Pekerja sosial (social worker)

Pekerja sosial atau social worker adalah adalah sebuah profesi yang berupaya memberikan sebuah pertolongan yang berupa pelayanan pada individu, kelompok, ataupun masyarakat yang membutuhkan. Juga dapat dideskripsikan sebagai pekerjaan yang berjalan di bidang kemanusiaan. Beragam pekerjaan sosial dapat dijumpai di berbagai situasi seperti penanganan kemiskinan, penanggulangan bencana, penanganan orang yang berkekurangan atau cacat, perlindungan anak, perlindungan perempuan, pengembangan masyarakat, dan masih banyak lagi. Para pekerja sosial memiliki sebuah komitmen untuk mengambil bagian dalam mewujudkan masyarakat yang sejahtera dengan lingkungan yang aman, berinteraksi antar manusia dan mendorong perubahan sosial . Pekerja sosial juga membantumemecahkan masalah dan memberi solusi terhadap permasalahan sosial yang dihadapi.

Max Siporin, D.S.W (1975 : 3) berpendapat bahwa arti pekerjaan sosial adalah sebagai cara yang memiliki sifat sosial dan instutional untuk membantu orang-orang dalam mencegah dan memecahkan masalah mereka serta untuk memperbaiki dan meningkatkan keberfungsian sosial mereka.

Tugas dan peran pekerja sosial

Sesuai yang tetera pada pasal 6, tugas pekerja sosial adalah menyelenggarakan kesejahteraan sosial uang meliputi pendekatan awal, pengungkapan dan memecahkan masalah, menyusun rencana intervensi , evaluasi, terminasi serta rujukan dan bimbingan atau pembinaan. Selain itu berikut akan disebutkan beberapa poin peran dan tanggung jawab sebagai pekerja social.

  • Membantu individu, kelompok, dan masyarakat dalam mengakses sumber daya yang ada
  • Menjadi penghubung individu-individu, kelompok, dan masyarakat dengan¬† lembaaga pemberi pelayana
  • Menguraikan dan mengidentifikasi masalah dan mengembangkan kapasitas sumber daya agar bisa menyelesaikan permasalahan untuk memenuhi kebutuhann
  • Menyampaikan informasi yang baik dan benar dan mudah dimengerti oleh masyarakat
  • Melakukan pendataan dan mengumpulkannya mengenai masalah sosial yang
  • Melakukan analisis dan riset terhadap data masalah sosial serta menyediakan tindakan alternatif untuk mengakses sumber daya yang ada.

Dimana pekerja sosial berkarir ?

Pekerjaan sosial adalah salah satu pekerjaan yang mebutuhkan praktik yang baik. Menjadi pekerja sosial merupakan pekerjaan yang mulia, memang benar semua pekerjaan adalah pekerjaan yang mulia, termasuk pekerjaan sosial ini . karena pekerjaan sosial merupakan sebuah profesi yang membantu akan sesama. Para pekerja sosial juga merupakan seseorang yang memiliki rasa empati yang tinggi terhadap sesama manusia. Namun, Pasti banyak pertanyaan dimanakah pekerja sosial itu dapat bekerja atau berkarir? Pekerja sosial berkarir dibangun mulai dari mengikuti proyek-proyek sosial seperti menjadi relawan. Setelah itu dapat dengan cara bergabung dengan lembaga masyarakat ataupun organisasi nirlaba yang sesuai dengan keinginanmu. Pekerja sosial juga terkadang dibutuhkan oleh organisasi nonprofit, sekolah, rumah sakit, dan instansi pemerintahan. Serta juga dapat ditemukan di institusi-institusi pelayanan sosial misalnya seperti lembaga rehabilitas sosial, pengasuh anak, perawatan orang tua, dan penanganan korban narkoba .

Perbedaan pekerja sosial dengan pekerjaan sosial.

Ternyata pekerja sosial dan pekerjaan sosial adalah dua hal yang tidak sama. Pekerja sosial merupakan pekerjaan yang berkaitan dengan cara menangani klien dalam bidang klinis kesehatan. Seperti yang terjadi di rumah sakit. Terdapat pengaturan perawatan kesehatan untuk memfasilitasi kesehatan masyarakat. Mengedukasi pasien beserta kerluaga dan masyarakat terkait cara menyikapi hal-hal yang terjadi dis sekitar mereka.

Sedangkan pekerjaan sosial adalah sebuah profesi yang didasari praktik suatu pilihan disiplin ilmu akademik yang mempromosikan pembangunan dan perubahan sosial, kohesi sosial dan pembebasan sosial serta pemberdayaan masyarakat.

Itulah tadi sejumlah penjelasan yang dijabarkan mengenai apa itu pekerja sosial hingga perbedaannya dengan pekerjaan sosial. Pekerja sosial juga dapat menjadi salah satu pilihan karir dimasa depan. Jangan ragu untuk membantu sesama karena menjadi pekerja sosial adalah sebuah pekerjaan mulia.

© 2022, Izabella ramadhani. All rights reserved.

Artikel Lainnya oleh Tim editor emiten.com

Startup yang terus berkomitmen tingkatkan kualitas ekosistem pasar modal Indonesia

PT APLIKASI EMITEN INDONESIA

You cannot copy content of this page