Marketing kini menjadi salah satunya ilmu yang mesti dipelajari ketika memulai bisnis. Marketing atau pemasaran ini dapat membantu sebuah bisnis untuk terus bertumbuh. Dalam hal memperkenalkan merek, produk, dan layanan bisnis.

Untuk itu, ada beberapa ilmu marketing ini harus dikuasai oleh para pebisnis agar menunjang kelangsungan bisnis kedepannya.

Berikut ilmu marketing  wajib dikuasai pebisnis baik online maupun offline.

  1. Planning atau perencanaan yang matang
  2. Selling atau penjualan diharapkan terus meningkat
  3. Advertising atau pemasaran yang tepat

Tujuan pebisnis mempelajari ilmu marketing ialah untuk melihat perkembangan bisnisnya. Bagaimana konsep perencanaan yang tepat, atau menginginkan peningkatan penjualan, hingga strategi pemasaran bisnis yang tepat agar bisnis yang dijalankan dapat berkembang terus.

Baca juga: Penting 4 Strategi Kelola Financial yang Cocok bagi Milenial

Selain itu, seperti keterlibatan konten di sosial media yang sangat berpengaruh terhadap bisnis kini. Karena bisnis yang awalnya tidak dikenali oleh masyarakat maka dengan dilakukan pemasaran lewat konten menarik akan mencapai peningkatan penjualan. Bahkan penanaman citra positif brand di mata masyarakat juga perlu dilakukan agar mencapai tujuan bisnis yang diinginkan.

Dalam marketing satu hal yang tidak boleh dilupakan ialah penerapan bangun kedekatan kepada konsumen, penerapan ini tidak membutuhkan dana besar dan dapat memperluas pangsa pasar. Selain itu, jika terus terjadi maka konsumen akan kembali untuk repeat order ke bisnis tersebut.

Oleh karena itu, agar bisnis kamu dapat berjalan seperti tujuan sehingga perlu mempelajari ilmu marketing dan konsep pemasaran secara mendalam.

© 2022, Moderator emiten.com. All rights reserved.

Artikel Lainnya oleh Tim editor emiten.com

Startup yang terus berkomitmen tingkatkan kualitas ekosistem pasar modal Indonesia

PT APLIKASI EMITEN INDONESIA

You cannot copy content of this page