingin menaikan ranking website maka salah yang harus dilakukan yaitu bagaimana agar website kamu bisa mendapatkan banyak link dari website lain.

Jenis-Jenis Link Building

Terdapat beberapa jenis link building yang perlu diketahui, diantaranya meliputi :

1.  Link Building Natural

Link building natural adalah link building terbaik yang bisa didapatkan. Dan akan banyak orang yang menempatkan link pada website milikmu

2.  Link Building Outreach

Link Building Outreach adalah link building yang dilakukan dengan cara menghubungi pemilik website dan meminta mereka untuk memasang link website kamu.

3.  Wrong Link Building

Wrong link Building adalah link building yang salah dan perlu kamu hindari. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, link building jenis ini akan mendapatkan sangsi dari mesin pencari.

Bagaimana cara menggunakannya untuk proses SEO ?

Terdapat 5 teknink untuk melakukan link building yang dapat diterapkan pada semua jenis website ataupun yang berasal dari berbagai sektor bisnis

1.      Membuat konten yang berkualitas

Terdapat beberapa konten yang biasanya mendapat banyak blacklink seperti : infografis, statistik, lembar putih (white paper), panduan , video , galeri gambar.

Sebelum membuat konten yang berkualitas, kita harus memperhatikan terlebih dahulu beberapa hal dibawah ini :

  •  Tentukan topik konten
  • Gunakan kata kunci yang tepat
  • Gunakan judul konten yang menarik
  • Ciptakan engaging content
  • Masukan link terkait

Setelah membuat konten, hubungi website yang relevan dengan websitemu agar mereka memasang link konten yang kamu miliki di website mereka.

2.      Guest blogging

Guest blogging merupakan link building yang dilakukan dengan cara menjadi tamu di website lain dengan menuliskan artikel agar diterbitkan di website tersebut. Pastikan blogging yang dibuat berkualitas bagus dan jangan sampai spamming.

3.      Share konten di forum online

Lakukan share konten yang kamu buat di salah satu forum online tertentu untuk mendapatkan black link. Sebab, saat bergabung dalam sebuah forum online, akan ditemukan banyak orang sebagai anggota forum .

4.      Broken link Building

Broken link adalah link yang rusak dan tak dapat diakses oleh pengunjung atau mesin pencarian. Broken link merupakan strategi yang bertujuan utuk menolong pemilik website memperbaiki broken link yang ada. Caranya adalah dengan meberi link ke website kamu.

5.      Link reclamation.

Link reclamation merupakan strategi bertujuan untuk mengklaim link yang seharusnya menjadi hak mu. Strategi ini terbagi menjadi beberapa jenis :

a.      Link 404

Jika terdapat website yang memasang link ke website milikmu, namun link tersebut mengarah ke halaman website kamu yang sudah tidak ada atau sudah di hapus. Sehingga muncul error 404. disini kamu dapat menghubungi pemilik website untuk mengganti link tersebut dengan halaman website kamu yang lain.

b.      Mention tanpa link

Banyak orang yang menyebut (mention) nama website tanpa memberi link tautan. Dalam hal ini, dapat menghubungi pemilik website tersebut untuk memberikan backlink ketika menyebut nama website kamu.

c.       Gambar tanpa link sumber

Terdapat beberapa juga website lain yang mungkin mengambil gambar dari website mu tanpa seizin mu. Ini termasuk salah satu pelanggaran hak cipta. Kamu dapat mengambil kesempatan ini, dengan hubungi mereka untuk memberikan link ke website kamu pada caption (sumber gambar).

demikianlah pengertian seputar link building, bagi kamu para pebisnis khususnya pebisnis yang juga berjalan secara online, dengan menerapkan strategi link building ini sangat cocok untuk meningkatkan website bisnismu.

© 2022, Izabella ramadhani. All rights reserved.

Artikel Lainnya oleh Tim editor emiten.com

Startup yang terus berkomitmen tingkatkan kualitas ekosistem pasar modal Indonesia

PT APLIKASI EMITEN INDONESIA

You cannot copy content of this page