Apa itu Retinol ?

Retinol atau retinoid adalah zat yang terbuat dari vitamin A. Awalnya digunakan sebagai obat jerawat sekitar tahun 1970-an. Retinol merupakan bahan aktif dari vitamin A yang banyak digunakan dalam produk skincare. Kandungan senyawa ini memiliki banyak fungsi, mulai dari mengatasi jerawat, memperbaiki tekstur kulit, dan ampuh mencegah penuaan dini . Retinol juga mampu mempercepat proses pembaruan sel-sel kulit mati dan membuat tekstur kulit menjadi lebih halus.

Retinol dikualifikasikan menjadi beberapa macam sesuai tingkat kekuatannya. Produk yang dapat dibeli secara bebas biasanya mengandung retinyl palmitate, retinol, retinaldehyde, atau adapalene. Terdapat juga jenis retinol yang jauh lebih kuat, seperti tretinoin dan tazarotene. Keduanya membutuhkan resep dari dokter karena pengaruhnya sangat kuat terhadap kulit. Efeknya muncul lebih cepat, akan tetapi risiko terjadinya iritasi juga lebih besar.

Apa sih Manfaat Retinol untuk kulit wajah ?

1.      Mencegah keriput dan garis halus akibat penuaan

Khususnya tretinoin, retinol tretinoin dapat mencegah munculnya keriput atau garis halus pada kulit. Pasalnya,  tretinoin mampu meningkatkan produksi kolagen dan merangsang aliran darah di bawah kulit sehingga kulit menjadi lebih sehat. Selain itu, juga membantu memudarkan flek hitam akibat penuaan dan mengurangi bintik kulit yang dapat memicu kanker actinic keratosis.

2.       Mengendalikan gejala psoriasis (bercak bersisik gatal dan kering )

Retinoid jenis tazarotene memiliki beberapa manfaat tersendiri bagi penderita psoriasis atau penyakit kulit yang berupa bercak bersisik gatal dan kering. Zat ini membantu mengendalikan gejala tersebut dengan beberapa cara seperti berikut :

·         memperlambat pertumbuhan sel-sel kulit,

·         menipiskan kulit yang menebal dan bersisik,

·         meredakan bengkak dan kemerahan, serta mengatasi psoriasis pada kuku.

3.      Menghilangkan milia ( benjolan- benjolan kecil pada sekitar wajah )

Milia adalah benjolan-benjolan kecil yang biasanya tumbuh di sekitar hidung, dahi, dan kelopak mata. Benjolan-benjolan tersebut sering sulit dihilangkan sehingga diperlukan obat untuk membasminya. Milia dapat dihilangkan dengan menggunakan serum retinoid, khususnya dari jenis tretinoin. Zat ini membantu mengikis milia dan mencegah pertumbuhan benjolan-benjolan baru sehingga tekstur kulit menjadi lebih rata.

4.      Mengobati jerawat

Sering kali dokter memberi resep obat atau produk skincare mengandung retinol untuk mengatasi jerawat dengan tingkat keparahan ringan hingga sedang. Karena retinol dapat membuka pori-pori sehingga kulit mampu menyerap obat jerawat dengan baik. Selain itu, retinoid juga mencegah jerawat muncul kembali dengan cara mengurangi produksi minyak berlebih dan meredakan peradangan pada kulit.

Efek Samping Retinol dan Cara Penggunaannya yang Baik Bagi Kulit.

Meskipun memiliki banyak manfaat dan keunggulan, tidak dipungkiri bahwa retinol juga dapat menyebabkan efek samping bila tidak digunakan sesuai aturan. Beberapa efek sampingnya yakni:

  • Kulit kering dan mengalami iritasi,
  • Perubahan pada warna kulit
  • Kulit menjadi  lebih sensitif terhadap sinar matahari sehingga dapat menjadi kemerahan, bengkak, keras, atau melepuh.

Hindari sinar matahari ketika sedang menggunakan krim retinol, terutama pada siang hari Antara pukul 10 pagi dan 2 siang. Jika ingin keluar rumah dan akan terpapar sinar matahari, gunakanlah pelembap dan tabir surya minimal SPF 30 atau lebih tinggi.

Retinol sebaiknya juga tidak digunakan oleh ibu hamil. Karena,  retinol dan berbagai zat turunan vitamin A berisiko mengganggu perkembangan janin di dalam kandungan dan dapat menimbulkan kelainan pada tulang belakang dan wajah bayi yang lahir. Oleh sebab itu, ibu hamil disarankan untuk menggunakan produk perawatan kulit lain untuk menggantikan retinol.

Nah, itu tadi penjelasan dari manfaat-manfaat retinol beserta efek samping dan cara penggunaannya. Bagi kamu yang ingin merawat dan mengatasi masalah masalah pada kulit,  mencoba menggunakan retinol bisa menjadi salah satu pilihan. Akan tetapi patuhi aturan-aturan agar terhindar dari efek sampingnya .

© 2022, Izabella ramadhani. All rights reserved.

Artikel Lainnya oleh Tim editor emiten.com

Startup yang terus berkomitmen tingkatkan kualitas ekosistem pasar modal Indonesia

PT APLIKASI EMITEN INDONESIA

You cannot copy content of this page