Arti kata Capital Market Line sebenarnya dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) & Kamus Ekonomi Uang & Bank secara singkat adalah Garis pasar modal.

Contoh penggunaan Cash Disbursement dalam bisnis adalah sebagai berikut:

1. Penggajian Karyawan: Setiap bulan, perusahaan akan melakukan cash disbursement untuk membayar gaji karyawan. Ini melibatkan pembayaran tunai kepada karyawan sebagai imbalan atas pekerjaan yang telah dilakukan.

2. Pembelian Barang atau Layanan: Ketika perusahaan membeli barang atau layanan dari pemasok, mereka melakukan cash disbursement untuk membayar pemasok secara tunai. Contohnya, pembelian bahan baku, alat dan mesin, atau jasa pembersihan.

3. Pembayaran Utang: Jika perusahaan memiliki utang kepada pihak ketiga, mereka harus melakukan cash disbursement untuk membayar utang tersebut secara tunai. Ini bisa berupa pembayaran pinjaman, pembayaran tagihan, atau pembayaran hutang dagang kepada supplier.

4. Biaya Operasional: Perusahaan juga melakukan cash disbursement untuk membayar biaya operasional sehari-hari, seperti biaya listrik, biaya air, biaya sewa, atau biaya telepon. Ini melibatkan pembayaran tunai kepada pihak yang memberikan layanan atau barang-barang tersebut.

5. Pajak dan Biaya Pemerintah: Cash disbursement juga terjadi ketika perusahaan membayar pajak dan biaya pemerintah, seperti pajak penghasilan, pajak pertambahan nilai (PPN), atau iuran keamanan sosial (BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan).

Dalam semua contoh di atas, cash disbursement digunakan untuk menggambarkan pembayaran tunai yang dilakukan oleh perusahaan kepada pihak lain sebagai bagian dari operasional bisnisnya.

Perlu diketahui bahwa Penggunaan kata Capital Market Line tersebut sebenarnya seringkali ditemukan di dunia keuangan & perbankan, pekerja professional startup berbasis teknologi, hingga dalam forum forum meeting, Rapat Bagian Keuangan, Rapat Koordinasi Pengelolaan Keuangan, Rapat Internal. Rapat Umum Pemegang Saham, Rapat Evaluasi Kinerja, hingga Media Sosial seperti Instagram, Tiktok, Facebook, Twitter, Linkedin atau whatsapp telegram group.

 

Semoga penjelasan definisi kosakata Capital Market Line dapat menambah wawasan & pengetahuan anda dalam berkomunikasi menggunakan istilah kosakata tentang Dunia Ekonomi Uang & Bank

© 2022 – 2023, Bella Elvina. All rights reserved.

Artikel Lainnya oleh Tim editor emiten.com

Startup yang terus berkomitmen tingkatkan kualitas ekosistem pasar modal Indonesia

PT APLIKASI EMITEN INDONESIA