Tim editor emiten.com kembali lagi dengan Review Buku tentang Bullshit Jobs: A Theory – Dimana buku ini lebih menjelaskan banyaknya job pekerjaan yang tidak berguna. Kok gak berguna ? Tidak berguna disini lebih kearah tidak berdampak atau tidak bermakna dalam organisasi perusahaan tersebut alias tidak ada multiplier effect.

Secara singkat, David Greaber menekankan bahwa banyak posisi pekerjaan bermunculan yang dibuat buat hanya untuk seolah olah orang bekerja lebih spesifik demi mendatangkan hasil sesuai pembuat lowongan pekerjaan.

 

Pada Tahun 1930, terdapat ekonom ternama inggris, Keyness memprediksi bahwa di akhir abad ke 19 negara negara maju seperti amerika dan inggris akan mencapai 14 jam kerja dalam seminggu dikarenakan peningkatan teknologi maju serta mesin canggih mulai menggantikan manusia atau memperingan kerja manusia.

Namun pada faktanya, Prediksi keyness meleset dan hingga saat ini, Banyak negara maju malah bekerja hingga 40 jam seminggu. Kondisi ini lah yang menyebabkan Profesor antropologi David Graeber meyakini bahwa akan banyak pekerjaan yang tidak masuk akal atau tidak berguna, alias bullshit job.

Pernyataan David Graeber ini memang sempat menjadi viral dan kontroversi pada tahun 2013, alhasil banyak email dan opini berdatangan masuk hingga David mulai mengumpulkan lebih banyak data dan melakukan analisis kualitatif hingga menghasilkan teori mengenai bullshit job tersebut, yang akhirnya dia summarykan menjadi sebuah buku.

Inti sari dari Buku Bullshit Jobs adalah 5 Tipe Bullshit Job

  1. Tipe Flunkies = Jenis pekerjaan yang dirancang khusus untuk membuat orang lain terlihat penting.
    Contoh: Mbak mbak yang tugasnya hanya cuma mencetin lift dalam mall, Bapak Bapak yang hanya berdiri buka tutup pintu, dan masih banyak lagi tugas pekerjaan yang fungsinya membuat orang atau customer terlihat penting dihargai

  2. Tipe Goons = Jenis pekerjaan yang tidak mempunyai manfaat dan cenderung manipulatif.
    Misalnya: Konseptor dalam perusahaan periklanan yang berusaha untuk menciptakan perspektif bahwa produk yang dipasarkan tersebut memiliki makna bahwa produk tersebut terlihat bermanfaat dan dibutuhkan khalayak umum.

  3. Tipe Duct Tapers = Jenis pekerjaan yang menyelesaikan pekerjaan yang seharusnya hanya boleh dikerjakan orang lain tersebut.
    Misal: Jasa Joki Skripsi dimana mahasiswa hanya tinggal terima beres, padahal skripsi adalah hal privat yang seharusnya dikerjakan oleh mahasiswa sendiri.

  4. Tipe Box Ticker = Pekerjaan dimana seorang staf hanya bertugas meningkatkan citra seorang pemimpin
    Misal seorang pengusaha atau pejabat yang menghire orang orang khusus untuk mengawasi citra diri pengusaha pejabat tersebut di publik sekaligus memberikan saran apa yang harus diperbuat agar citra sang pemimpin terlihat lebih baik lagi di masyarakat/publik

  5. Tipe Task Master = Jenis Pekerjaan yang Membuat Perusahaan Terlihat dikelolah dengan Baik
    Misal Perusahaan A menghire lebih banyak posisi supervisor padahal tugas supervisor hanya mengawasi dan menyuruh, alangkah lebih baiknya untuk memperbanyak divisi worker agar kualitas dan kuantiti dapat diprediksi dianalisis kearah lebih baik secara berkelanjutan. 

Artikel Lainnya oleh Tim editor emiten.com

Startup yang terus berkomitmen tingkatkan kualitas ekosistem pasar modal Indonesia

PT APLIKASI EMITEN INDONESIA