Berbagai jenis konten yang dipublikasi untuk keperluan penjualan tentunya mengalami berbagai proses pengamatan serta perbaikan sebelum resmi terpasang dan disaksikan oleh khalayak pada berbagai platform media sosial. Untuk menciptakan konten menarik serta bernilai edukatif dan informatif, dibutuhkan strategi perencanaan agar konsistensi publikasi konten dapat berlangsung secara maksimal.

Hal tersebut bisa direalisasikan melalui penyusunan editorial calendar. Editorial calendar biasanya dibuat secara berkala selama 1 bulan sekali atau bergantung pada kebijakan masing-masing perusahaan, namun waktu yang dianggap paling ideal adalah selama 1 bulan sekali. Mengapa demikian? Karena untuk memaksimalkan usaha penyusunan konten secara teratur tanpa mengganggu keperluan penyelesaian kepentingan lainnya, sehingga segala tanggung jawab bisa terselesaikan dengan baik.

Pengertian Editorial Calendar

Editorial calendar merupakan strategi penetapan publikasi konten untuk optimalisasi kegiatan pemasaran mengenai pengenalan produk pada berbagai platform yang dimiliki oleh perusahaan. Penetapan publikasi konten melalui editorial calendar ini dilakukan agar konten bisa terpublikasi sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan sebelumnya, sehingga mampu memberikan dorongan bagi terpenuhinya tujuan perusahaan.

Konten-konten tersebut umumnya terdiri dari konten promosi, konten pengenalan produk bisnis, hingga membahas tren yang sedang viral di masyarakat. Keuntungan dari penyusunan editorial calendar adalah untuk memastikan terpublikasinya seluruh konten secara tepat dan berkelanjutan demi terlaksananya kepentingan bisnis.

Pentingnya Editorial Calendar

Kehadiran editorial calendar merupakan langkah tepat bagi perusahaan untuk dijadikan sebagai pedoman dalam menjalankan suatu bisnis. Editorial calendar mampu mengarahkan terpublikasinya konten bisnis lebih teratur, konsisten, dan terjadwal secara jelas. Hal ini pun turut memantik pembagian sistem kerja secara jelas dan menghindari adanya ketimpangan antar pihak.

Dalam praktiknya, editorial calendar mampu memberikan dorongan citra dan reputasi bisnis pada media sosial melalui sejumlah penilaian positif karena dianggap konsisten dalam menginformasikan, mengedukasi, dan memberikan tayangan menghibur kepada khalayak. Selain itu, publikasi konten pun mampu memicu tumbuhnya brand awareness, sehingga produk bisnis dapat lebih dikenal secara luas.

Langkah-Langkah Penyusunan Editorial Calendar

Untuk menyusun editorial calendar secara tepat, terdapat 3 hal yang harus diperhatikan, yaitu konten, platform, serta pihak yang bertanggung jawab terhadap tersedianya konten tersebut. Ketiga hal tersebut begitu penting demi terlaksananya implementasi terkait publikasi konten pada berbagai platform media sosial.

1. Tentukan Materi Konten

Menentukan materi konten bisa dilakukan dengan mengambil inspirasi atas berbagai postingan yang masih mempunyai nilai serupa dengan konten produk bisnis pribadi. Inspirasi dibutuhkan agar kita mampu menghasilkan inovasi atau ide baru untuk mampu menyusun berbagai konten menarik bagi produk bisnis. Inspirasi hanya dilakukan untuk mencari ide baru bukan mengambil secara keseluruhan konsep dan isi dari konten tersebut karena itu merupakan bentuk plagiarisme.

Selain itu, ide konten juga bisa memanfaatkan tren terkini yang tengah viral di masyarakat lalu dihubungkan dengan produk bisnis. Ini bisa dilakukan dengan berbagai strategi dan kreativitas masing-masing pihak untuk menghasilkan konten informatif, edukatif, dan menghibur.

2. Menentukan Jadwal Publikasi Konten

Tentukanlah waktu dan hari mengenai kapan sebaiknya publikasi konten dilakukan. Penentuan jadwal tayang konten ini berguna sebagai bentuk konsistensi pemilik bisnis saat menjalankan bisnisnya. Ini juga berkaitan dengan penilaian khalayak dan kepastian mengenai informasi yang mereka dapatkan. Bila perlu, beritahukan secara berkala di waktu dan hari apa saja konten bisnis dipublikasikan, terlebih jika konten tersebut membahas mengenai promosi dan penjualan karena itu sangat membantu terserapnya

3. Tentukan Pihak Penanggung Jawab Konten

Menentukan pihak siapa saja yang bertanggung jawab atas konten berguna agar pembagian tugas demi menghasilkan konten berkualitas bisa dilakukan dalam waktu singkat dan memberikan kejelasan antar berbagai pihak pendukung. Pemberian tanggung jawab ini dapat dibagi dengan menentukan pihak pembuat desain konten, pembuat caption dan tagar, serta pihak yang mempublikasikannya di platform media sosial.

4. Pemilihan Platform Media Sosial

Pemilihan platform media sosial sangat berpengaruh terhadap hasil dan daya jangkau khalayak terhadap publikasi konten. Bentuk dan isi konten harus disesuaikan dengan platform media sosial dan sebaiknya pilihlah platform media sosial yang sesuai dengan basis kegiatan bisnis agar lebih mudah memantau respon khalayak.

Penutup

Editorial calendar sesungguhnya berfungsi sebagai media untuk mengarahkan bisnis agar lebih mampu menyajikan konten secara teratur demi kepentingan bisnis. Peran editorial calendar dalam hal ini cukup banyak mengingat keberadaan konten sangat memengaruhi brand awareness serta penilaian khalayak mengenai suatu produk bisnis. Semakin sering konten terpublikasi, maka semakin besar peluang untuk lebih cepat dikenal oleh publik. Selain itu, perlu untuk memperhatikan jenis konten apa yang hendak dibuat dan disebarkan karena kebutuhan terhadap konten informatif dan edukatif akan lebih bernilai dan dihargai keberadaannya.