Arti kata Socio-economic class sebenarnya dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) & Kamus Ekonomi Uang & Bank secara singkat adalah Kelas sosio-ekonomi

Dalam konteks bisnis, penggunaan “socio-economic class” atau “kelas sosio-ekonomi” dapat merujuk pada segmen pasar yang dibagi berdasarkan tingkat sosial dan ekonomi dari konsumen atau target pasar. Contoh penggunaannya dalam bisnis adalah sebagai berikut:

1. Strategi Pemasaran: Sebuah perusahaan mungkin mengidentifikasi dan memilih target pasar berdasarkan kelas sosio-ekonomi. Misalnya, perusahaan makanan cepat saji mungkin menargetkan konsumen dengan kelas sosio-ekonomi menengah ke bawah karena produk mereka dianggap lebih terjangkau bagi segmen tersebut.

2. Produk dan Harga: Bisnis juga dapat merancang produk dan menetapkan harga berdasarkan kelas sosio-ekonomi. Misalnya, merek desainer mungkin meluncurkan koleksi khusus dengan harga yang lebih tinggi untuk menarik konsumen dengan kelas sosio-ekonomi atas, sementara merek yang lebih terjangkau akan menawarkan produk dengan harga yang lebih rendah untuk menarik konsumen dengan kelas sosio-ekonomi menengah ke bawah.

3. Penempatan Produk: Penempatan produk atau strategi distribusi juga dapat dipengaruhi oleh kelas sosio-ekonomi. Misalnya, merek mewah mungkin memilih untuk menjual produk mereka di toko-toko mewah atau pusat perbelanjaan kelas atas, sementara merek yang ditujukan untuk kelas sosio-ekonomi menengah mungkin lebih memilih toko-toko ritel yang lebih terjangkau dan mudah dijangkau oleh segmen pasar tersebut.

4. Penelitian Pasar: Dalam melakukan penelitian pasar, perusahaan dapat mengumpulkan data tentang kelas sosio-ekonomi dari konsumen mereka. Informasi ini dapat digunakan untuk mengembangkan strategi pemasaran yang lebih efektif, memahami preferensi dan perilaku konsumen dalam kelas tertentu, dan mengidentifikasi peluang pasar potensial.

Dengan mempertimbangkan kelas sosio-ekonomi dalam konteks bisnis, perusahaan dapat memahami dan mengakomodasi kebutuhan serta preferensi konsumen yang berbeda, serta mengembangkan strategi bisnis yang lebih tepat dan efektif.

Perlu diketahui bahwa Penggunaan kata Socio-economic class tersebut sebenarnya seringkali ditemukan di dunia keuangan & perbankan, pekerja professional startup berbasis teknologi, hingga dalam forum forum meeting, Rapat Bagian Keuangan, Rapat Koordinasi Pengelolaan Keuangan, Rapat Internal. Rapat Umum Pemegang Saham, Rapat Evaluasi Kinerja, hingga Media Sosial seperti Instagram, Tiktok, Facebook, Twitter, Linkedin atau whatsapp telegram group.

 

Semoga penjelasan definisi kosakata Socio-economic class dapat menambah wawasan & pengetahuan anda dalam berkomunikasi menggunakan istilah kosakata tentang Dunia Ekonomi Uang & Bank

© 2022 – 2023, Bella Elvina. All rights reserved.

Artikel Lainnya oleh Tim editor emiten.com

Startup yang terus berkomitmen tingkatkan kualitas ekosistem pasar modal Indonesia

PT APLIKASI EMITEN INDONESIA