Arti kata Birokrat fungsional sebenarnya dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) & Kamus Ekonomi Uang & Bank secara singkat adalah Birokrat fungsional

Birokrat fungsional merujuk pada individu yang memiliki pengetahuan dan keahlian khusus dalam suatu bidang fungsional tertentu dan bertanggung jawab untuk menjalankan tugas-tugas yang terkait dengan bidang tersebut. Contoh penggunaan Birokrat fungsional dalam bisnis dapat ditemukan dalam perusahaan besar yang memiliki departemen-departemen yang spesifik seperti:

  1. Departemen Keuangan: Seorang birokrat fungsional dalam departemen keuangan akan memiliki pengetahuan mendalam tentang akuntansi, perencanaan keuangan, analisis biaya, atau manajemen risiko. Mereka akan bertanggung jawab untuk mengelola aspek keuangan perusahaan dan memberikan saran berharga terkait investasi, penghematan biaya, atau strategi keuangan.
  2. Departemen Sumber Daya Manusia: Seorang birokrat fungsional dalam departemen sumber daya manusia akan memiliki pemahaman yang mendalam tentang manajemen SDM, rekrutmen, pelatihan, pengembangan karyawan, dan kebijakan perusahaan. Mereka akan bertanggung jawab untuk mengelola dan menjalankan fungsi-fungsi terkait SDM dalam organisasi, serta memberikan dukungan dan konsultasi terkait kebijakan SDM.
  3. Departemen Pemasaran: Seorang birokrat fungsional dalam departemen pemasaran akan memiliki keahlian dalam strategi pemasaran, riset pasar, analisis konsumen, atau pemasaran digital. Mereka akan bertanggung jawab untuk mengelola kampanye pemasaran, pengembangan merek, komunikasi pemasaran, dan menciptakan strategi untuk mencapai tujuan pemasaran perusahaan.
  4. Departemen Produksi: Seorang birokrat fungsional dalam departemen produksi akan memiliki pengetahuan yang mendalam tentang proses produksi, manajemen rantai pasokan, pengendalian kualitas, atau teknologi produksi. Mereka akan bertanggung jawab untuk mengoptimalkan proses produksi, meningkatkan efisiensi, mengelola persediaan, atau memastikan kualitas produk yang dihasilkan.

Birokrat fungsional berperan penting dalam mengoordinasikan dan mengelola aspek-aspek khusus yang diperlukan untuk menjalankan operasional perusahaan secara efektif dan efisien di bidang tertentu. Berdasarkan penjelasan dan pendapat dari orang sukses / rich people.

Perlu diketahui bahwa Penggunaan kata Birokrat fungsional tersebut sebenarnya seringkali ditemukan di dunia keuangan & perbankan, pekerja professional startup berbasis teknologi, hingga dalam forum forum meeting, Rapat Bagian Keuangan, Rapat Koordinasi Pengelolaan Keuangan, Rapat Internal. Rapat Umum Pemegang Saham, Rapat Evaluasi Kinerja, hingga Media Sosial seperti Instagram, Tiktok, Facebook, Twitter, Linkedin atau whatsapp telegram group.

 

Semoga penjelasan definisi kosakata Birokrat fungsional dapat menambah wawasan & pengetahuan anda dalam berkomunikasi menggunakan istilah kosakata tentang Dunia Ekonomi Uang & Bank

© 2022 – 2023, Bella Elvina. All rights reserved.

Artikel Lainnya oleh Tim editor emiten.com

Startup yang terus berkomitmen tingkatkan kualitas ekosistem pasar modal Indonesia

PT APLIKASI EMITEN INDONESIA