Pencitraan- Sudah tidak asing lagi bagi kalian untuk mengetahui kata “pencitraan” yang kini juga menjadi tren bahasa di kalangan anak muda. Kata ini cukup populer untuk dilontarkan meski kata ini bukan termasuk bahasa yang baru muncul. Untuk mengetahui makna pencitraan yang sebenarnya, simak ulasan pada artikel berikut untuk menemukan jawabannya.

Apa itu Pencitraan ?

Pada umumnya pencitraan dikenal sebagai upaya yang dilakukan untuk membuat sesuatu atau seseorang terlihat lebih baik atau buruk di mata publik. Pengertian pencitraan adalah segala usaha yang dilakukan untuk membentuk dan membangun opini yang baik terhadap seseorang atau perusahaan agar mendapatkan respon dan perhatian yang sesuai dengan tujuan tertentu. Menurut Bill Canton Pencitraan merupakan kesan, perasaan, gambaran diri publik terhadap perusahaan, kesan tersebut sengaja diciptakan dari suatu objek, seseorang, maupun organisasi. Sementara menurut Philip Kotler (2009 : 299) pencitraan adalah seperangkat keyakinan, ide, dan kesan yang dimiliki seseorang terhadap suatu objek.

Apa Tujuan Pencitraan ?

Dari penjelasan yang dipaparkan di atas telah kita ketahui bahwa pencitraan yakni upaya untuk membangun opini yang baik terhadap sesuatu dan seseorang agar mendapatkan respon yang sesuai tujuan tertentu. Nah, tujuan yang dimaksud dari pencitraan tersebut yakni.

1.      Mendeskripsikan sesuatu dalam deskripsi verbagl mengenai sesuatu ataupun seseorang

2.     Memprediksi hasil suatu tindakan.

3.   Membantu penalaran dan pemecahan suatu masalah yaitu dengan memberikan kesanggupan kepada seseorang untuk memprediksi hasil suatu tindakan.

4. Menghafal informasi, misalnya ingatan seseorang akan menjadi lebih tajam ketika memvisualisasikan beberapa objek.

5.  Meningkatkan kemampuan dengan cara memvisualisasikan dirinya melakukan suatu tindakan sehingga mengarahkan pada tindakan tersebut

6.   Memberikan ide dan wawasan .

Bagaimana Cara Membangun Pencitraan yang Bernilai ?

1. Memperkenalkan diri dengan satun nama yang sama baik itu di segala macam platform sosial media.

Hal ini akan memudahkan pencarian sekaligus meningkatkan brand awareness dari konten yang dibuat.

2. Memperbaharui profil sosial media sesuai persona diri secara konsisten.

Mungkin dengan cara memberi deskripsi yang menarik pada kolom profil  hal ini bertujuan agar akunmu memiliki persona yang kuat

3.  Memilih target audiens secara spesifik.

hal ini dilakukan agar konten yang dibuat mendapatkan impressi yang baik sesuai dengan kerelevanan target audiens.

4.  Membuat strategi pada  setiap konten

Strategi pencitraan ini bermanfaat untuk meningkatkan personal branding. Sekaligus dapat mempromosikan sosial media lainnya ataupun bisnis yang kamu miliki.

5. Melakukan pendekatan terhadap para Audiens

Hal yang tidak boleh dilewatkan adalah melakukan interaksi terhadap audiens. Cara tersebut mampu dalam meningkatkan personal branding karena kebanyakan dari warganet meyukai interaksi dengan para kreator  konten.

Nah, itu dia pengertian dari pencitraan, tujuan pencitraan, hingga cara membangun pencitraan khususnya melalui media sosial. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan pengetahuanmu.

© 2022, Izabella ramadhani. All rights reserved.

Artikel Lainnya oleh Tim editor emiten.com

Startup yang terus berkomitmen tingkatkan kualitas ekosistem pasar modal Indonesia

PT APLIKASI EMITEN INDONESIA

You cannot copy content of this page